Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement
Seiring dengan berkembangkangnya teknologi digital kini melahirkan banyak teknologi baru untuk kepentingan bisnis. Salah satunya adalah chat marketing.

Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement – Chat marketing merupakan cara untuk menghubungi pelanggan melalui software messaging. Pada saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat di gunakan untuk chat marketing. Misalnya saja live chat, WhatsApp dan lain sebagainya.

Melalui chat marketing kamu dapat mengirimkan pesan secara personal kepada konsumen. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan chat marketing.

Diantaranya kamu dapat leluasa untuk berkomunikasi dengan konsumen memalalui chat. Kamu juga dapat menawarkan produk kamu melalui chat. Bahkan kamu dapat meminta ulasan pelanggan melalui chat marketing.

Ada banyak media yang dapat kamu gunakan untuk melakukan chat marketing. Mualai dari whatsapps, facebook, instagram dan media sosial lainnya.

Kamu dapat berkomunikasi dengan dengan konsumen melalui fitur chat ini. Perlu kamu ketahui bahwa komunikasi secara langsung dengan komunikasi melaui chat tentu saja berbeda.

Baca juga : Kenali 4 Manfaat Chat Marketing Bagi Bisnis

Jika komunikasi secara langsung, kamu dapat melihat bagaimana tanggapan ekspresi lawan bicara. Namun, jika kamu komunikasi melalui chatt, yang dapat kamu lihat hanya pesan singkatnya saja.

Perlu kamu ketahui bahwa pada saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan sebagai media chat marketing. Penasaran aplikasi apa saja yang dapat kamu gunakan untuk chat marketing. Yuuk kenali jenis chat marketing untuk meningkatkan engagement berikut ini.

1. WhatsApp Marketing

Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Siapa yang tidak tahu WhatApp hampir semua orang di Indonesia mengenal dan menggunakan WhatsApp. Aplikasi WhatsApp saat ini terdapat WhatsApp khusus bisnis. Jadi kamu sudah dapat berjualan online dengan whatsapp.

Jualan online di whatsapp di rasa lebih praktis. Hal ini karena kamu dapat memajang jualan kamu pada fitur status.

Aplikasi Whatsapp merupakan aplikasi yang populer. Sehingga bukan hal yang aneh lagi jika aplikasi ini digunakan untuk kegiatan promosi bisnis.

Dengan hanya memanfaatkan fitur status saja kamu sudah dalam mulai bisnis. Untuk berjualan di WhatsApp alangkah lebih baiknya kamu menggunakan WhatsApp Business.

Fitur antara whatsapp biasa dengan whatsapp bisnis tentu saja berbeda. Dengan menggunakan WhatsApp bisnis kamu dapat menambahkan informasi bisnis kamu. Mulai dari jenis bisnis, nama bisnis, alamat bisnis, peta bisnis hingga katalog produk kamu dapat di muat dengan menggunakan WhatsApp Business.

2. Live Chat Marketing

Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Bagi kamu pengguna e-commerce atau pelaku bisnis commerce. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan live chat. Dalam live chat ini kamu dapat langsung berkomunikasi dengan konsumen. Jadi kamu sudah tidak perlu lagi menunggu lama-lama untuk berbincang dengan pelanggan kamu.

Jika ada pertanyaan baik dari penjual dan pembeli kamu dapat langsung menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu live chat juga dapat di gunakan untuk memecahkan permasalahan dengan konsumen.

Baca juga : Tips Memikat Konsumen Lewat Chat Commerce

Kamu juga dapat berbincang-bincang dengan konsumen melalui live chat agar kamu memiliki kedekatan dari sisi emosional dengan konsumen. Jika konsumen ada masalah yang kurang jelas, maka admin dapat segera membantu masalah konsumen hadapi.

Meskipun tidak dapat bertemu secara langsung. Namun penjual dan pembeli masih dapat berkomunikasi dengan baik.

 

3. Chatbot Marketing

Kamu pusing bales pesan konsumen satu persatu. Apalagi pertanyaan tersebut sangat banyak. Untuk membalas semua pesan konsumen tentunya kamu membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Hal ini akan membuat pekerjaan kamu manjadi lebih banyak. Namun kamu dapat memanfaatkan chatbot marketing.

