Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis
Apakah kamu pernah mendengar istilah segmentasi pasar?. Istilah segmentasi pasar mungkin masih terasa asing bagi pengusaha. Namun segmentasi pasar ini sangat mempengaruhi bisnis kamu lho!.

Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis – Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan pelanggan yang memiliki perbedaan mulai dari perilaku, budaya, kebutuhan dan lain sebagainya. Tentunya kamu tidak dapat menyamaratakan karakteristik setiap pelanggan.

Mereka memiliki perbedaan karakteristik yang di bentuk oleh berbagai faktor. Perbedaan karakteristik inilah yang membentuk kebutuhan antar pelanggan satu dan yang lainnya berbeda. Untuk dapat mengetahui kebutuhan pelanggan ini, maka kamu perlu melakukan segmentasi pasar.

Baca juga : Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Menemukan Konsumen

Namun sebelum melakukan segmentasi pasar tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis segmentasi pasar. Ada banyak jenis segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui. Yuuk ketahui 7 jenis segmentasi pasar dalam bisnis.

1. Segmentasi Goografis

Segmentasi geografis merupakan segmentasi berdasarkan wilayah misalnya negara, provinsi, kabupatan/kota, kelurahan, desa. Dengan mengetahui segmentasi pasar ini kamu akan mengetahui  selera lokal dan di sesuaikan dengan produk kamu.

2. Segmentasi Perilaku Konsumsi

Segmentasi perilaku konsumsi merupakan pengelompokkan segmentasi pasar berdasarkan perilaku konsumen. Perilaku yang di maksud dapat berupa gaya hidup, kebiasaan, kepribadian dan lain sebagainya. Segmentasi perilaku konsumsi juga melingkupi bagaimana cara konsumen mengbelanjakan uang. Pengelompokkan ini dapat membantu kamu untuk menargetkan konsumen tertentu.

3. Segmentesi Benefit

Segmentasi benefit merupakan  pengelompokan konsumen yang mencari manfaat dari suatu produk. Umumnya kelompok konsumen ini akan membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan atau masalah yang ia hadapi.

Baca juga :  3 Pengaruh Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Segmentasi Waktu Khusus

Segmentasi waktu khusus merupakan pengelompokkan konsumen pada saat waktu atau momen tertentu. Dengan begitu brand akan mengetahui bahwa pelanggannya hanya akan membeli produknya pada bulan-bulan tertentu saja. Misalnya produk kurma atau baju muslim yang banyak di cari oleh konsumen pada saat menjaleng bulan puasa

5. Segmentasi Psikografi

Segmentasi psikografi merupakan pengelompokkan konsumen yang terfokus pada hobi seperti ketertarikan, minat dan lain sebagainya. Pada umumnya konsumen ini hanya terfokus pada produk yang dapat menunjang ketertarikan mereka terhadap suatu hobi atau aktifitas yang mereka sukai. Misalnya saja kamu menjual produk sepatu olahraga maka kamu dapat menawarkan kepada mereka yang menyukai olahraga dan lain sebagainya.

6. Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis merupakan pengelompokkan konsumen yang paling mudah yakni pengelompokkan konsumen berdasar umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan lain sebagainya. Misalnya saja, kamu menjual produk fashion. Maka kamu dapat menyesuaikan segmentasi demografis apakah untuk perempuan atau laki-laki.

7. Segmentasi Sociocultural

Segmentasu Sociocultural merupakan pengelompokkan konsumen berdasarkan kondisi sosial atau budaya terhadap suatu kelompok pasar. Seperti yang kita tahu dalam kehidupan sehari-hari, manusia memiliki kondisi sosial dan budaya yang berbeda-beda. Kemudian segmentasi ini masih di bagi menjadi beberapa variabel. Variabel tersebut berupa daur hidup keluarga, budaya dan sub budaya, kelas sosial dan lain sebagainya.

Baca juga : 3 Pengaruh Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui!

Di tengah perkembangan dunia teknologi digital yang makin hari makin berkembang dengan cepat. Kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar untuk menunjang pelayanan yang cepat dan tepat. Solusinya ialah Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir pintar dan toko online. Aplikasir dapat membantu kamu untuk melayani pelanggan dengan cepat.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload aplikasir sekarang juga di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Ketahui Manfaat Website Pribadi

Ketahui Manfaat Website Pribadi

Website memiliki banyak manfaat bagi yang menggunakannya. Ada beragam jenis website yang dapat ketahui. Ketahui Manfaat Website Pribadi – Salah satunya adalah website pribadi. Website pribadi tentu saja berbeda dengan website toko online. Website toko online berfungsi sebagai tempat pelaku bisnis untuk…
Manfaat Penting Blog Bagi Bisnis

Manfaat Penting Blog Bagi Bisnis

Pada saat ini banyak pembisnis di Indonesia yang belum menyadari pentingnya keberadaan blog bagi bisnis mereka. Pada umumnya strategi blog ini hanya di gunakan oleh mereka yang memiliki bisnis besar.…
Tips Usaha Hijab Rumahan

Tips Usaha Hijab Rumahan

Perkembangan hijab di Indonesia kini semakin pesat. Banyak muslimah Indonesia yang kini memakai hijab. Trend hijab saat ini semakin berkembang. Banyak muslim yang berkreasi dalam menggunakan hijab. Pada saat ini model…
Cara Promosi Ice Cream Biar Makin Laris Manis!

Cara Promosi Ice Cream Biar Makin Laris Manis!

Persaingan usaha kini semakin ketat. Persaingan yang sengit tidak dapat di hindari. Pelaku usaha tidak hanya di tuntut untuk membuat produk dengan kualitas yang bagus. Namun pada saat ini pelaku…