Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan
Kamu pasti pernah mendapati keluhan pelanggan terhadap bisnis kamu. Hampir setiap pembisnis pasti pernah menghadapi ini.

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan – Pelanggan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan bisnis. Semakin banyak pelanggan yang kamu dapatkan, maka akan semakin baik bisnis kamu.

Oleh karena itu, akan ada banyak tanggapan yang kamu dapatkan dari pelanggan. Setiap pelanggan memiliki karakteristik sendiri-sendiri.  Sifat setiap pelanggan tidak bisa dapat disamakan.

Sebab setiap pelanggan memiliki karakter masing-masing. Hal ini membuat kamu terkadang mendapatkan keluhan dari pelanggan.

Baik pelaku bisnis besar maupun pelaku bisnis kecil pasti pernah menghadapi keluhan pelanggan. Keluhan pelanggan terjadi karena pelanggan tidak puas baik dengan pelayanan, produk atau jasa yang di berikan.

Pelanggan yang puas dengan pelayanan, produk atau jasa yang di berikan akan mengucapkan terima kasih. Namun pelanggan yang masih kurang puas akan berusaha menghubungi kamu untuk menyampaikan keluhannya. Namun keluhan yang terjadi dalam bisnis adalah suatu hal yang wajar. Sebagai pelaku bisnis malah kamu dapat belajar dari keluhan pelanggan yang terjadi.

Baca juga : Lakukan 4 Hal ini Agar Klien Bisnis Mengingat Kamu

Sehingga hal tersebut tidak terjadi lagi di waktu mendatang. Selain itu kamu juga termotivasi untuk meningkatkan bisnis kamu menjadi lebih baik lagi. Lantas bagaimana cara menghadapi keluhan pelanggan yang tepat. Berikut ini cara terbaik menghadapi keluhan pelanggan.

1. Dengarkan Keluhan Pelanggan Terlebih Dahulu

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Pada saat ada pelanggan kamu yang mengutarakan keluhannya. Tentu kamu ingin segera tahu kan apa yang salah dengan bisnis kamu. Apa penyebab pelanggan tersebut menjadi tidak puas dan lain sebagainya. Namun sebaiknya tahan terlebih dahulu. Ada baiknya kamu menjadi pendengar yang baik terlebih.

Biarkan pelanggan kamu mengeluarkan segela unek-uneknya terlebih dahulu. Jika pelanggan tersebut sudah selesai mengutarakan unek-uneknya maka kamu dapat meminta maaf terlebih dahulu kemudian mulai berbicara dengan pelanggan bersangkutan.

Jangan sampai kamu malah memotong pembicaraan dengan pelanggan yang tengah kesal karena barang yang ia beli tidak sesuai dengan keingininnya.  Dalam menghadapi keluhan pelanggan kamu bersikap sabar dan mau mengalah. Sebab orang yang sedang kamu hadapi adalah mereka yang sedang kesal.

2. Jangan Memotong Pembicaraan

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Konsumen yang mengadukan keluhan terhadap kamu pasti tidak dalam keadaan emosi yang stabil. Oleh karena itu kamu sebaiknya tetap sabar untuk mendengarkan segala unek-uneknya.

Jangan sesekali memotong pembicaraan pelanggan yang mengadukan keluhan. Hal ini malah akan membuat pelanggan kamu manjadi semakin marah.

Memotong pembicaraan pada keluhan pelanggan, sama saja kamu tidak dapat memahami permasalahan mereka. Mereka akan menganggap bahwa kamu tidak dapat memahami permasalahan pelanggan.

Baca juga : Lakukan 4 Hal ini Agar Klien Bisnis Mengingat Kamu

Lebih baik kamu mendengarkan terlebih dahulu kamu akan mengerti keluhan apa yang saat ini menjadi permasalahan. Selagi menunggu konsumen kamu meluapkan semua emosinya maka kamu dapat mencari solusi yang akan di berikan oleh pelanggan kamu.

Kamu dapat berpikir solusi apa yang tepat agar pelanggan tersebut tidak merasa kecewa. Satu pelanggan saja membuat ulasan negatif tentang produk kamu. Hal ini dapat mempengaruhi konsumen lain.

Tidak dapat dipungkiri lagi, kebiasaan saat memutuskan untuk transaksi pada saat belanja online adalah dengan melihat ulasan terlebih dahulu.

Jika banyak memberikan ulasan baik maka akan lebih banyak orang pula yang akan percaya untuk melanjutkan transaksi di toko online kamu. Namun sebaliknya, jika banyak pelanggan yang memberikan ulasan negatif, maka akan banyak orang enggan berbelanja di toko online kamu.

3. Menghindari Perbedebatan

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Setiap keluhan yang terjadi bisa saja terjadi bukan dari kesalahan bisnis. Meskipun pihak kamu sudah benar. Namun, ketika pelanggan kamu sedang menyampaikan unek-uneknya usahakan  untuk menghindari perdebatan.

