Trik Mengantisipasi Dampak Banjir Bagi Bisnis

Trik Mengantisipasi Dampak Banjir Bagi Bisnis
Akhir tahun merupakan waktu dimana Indonesia rentan terkena bencana banjir. Sekitar bulan Desember hingga Januari intensitas hujan tinggi banyak melanda daerah Indonesia.

Trik Mengantisipasi Dampak Banjir Bagi Bisnis – Banyak daerah perkotaan yang akan dilanda banjir. Lantas bagaimana bagi mereka yang memiliki bisnis?.

Tentunya jika bencana banjir melanda dan bisnis mereka terkena banjir, hal ini akan merugikan dari pelaku bisnis.

Bayangkan saja jika tempat bisnis kamu terendam banjir. Kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki peratan yang rusak dan membersihkan banjir.

Baca juga :  Mengenal Platform Live Streaming

Bagi mereka yang berada di daerah pertanian, jika curah hujan tinggi tentunya dapat berdampak merendam lahan pertanian. Hal ini tentunya akan berdampak pada gagal panen.

Banjir tentunya dapat membuat berbagai sektor bisnis mengalami kerugian. Hal ini tentunya membuat pelaku bisnis menjadi pusing.

Bagi pelaku bisnis yang bisnisnya tidak terendam banjir juga akan berdampak secara tidak langsung. Sebab kebanyakan pekerja rumahnya juga teredam banjir.

Masalah banjir merupakan masalah yang selalu datang dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, saat musim hujan tiba kamu harus dapat mengantisipasi kerugian yang akan berdampak pada bisnis kamu. Terlebih lagi jika bisnis kamu berada dalam daerah banjir.

Mau tau bagaimana cara mengantisipasi dampak banjir. Berikut ini Trik Mengantisipasi Dampak Banjir Bagi Bisnis.

1. Menempatkan Barang Berharga di Lantai Atas

Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad

Jika ruko atau tempat bisnis kamu berada dalam kawasan rawan banjir maka kamu dapat menempatkan barang berharga di lantai atas. Hal ini dilakukan bukan tanpa adanya tujuan sama sekali.

Tentunya hal ini dilakukan untuk dapat menghindari kerugian pada saat banjir datang. Barang berharga bisnis kamu akan tetap aman.

Banyak kantor atau ruko yang berada dalam kawasan banjir yang menempatkan investaris barang berharga mereka pada lantai atas.

Lantai satu hanya mereka fungsikan untuk ruangan resepsionis, ruang tamu, gudang atau dapur. Jika bencana banjir datang sewaktu-waktu maka semua barang investaris kamu sudah aman.

Jika kamu menempatkan dokumen atau barang investaris pada lantai satu kemudian tiba-tiba banjir datang tentunya kamu akan mengalami kerugian yang jauh lebih besar. Banyak pelaku bisnis yang berada dalam kawasan banjir melakukan hal seperti ini.

Jadi, pada saat banjir datang mereka sudah tidak terlalu takut lagi. Mereka hanya perlu melakukan bersih-bersih pada saat banjir surut, kerugian yang mereka alami juga tidak akan terlalu besar.

2. Menyiapkan Pompa Air

Bagi kamu yang memiliki bisnis pada kawasan yang rawan banjir maka kamu wajib memiliki pompa air. Terlebih lagi jika letak bisnis atau ruko kamu lebih rendah daripada jalan.

Air akan sulit untuk mengalir dan terus masuk ke dalam ruko atau  bisnis kamu. Untuk mengantisipasi hal ini dapat terjadi maka kamu perlu meyiapkan pompa air.

Baca juga :  4 Ide Bisnis Akhir Tahun, Nambah Cuan

Dengan kamu memiliki pompa air kamu akan lebih mudah mengeluarkan air dari dalam ruko atau tempat bisnis kamu. Semakin air cepat surut tentunya juga akan memudahkan kamu untuk cepat kembali berbisnis.

Fungsi dari pompa air ini adalah untuk mengurangi debit air dari daerah atau area tertentu saat terendam air. Pompa air ini dapat membantu mengurangi debit air sehingga sangat membantu kamu pada saat kebanjiran. Meskipun banyak orang yang menyepelakan hal ini, namun dengan menyiapkan pompa air akan sangat bermanfaat.

3. Menyiapkan Infrastruktur

Trik Mengantisipasi Dampak Banjir Bagi Bisnis

Ketika kamu memiliki bisnis di kawasan rawan banjir maka kamu dapat menyiapkan infrastruktur. Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuat gedung yang lebih tinggi.

