5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat

Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon
Konsumen yang kasbon atau berhutang dalam bisnis tentunya menjadi tantangan tersendiri. Keuangan kamu tentu saja tidak dapat berjalan dengan baik jika ada pelanggan yang kasbon. Namun, ada beberapa bisnis yang malah menjadikan hal ini sebagai daya tarik tersendiri.

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat – Jika hanya bebepa pelanggan saja yang kasbon tentunya tidak akan menjadi masalah yang besar. Namun, jika ada banyak pelanggan yang melakukan kasbon tentu saja hal ini akan menjadi masalah.

Pemasukan keuangan kamu akan berkurang karena banyak konsumen yang kasbon. Maka dari itu, kamu harus dapat memiliki kebijakan mengenai kasbon. Jangan sampai karena kamu terlalu banyak memberikan kasbon pada konsumen berdampak pada usaha kamu yang tidak bisa berjalan.

Baca dulu :  4 Alasan Bisnis Caffe Mendatangkan Banyak Cuan

Hal ini banyak dirasakan oleh para pelaku bisnis warung kelontong. Terlebih lagi jika konsumen kamu merupakan tetangga kamu sendiri. Tentunya kamu akan sungkan jika tidak memberikan kasbon terlebih dahulu.

Tantangan bagi pelaku bisnis warung kelontong ini juga menjadikan kemudahan bagi konsumen. Banyak konsumen yang merasa terbantu dengan melakukan kasbon terlebih dahulu.

Mereka akan sangat terbantu dengan keberadaan bisnis kamu. Namun, kamu juga harus memiliki cara untuk mengelola kasbon. Jangan sampai kamu menerapkan sistem kasbon kemudian, malah merugikan bisnis kamu sendiri. Mau tau bagaimana cara mengelola kasbon. Berikut ini 5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat.

1. Membuat Skema Penjatahan Kasbon

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat

Kemudian selisihnya akan menjadi kerugian atau keuntungan dari bisnis kamu. Jika keuntungan yang kamu dapatkan cukup besar maka kamu dapat memisahkan sekitar 5% sampai dengan 10% untuk kebutuhan kamu sehari-hari. Hasil dari angka ini yang akan menentukan besaran kasbon yang akan kamu berikan.

Jadi, meskipun kamu memberikan pelayanan kasbon kepada konsumen kamu juga terhindar dari kerugian. Konsumen juga masih dapat melakukan kasbon kepada pemilik bisnis.

2. Memilih Barang-barang yang dapat Kasbon

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat

Selain membuat skema penjatahan untuk kasbon kamu juga dapat memilih barang-barang yang dapat di kasbon oleh konsumen. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir kerugian bagi bisnis kamu. Jadi, tidak semua barang dapat di kasbon oleh konsumen, kamu hanya memberikan barang tertentu yang dapat dikasbon.

Baca juga : Panduan Mencatat Kasbon

Misalnya, kamu memilih barang untuk kebutuhan sehari-hari seperti perlengkapan mandi, perlengkapan mencuci baju dan lain sebagainya. Hindari untuk memilih barang seperti perlangkapan sembako. Hal ini karena pembelian kebutuhan sembako yang rutin. Dalam satu minggu konsumen dapat membeli lebih dari satu kali kebutuhan sembako.

Dengan memilih barang yang dapat konsumen kasbon, konsumen juga dapat memperhitungkan barang mana yang akan mereka bayar dengan cara kasbon. Jadi, sebelum belanja konsumen juga dapat merencakan barang yang akan ia kasbon dan yang akan ia bayar lunas.

3. Menggunakan Aplikasi Mencatat Kasbon

5 Peluang Bisnis Custom Case HP yang Bikin Takjub

Memberikan kasbon pada konsumen memang membantu konsumen untuk berbelanja. Jika konsumen masih memiliki dana yang kurang maka, mereka dapat dengan mudah untuk mendapatkan barang terlebih dahulu kemudian membayarnya belakangan. Untuk mencatat kasbon konsumen tentunya tidak mudah.

Jika kamu menggunakan catatan manual maka berpotensi akan mengalami kesalahan yang besar. Maka dari itu kamu dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir dan toko online. Jadi, selain digunakan untuk membantu pekerjaan kasir, Aplikasir juga memiliki fitur kasbon.

Fitur kasbon ini dapat mencatat nama pelanggan dan besaran kasbon yang dimiliki oleh pelanggan. Setiap kali pelanggan membayar atau mencicil kasbon yang ia miliki maka dapat kamu catat dan otomatis akan langsyng berkurang. Dengan menggunakan fitur Kasbon pada Aplikasir tentunya akan memudahkan kamu untuk dapat mengelola data kasbon dengan baik.

Jadi, sudah tidak ada lagi catatan kasbon yang hilang atau lupa. Kamu cukup membuka satu aplikasi maka semua transaksi kasbon sudah dapat kamu lihat.

4. Menentukan Tanggal Tempo

Tips Untung Bisnis Aksesoris Wanita

Sebelum kamu memberikan layanan kasbon kepada konsumen maka kamu juga harus dapat membuat kesepakatan dengan konsumen. Kamu dapat membicarakan untuk menentukan tanggal tempo konsumen harus membayar kasbon mereka.

Jangan sungkan untuk menanyakan jika konsumen terlambat dalam membayar kasbon. Jika konsumen meminta keringanan dan masih dalam batas kewajaran maka kamu dapat memberikan keringanan. Jangan sampai kamu sudah menangih berkali-kali namun, konsumen malah enggan mambayar.

5. Membuat Catatan Stok Barang

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat

Setelah kamu dapat menentukan barang apa saja yang dapat kamu kasbon. Langkah selanjutnya adalah kamu dapat membuat catatan stok barang. Hal ini tentunya untuk menghindari barang kosong karena kamu menggunakan sistem kasbon.

Jika ada konsumen lain yang ingin membeli barang secara tunai maka stok barang kamu akan tetap aman. Jadi kamu wajib membuat catatan stok barang untuk mengetahui stok barang kamu. Jangan sampai konsumen yang akan membeli secara tunai malah kehabisan barang karena kasbon.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat – Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

 

You May Also Like
Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Pada masa kini bisnis online shop atau toko online lebih banyak diminati. Banyak orang yang sudah banyak membuka bisnis online shop. Bisnis ini sangat mudah karena kamu dapat membuka toko tanpa menyewa tempat. Cara Bisnis Online…
4. Berani Berfiki Berbeda

5 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Untuk Bisnis Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Seperti meningkatkan kualitas produk, memperbanyak promosi, melebarkan sayap pasar, berkolaborasi dengan brand-brand lain, dan lain sebagainya. Namun, karena terlalu fokus…
Ciri Bisnis Kamu Berkembang dengan Baik

Ciri Bisnis Kamu Berkembang dengan Baik

Setiap pelaku bisnis pasti menginkan bisnisnya dapat berkembang dengan baik. Segala usaha di lakukan agar bisnis dapat cepat berkembang. Mulai dari promosi dari offline hingga online, menggunakan berbagai teknik strategi pemasaran dan lain sebagainya.…