Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis
Apakah kamu pernah mendengar istilah segmentasi pasar?. Istilah segmentasi pasar mungkin masih terasa asing bagi pengusaha. Namun segmentasi pasar ini sangat mempengaruhi bisnis kamu lho!.

Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis – Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan pelanggan yang memiliki perbedaan mulai dari perilaku, budaya, kebutuhan dan lain sebagainya. Tentunya kamu tidak dapat menyamaratakan karakteristik setiap pelanggan.

Mereka memiliki perbedaan karakteristik yang di bentuk oleh berbagai faktor. Perbedaan karakteristik inilah yang membentuk kebutuhan antar pelanggan satu dan yang lainnya berbeda. Untuk dapat mengetahui kebutuhan pelanggan ini, maka kamu perlu melakukan segmentasi pasar.

Baca juga : Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Menemukan Konsumen

Namun sebelum melakukan segmentasi pasar tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis segmentasi pasar. Ada banyak jenis segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui. Yuuk ketahui 7 jenis segmentasi pasar dalam bisnis.

1. Segmentasi Goografis

Segmentasi geografis merupakan segmentasi berdasarkan wilayah misalnya negara, provinsi, kabupatan/kota, kelurahan, desa. Dengan mengetahui segmentasi pasar ini kamu akan mengetahui  selera lokal dan di sesuaikan dengan produk kamu.

2. Segmentasi Perilaku Konsumsi

Segmentasi perilaku konsumsi merupakan pengelompokkan segmentasi pasar berdasarkan perilaku konsumen. Perilaku yang di maksud dapat berupa gaya hidup, kebiasaan, kepribadian dan lain sebagainya. Segmentasi perilaku konsumsi juga melingkupi bagaimana cara konsumen mengbelanjakan uang. Pengelompokkan ini dapat membantu kamu untuk menargetkan konsumen tertentu.

3. Segmentesi Benefit

Segmentasi benefit merupakan  pengelompokan konsumen yang mencari manfaat dari suatu produk. Umumnya kelompok konsumen ini akan membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan atau masalah yang ia hadapi.

Baca juga :  3 Pengaruh Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Segmentasi Waktu Khusus

Segmentasi waktu khusus merupakan pengelompokkan konsumen pada saat waktu atau momen tertentu. Dengan begitu brand akan mengetahui bahwa pelanggannya hanya akan membeli produknya pada bulan-bulan tertentu saja. Misalnya produk kurma atau baju muslim yang banyak di cari oleh konsumen pada saat menjaleng bulan puasa

5. Segmentasi Psikografi

Segmentasi psikografi merupakan pengelompokkan konsumen yang terfokus pada hobi seperti ketertarikan, minat dan lain sebagainya. Pada umumnya konsumen ini hanya terfokus pada produk yang dapat menunjang ketertarikan mereka terhadap suatu hobi atau aktifitas yang mereka sukai. Misalnya saja kamu menjual produk sepatu olahraga maka kamu dapat menawarkan kepada mereka yang menyukai olahraga dan lain sebagainya.

6. Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis merupakan pengelompokkan konsumen yang paling mudah yakni pengelompokkan konsumen berdasar umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan lain sebagainya. Misalnya saja, kamu menjual produk fashion. Maka kamu dapat menyesuaikan segmentasi demografis apakah untuk perempuan atau laki-laki.

7. Segmentasi Sociocultural

Segmentasu Sociocultural merupakan pengelompokkan konsumen berdasarkan kondisi sosial atau budaya terhadap suatu kelompok pasar. Seperti yang kita tahu dalam kehidupan sehari-hari, manusia memiliki kondisi sosial dan budaya yang berbeda-beda. Kemudian segmentasi ini masih di bagi menjadi beberapa variabel. Variabel tersebut berupa daur hidup keluarga, budaya dan sub budaya, kelas sosial dan lain sebagainya.

Baca juga : 3 Pengaruh Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui!

Di tengah perkembangan dunia teknologi digital yang makin hari makin berkembang dengan cepat. Kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar untuk menunjang pelayanan yang cepat dan tepat. Solusinya ialah Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir pintar dan toko online. Aplikasir dapat membantu kamu untuk melayani pelanggan dengan cepat.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
3 Cara Bisnis Hijab Modal Minim

3 Cara Bisnis Hijab Modal Minim

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim paling banyak. Oleh karena itu, kebutuhan baju muslim dan hijab di Indonesia sangat tinggi. 3 Cara Bisnis Hijab Modal Minim – Pada saat ini…
4 Tipe Influencer yang Perlu Kamu Ketahui!

4 Tipe Influencer yang Perlu Kamu Ketahui!

Saat ini kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan media sosial. Siapa yang akan menyangka bahwa media sosial yang tujuan awalnya untuk berinteraksi lewat dunia maya kini malah menjadi…
Tips Jitu Meningkatkan Engagement Instagram

Tips Jitu Meningkatkan Engagement Instagram

Sudah bukan barang rahasia lagi jika instagram kini di jadikan sebagai media marketing. Baik pelaku bisnis kecil dan besar pada saat ini sudah memiliki akun bisnis instagram. Tips Jitu Meningkatkan Engagement…
Keunggulan Bisnis di Tiktok Shop

Keunggulan Bisnis di Tiktok Shop

Anak muda zaman sekarang pasti sudah tahu dengan aplikasi Tiktok. Aplikasi Tiktok merupakan aplikasi video singkat. Keunggulan Bisnis di Tiktok Shop – Namun apakah kamu tahu bahwa pada saat ini…