Hal ini malah akan merusak suasana menjadi lebih keruh lagi. Lebih baik diam dan mendengerkan semua unek-unek yang di sampaikan oleh pelanggan yang bersangkutan.

Ketika kamu sudah di berikan kesempatan untuk berbicara kamu dapat menjelaskan secara baik-baik atau kamu juga memberikan solusi yang tepat bagi pelanggan. Sehingga masalah ini dapat terselesaikan dengan baik.

Jangan sampai ada perdebatan pada saat menyelesaikan masalah. Perdebatan malah akan menambah permasalahan yang ada. Bukannya masalah cepat terselesaikan malah masalah kamu semakin banyak.

 

 

4. Menggunakan Kata yang Sopan

Pelanggan yang mengadukan keluhan terhadap kamu umumnya memiliki emosi yang tidak stabil. Jangan sampai kamu juga terpancing untuk terbawa emosi.

Tetap tenang dan santai dalam mengahadapi situasi dan tetap gunakan kata yang sopan pada menghadapi pelanggan yang mengajukan keluhan.

Baca juga : Trik Menulis Email Marketing Kepada Konsumen

Jangan sampai kamu malah menyinggung perasaan pelanggan tersebut. Apalagi sampai kamu kehilangan pelanggan tersebut. Kehilangan satu pelanggan saja begitu berarti bagi bisnis kamu.

Terlebih lagi bagi kamu yang baru saja merintis bisnis. Tentunya kamu membutuhkan banyak pelanggan agar bisnis kamu lebih dikenal dimasyarakat.

Dalam situasi apapun kamu harus dapat melayani pelanggan dengan sikap yang ramah. Walaupun sebenarnya kamu tengah menghadapi permasalahan pribadi, sebaiknya tetap profesional dalam keadaan apapun.

Bayangkan saja jika kamu masih menggunakan sistem transaksi manual. Tentunya kamu membutuhkan waktu lama untuk proses transaksi. Jika bisnis kamu masih dalam skala kecil tidak terlalu masalah.

Namun, bagaimana jika bisnis kamu sudah besar?. Hal ini tentunya menjadi masalah yang besar. Kamu gak mau kan lihat antrian panjang dan customer yang selalu mengeluh karena menunggu antrian lama hanya untuk membayar belanjaannya.

Gak perlu pusing-pusing lagi, karena sekarng udah ada Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko  Online. Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai untuk berbagai usaha. Mulai dari usaha toko online, UMKM, caffee shop, toko pakaian, mini market, toko pakaian, restoran atau rumah makan dan masih banyak lainnya.

Dengan Aplikasir kamu bisa kelola toko, penjualan, pegawai hingga laporan keuangan. Aplikasi Kasir POS lengkap dan mudah digunakan.  Bisa buat web toko online dalam hitangan detik dan menerima order online.

Kamu juga dapat mengelola produk dan stok dengan harga ecer dan grosir. Masih banyak lagi keuntungan yang dapat akan kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan dihandphone, tablet dan komputer. Aplikasi ini tergolong ringan, sehingga kamu tidak perlu takut lagi kehabisan ruang penyimpanan ketika menggunakan Aplikasir.

Selain itu cetak struk penjualan, struk dapur dan kamu dapat dengan mudah membagikan struk tersebut melalui whatsapp. Sebelum membagikannya melalui whatsapp, pastikan data pelanggan sudah dalam Aplikasir. Kamu hanya dapat membagikan struk kepada pelanggan yang sudah terdaftar dalam Aplikasir.

Jadi, tunggu apa lagi, gunakan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di google playstore sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Skill yang Harus dimiliki Influencer Instagram

Skill yang Harus dimiliki Influencer Instagram

Sejalan dengan berkembangnya media sosial memunculkan banyak profesi baru. Salah prefesi yang sedang trend saat ini adalah influencer. Skill yang Harus dimiliki Influencer Instagram – Pada saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk…
Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn

Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn di Indonesia

Pada beberapa tahun terakhir ini kita sering mendengar istilah startup unicorn. Mungkin istilah ini masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn di Indonesia – Startup unicorn merupakan startup yang sudah…
Tips Jitu Berani Berbisnis Bagi Entrepreneur Pemula

Tips Jitu Berani Berbisnis Bagi Entrepreneur Pemula

Terjun dalam dunia bisnis merupakan keputusan yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Bagi seorang entrepreneur pemula, Anda harus melatih mental untuk terjun dalam dunia bisnis. Tips Jitu Berani Berbisnis…
5 Tips Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

5 Tips Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Mendapatkan keuntungan atau profit adalah tujuan dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya profit, mustahil sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik. Bahkan, ketika sudah mendapatkan profit, mereka akan mencari cara agar dapat…