Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif

Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif
Apakah kamu pernah mendengar istilah customer experience?. Bagi kamu seorang pembisnis tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah customer experience.

Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif – Customer experience merupakan pengalaman berbelanja yang di dapatkan pelanggan. Pengalaman tersebut dapat berupa pengalaman pertama kali mengenal bisnis kamu atau kamu sudah menjadi pelanggan setia.

Setiap pelanggan tentu menginginkan pelayanan terbaik sehingga sebagai pelaku bisnis kamu harus selalu meningkatkan pelayanan terbaik kamu. Sehingga segala proses tersebut dapat tercipta customer experience yang efekti. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka akan berdampak baik bagi bisnis kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa konsumen merupakan hal yang sangat penting. Tanpa adanya konsumen tentu saja bisnis kamu tidak akan ada apa-apanya.

Sebagus apapun kamu menjalankan bisnis dan sebagus apupun kamu menjalankan marketing kamu. Jika tidak ada konsumen yang tertarik pada bisnis kamu, maka semua itu akan sia-sia.

Baca juga :  Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Mengapa customer experience sangat penting?. Karena peran pelanggan sangat memberikan kontribusi yang besar bagi bisnis. Jika pelanggan kamu merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan.

Oleh sebab itu, ada pepatah yang mengatakan bahwa pembeli adalah “raja”. Pepatah tersebut ada benarnya juga. Sebab kamu harus dapat memberikan pelayanan dengan baik.

Jika tidak, maka pembeli dapat dengan mudah untuk beralih kepada kompetitor. Tentunya hal ini tidak diinginkan oleh pelaku bisnis manapun bukan.

Maka pelanggan tersebut akan memberikan banyak keuntungan 14 kali lipat untuk bisnis kamu. Oleh karena itu customer experience merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Nah berikut ini cara meningkatkan customer experience.

1. Mengenali Pelanggan

Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif

Untuk dapat mengenali pelanggan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali pelanggan. Setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda-beda.

Misalnya kamu dapat mengenali pelanggan dari mulai jenis kelamin, usia, hobi dan lain sebagainya. Setelah kamu dapat mengetahui karakter pelanggan selanjutnya kamu dapat membuat stratagi sesuai dengan karakter pelanggan tersebut.

Perlu kamu ketahui, bahwa karakter konsumen tentunya berbeda-beda. Kamu tentu saja tidak dapat memahami semua karakter konsumen kamu. Namun, kamu dapat memahami garis besar apa yang diinginkan oleh konsumen.

Dengan memahami karakter audiens akan memudahkan kamu dalam membuat strategi yang tepat. Pelayanan yang akan berikan juga sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat menciptakan customer experience yang baik.

2. Jadikan Pelanggan Kamu Merasa Spesial

Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif

Setelah kamu sudah dapat mengenali pelanggan langkah selanjutnya adalah menjadikan pelanggan kamu merasa spesial. Siapa sih yang tidak suka diperlakukan spesial. Kamu juga tidak membutuhkan dana untuk membuat pelanggan kamu merasa spesial.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat pelanggan kamu merasa spesial. Misalnya dengan memberikan potongan harga pada saat pelanggan kamu berulang tahun.

Baca juga : Kenali 4 Manfaat Chat Marketing Bagi Bisnis

Mengirimkan email dan mengucapkan terima kasih pada saat pelanggan selesai belanja. Pada setiap akhir percakapan lewat telepon kamu dapat mengucapkan doa-doa terbaik dan lain sebagainya. Cara seperti dapat membuat pelanggan kamu merasa spesial.

Dengan begitu pelanggan kamu juga akan merasa senang. Konsumen akan merasa keberadaan mereka istimewa.

3. Bertanya Langsung dengan Pelanggan

Kamu masih bingung apakah konsumen merasa puas atau tidak dengan pelayanan yang kamu berikan. Cara terbaik untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan bertanya langsung dengan pelanggan. Kamu tidak harus datang satu-satu ke rumah pelanggan.

Hal tersebut akan banyak menguras waktu dan tenaga. Untuk dapat bertanya langsung dengan pelayana terkait dengan pelayanan yang kamu berikan. Kamu dapat menggunakan live chat, mengisi survey di website dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, kamu dapat dengan mudah memahi apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Pada saat ini, konsumen juga biasanya dapat menulis sendiri komentar mereka.

Komentar baik, tentu akan berdampak baik bagi bisnis kamu. Konsumen baru akan mulai berdatangan karena banyak review positif. Jika banyak komentar yang kurang baik, maka akan banyak konsumen kamu juga yang enggan membeli produk di toko online kamu.

4. Meningkatkan Kualitas Customer Service

Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif

Cara lain untuk meningkatkan customer experience adalah dengan meningkatkan customer service. Semakin baik customer service maka semakin baik pula customer experience. Custome service juga dapat meningkatkan penjualan pula.

Terlebih lagi bagi kamu pelaku bisnis online. Kamu tidak dapat berkomunikasi dengan konsumen. Kamu hanya dapat membangun komunikasi melalui chat atau customer service.  Maka dari itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas customer service.

Baca juga : Tips Memikat Konsumen Lewat Chat Commerce

Selain itu, dalam bisnis saat ini kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar. Aplikasir merupakan aplikasi kasir pintar dan toko oniline. Udah gak jaman lagi masukin data satu persatu dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat memasukkan banyak data dalam hitungan detik.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian hingga kepegawaian. Aplikasir dapat digunakan dihandphone, laptop maupun komputer. Kamu gak usah takut lagi bakalan kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir.

Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif – Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyempanan lagi. Salain itu Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Namun, penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dihandphone.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data. Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Gak usah takut lagi untuk lagi kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan untuk digunakan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir dapat membantu kamu menjual produk dengan menggunakan harga grosir maupun harga pokok. Aplikasir sangat cocok untuk berbagai usaha misalnya, membuat toko baju, toko sembako, mini market, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload aplikasir sekarang juga di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Mengenal Paid Promote dan Keuntungannya bagi Bisnis

Mengenal Paid Promote dan Keuntungannya bagi Bisnis

Mungkin Anda pernah mendengar istilah paid promote pada digital marketing atau tawaran pada instagram. Seiring dengan eksisnya pengguna media sosial saat ini melahirkan banyak strategi digital marketing. Mengenal Paid Promote dan Keuntungannya bagi Bisnis –…
Mau tau profesi apa saja yang dapat terjun dalam bisnis kuliner tanpa harus jago masak? Berikut ini profesi bisnis kuliner tanpa jago masak.

Profesi Bisnis Kuliner Tanpa Jago Masak

Selama manusia membutuhkan makanan maka bisnis kuliner menjadi bisnis yang tidak akan pernah habisnya. Namun apakah harus jago masak untuk dapat terjun pada bisnis kuliner?. Profesi Bisnis Kuliner Tanpa Jago…
Yyyuukkk Kumpulin Cuan Dengan Membangun Bisnis Online

Yyyuukkk Kumpulin Cuan Dengan Membangun Bisnis Online

Kumpulin cuan dengan membangun bisnis online kini banyak diminati banyak pelaku usaha. Banyaknya bisnis online di dukung dengan kemajuan tekonologi digital. Persaingan bisnis online tidak dapat dihindari lagi. Kenyataan persaingan bisnis ini semakin terlihat…
5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa

Manfaat Ekonomi Kreatif Untuk Bisnis!

Ekonomi kreatif merupakan sebuah usaha untuk menempatkan kreatifitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakaan ekonomi. Manfaat ekonomi kreatif telah dirasakan negara Indonesia yang manyoritas pertumbuhan ekonomi pada industri seni.…