Jika gedung kamu dibuat lebih tinggi, maka pada saat banjir datang tempat bisnis kamu tidak mudah tenggelam. Untuk mengantisipasi banjir datang dalam jumlah yang besar maka kamu juga dapat menyiapkan infrastuktur pendukung lainnya seperti menyiapkan perahu karet, memilih perabotan yang tahan air, membuat saluran air dan lain sebagainya.

Dengan cara ini setidaknya kamu dapat meminimalisir kerugian yang terjadi pada saat bencana banjir. Kamu juga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika kamu sudah menyiapkan infrastuktur dengan baik.

4. Berkoordinasi dengan Aparat

Trik Mengantisipasi Dampak Banjir Bagi Bisnis

Memiliki tempat bisnis yang berada dalam kawasan bencana banjir tentunya membuat kamu harus lebih tanggap dengan keadaan lingkungan sekitar. Setiap daerah tentunya memiliki informasi terhadap bencana yang dapat diakes oleh banyak orang.

Ketika kamu memiliki lokasi bisnis yang berada dalam kawasan rawan bencana setidaknya kamu memiliki kontak pihak BPBD, PLN, Damkar, Kepolisian, Fasilitas Kesehatan dan lain sebagainya. Jika ada sesuatu yang mendesak kamu dapat langsung menghubungi mereka.

Baca juga :   Kenali Manfaat Jualan Melalui Live Streaming

Sofware yang dapat mendukung kamu dalam berbisnis adalah Aplikasir. Aplikasir adalah aplikasi kasir dan toko online. Aplikasir memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan kasir dengan cepat.

Bagi kamu yang ingin membuat toko online. Hanya menggunakan Aplikasir kamu menggunakan orang yang membuat yang membuat toko online dalam hitungan detik. Gak perlu ribet lagi untuk membuat toko online 24 jam dengan menggunakan Aplikasir.

Trik Mengantisipasi Dampak Banjir Bagi Bisnis – Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, stok barang hingga kepegawai. Kamu juga dapat menjual produk barang dengan harga ecer maupun grosir.

Kini gak usah panik atau takut lagi jika kamu kehabisan kuota atau jaringan internet kamu bermasalah pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab kini aplikasir dapat digunakan dalam mode offline.

Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dengan menggunakan dalam keadaan darurat. Mode offline hanya dapat kamu gunakan dengan menggunakan handphone. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir saat ini menggunakan sistem saldo. Jika saldo tidak ada atau Rp 0 maka tidak dapat di lakukan transaksi. Bentuk barang ini dapat berupa saldo pulsa, PLN, paket data dan lain sebagainya yang berupa saldo.

Aplikasir juga memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan kamu untuk berjualan online. Mulai dari fitur untuk mengaktifkan qcode website toko online, dapat menambahkan link bio, cetak invoice dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan Aplikasir saat ini kamu juga dapat dengan mudah untuk dapat mengatur toko online kamu dengan mudah. Salah satu fitur terbaru Aplikasir adalah kamu dapat menampilkan gambar atau tidak menampilkan gambar pada toko online.

Fitur tambah produk di penjualan akan memudahkan kasir untuk dengan cepat membuat produk baru. Aplikasir juga dapat  memudahkan kamu untuk mengetahui rekaman transaksi. Anda dapat melihat rekaman transaksi mulai dari pendapatan penjualan, kasbon, piutang dalam aliran kas.

Aplikasir dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis kamu. Misalnya UMKM, mini market, online shop, barbershop, toko pakaian, toko retail, rumah makan atau restoran dan lain sebagainya. Jadi gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir sekarang juga.  Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
4 Alasan Mengapa Membutuhkan Strategi Pemasaran Online

4 Alasan Mengapa Membutuhkan Strategi Pemasaran Online

Ada beragam banyak pilihan bisnis yang saat ini dapat Anda coba. Dalam berbisnis apapun Anda membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. 4 Alasan Mengapa Membutuhkan Strategi Pemasaran Online – Dengan kemajuan…
4 Cara Seru Jalani Bisnis UMKM

4 Tips Usaha ATK Rumahan bikin Untung

Hingga saat ini masih banyak orang yang membutuhkan alat tulis kantor mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantor hingga orang rumahan sekalipun. Alat tulis kantor menjadi barang wajib kamu miliki untuk…