Fitur ini membantu kamu untuk membalas pesan konsumen yang masuk. Mulai dari menyapa konsumen, menjawab pertanyaan yang sering di tanyakan secara otomatis  dan lain sebagainya. Pekerjaan kamu akan lebih ringan tanpa mengurasi pelayanan terhadap pelanggan.

Jika bisnis kamu sudah besar dan kamu juga memiliki banyak pelanggan. Maka chatbot marketing dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sebab tidak semua pertanyaan harus dijawab secara pribadi. Banyak pertanyaan-pertanyaan umum yang dapat dijawab dengan chatbot

4. Facebook Messenger

Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan media sosal facebook. Dapat dikatakan media sosial ini merupakan media sosial yang sudah cukup lama.

Hingga saat ini pengguna media sosial facebook masih banyak. Bahkan masih eksis hingga saat ini. Facebook kini banyak digunakan untuk kegiatan bisnis.

Banyak orang yang berjualan online di facebook. Kamu juga dapat menggunakan fitur facebook massenger untuk dapat berkomunikasi dengan konsumen.

Facebook messenger merupakan fitur chat dalam aplikasi media sosial facebook ketika kamu membuka toko atau page di facebook. Fitur ini dapat membantu kamu untuk membalas pesan dari pelanggan dengan mudah.

Baca juga : 4 Cara Jualan Online Laris Manis di WhatsApp

Kamu juga membutuhkan sofware aplikasi kasir pintar untuk membantu kamu dalam bekerja. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir pintar dan toko onlineAplikasir cocok untuk di gunakan di berbagai bidang usaha.

Kamu dapat membuat toko online kamu buka 24 jam. Selain dapat membantu pekerjaan kasir. Aplikasir juga dapat membantu owner toko dalam memantau cabang toko.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer.

Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement – Kamu gak perlu khawatir lagi untuk dapat kehabisan ruang penyimpanan ketika menggunakan Aplikasir. Sebab, aplikasir merupakan aplikasir yang ringan, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir juga dapat di gunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Sebelum kamu mengirim struk ke pelanggan. Pastikan data pelanggan termasuk nomor whatsapp sudah ada difitur pelanggan. Sehingga struk dapat langsung dikirim melalui whatsapps kepada pelanggan.

Dengan menggunakan Aplikasir, kamu juga dapat membuat toko online dalam hitungan detik. Kamu dapat membuka toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir dapat memudahkan semua kegiatan bisnis kamu. Bisnis lebih menyenangkan hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan pada berbagai jenis bisnis. Misalnya UMKM, toko pakaian, toko retail, mini market, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Aplikasi ini dapat membantu untuk menginput data sekaligus.  Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload aplikasir sekarang juga di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Mengenal Katalog dan Manfaat Bagi Bisnis Online

Mengenal Katalog dan Manfaat Bagi Bisnis Online

Bagi Anda yang sering belanja online tentu sudah tidak asing lagi dengan katalog. Katalog merupakan sebuah daftar yang di kategorikan sesuai dengan jenisnya. Mengenal Katalog dan Manfaat Bagi Bisnis Online – Katalog…
Keuntungan Dropshipper Solusi Ide Bisnis Anda

Keuntungan Dropshipper Solusi Ide Bisnis Anda

Pada saat ini bisnis online telah menjamur di Indonesia. Kehadiran berbagai e-commerce mendukung bisnis online semakin berkembang dengan pesat. Keuntungan Dropshipper Solusi Ide Bisnis Anda – Bisnis online membuka peluang…
Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Bisnis Makanan merupakan bisnis yang potensial. Terlebih lagi bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak ada habisnya. Semua orang pasti membutuhkan makanan. Cara Memulai Bisnis Makanan Online – Terlebih lagi saat…
Tips Memulai Usaha dari Bangku Sekolah

Tips Memulai Usaha dari Bangku Sekolah

Masa sekolah adalah masa bermain dan belajar. Pada masa sekolah kamu masih belum memikirkan cara mendapatkan penghasilan. Biasanya orang tua lebih memfokuskan anaknya untuk belajar di sekolah. Namun ada sebagian…