Kupas Tuntas Customer Retention Marketing dan Strateginya

Kupas Tuntas Customer Retention Marketing dan Strateginya
Sebuah bisnis mendapat keuntungan dari pelanggan. Oleh karena itu banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk banyak mendapatkan pelanggan. Mereka melakukan berbagai strategi untuk mendapatkan pelanggan.

Kupas Tuntas Customer Retention Marketing dan Strateginya – Namun untuk mendapatkan pelanggan baru tahapnya akan lebih sulit. Belum tentu bisnis Anda merupakan solusi yang di butuhkan oleh pelanggan.

Maka banyak pelaku bisnis yang melakukan customer retention. Customer retention merupakan suatu strategi untuk mempertahankan dan menarik pelanggan yang di miliki untuk melakukan pembelian ulang. Dengan kata lain customer retention merupakan strategi untuk mempertahankan pelanggan lama untuk melakukan pembelian ulang.

Baca juga :  Intip 4 Strategi Pemasaran Efektif Bisnis!

Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Konsumen yang sudah terlanjur nyaman dengan bisnis kamu, mereka tidak akan mudah  untuk  berpaling dari toko kamu.

Meskipun barang yang kamu jual lebih mahal daripada kompetitor. Jika konsumen sudah menemukan kenyamana pada bisnis kamu maka, semahal apapun produk kamu tidak akan menjadi masalah.

Hal ini dapat kamu lakukan jika kamu dapat menjaga kualitas produk. Kualitas produk sangat penting untuk kepuasan pelanggan.

Untuk menjaga kualiatas produk kamu, kamu dapat melakukan evaluasi setiap waktu. Misalnya setiap minggu atau bulan kamu dapat melakukan evaluasi.

Pelanggan yang sudah membeli produk Anda, berpeluang besar untuk kembeli membeli produk Anda. Terlebih lagi jika produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Berikut ini kita akan kupas tuntas customer retention marketing dan strateginya.

1. Customer Onboarding

Kupas Tuntas Customer Retention Marketing dan Strateginya

Onboarding merupakan suatu strategi pengenalan produk pada pelanggan. Tujuan agar pelanggan dapat mengenal produk Anda, kemudian tertarik untuk membeli produk Anda. Ada banyak cara yang dapat di lakukan agar pelanggan dapat mengetahui produk Anda.

Misalnya dengan cara email marketing, training, webbinar dan masih banyak lagi. Customer Onboarding tentunya di lakukan sesuai dengan produk Anda. Misalnya produk Anda ialah produk make-up. Nah Anda dapat melakukan beauty classy untuk mengenalkan produk Anda.

Baca juga : Cara Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis Sesuai Platfromnya!

Ada banyak cara untuk pengenalan produk. Mulai dari iklan, promosi media sosial dan lain sebagainya. Kamu dapat memaksimalkan konten promosi pada media sosial.

Konten media sosial sangat membantu kamu untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Pada saat ini siapa sih yang tidak memakai media sosial. Terutama bagi anak muda, hampir semua anak muda saat ini menggunakan media sosial.

Tidak heran media sosial saat ini digunakan untuk promosi bisnis. Sebab pelaku bisnis dapat menemukan konsumen dengan jangkauan luas melalui media sosial.

2. Loyalty Program

Kupas Tuntas Customer Retention Marketing dan Strateginya

Cara lain untuk mempertahankan customer retention ialah dengan loyalty program. Loyalty Program secara tidak langsung akan dapat mempertahankan pelanggan. Anda dapat membuat loyalty program sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya saja Anda dapat menambah program untuk mengumpulkan koin.

Baca juga : Tips Memaksimalkan Buzz Marketing Bisnis

Kemudia jika pelanggan telah mencapai koin tertentu maka akan mendapatkan hadiah barang atau potongan harga. Anda juga dapat memberikan loyalty program dengan cara pelanggan akan mendapatkan produk gratis setelah membeli beberapa produk.

Cara ini akan membuat konsumen kamu untuk melakukan pembelian ulang di toko atau bisnis kamu. Konsumen juga akan terpacu untuk mendapatkan hadiah atau koin.

3.  Daily Deals

Anda pernah berbelanja di toko sebuah e-commerce karena ingin mendapatkan voucher  chasback atau diskon?. Nah strategi ini merupakan strategi daily deals. Strategi ini sangat banyak kita jumpai di e-commerce. Dengan memberikan voucher tentunya akan banyak menarik pelanggan untuk berbelanja di toko e-commerce

Baca juga :  Tips Menghasilkan Cuan dari TikTok, Siapa Mau Coba?

Saat pelanggan sudah mengetahui bahwa toko Anda selalu menyediakan voucher. Akan banyak pelanggan yang tertarik dengan toko Anda. Dengan memberikan voucher juga dapat mengurangi peluang pelanggan untuk tertarik berbenja di kompetitor. Sebab pelanggan mana sih yang tidak menyukai voucher belanja.

Namun untuk menerapkan strategi ini, Anda harus menyesuaikan dengan keuangan pada bisnis Anda. Jangan sampai Anda terlalu banyak memberikan banyak voucher belanja, malah bisnis Anda yang rugi. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis dan terbukti ampuh untuk menarik pembeli.

4. Welcome email

Membuat kepuasan pelanggan bukan perkara yang mudah. Anda harus melakukan berbagai strategi untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah dengan strategi welcame email. Anda dapat melakukan welcome email pada saat pelanggan membeli produk Anda.

Baca juga :  Tips Mengoptimalkan Konten Instagram Marketing

Meski hal ini merupakan hal yang sederhana. Namun welcome email ini sangat membantu customer retention marketingAnda mendapat kesempatan untuk menjelaskan keunggulan produk Anda di bandingkan produk kompetitor lain. Sehingga konsumen akan percaya terhadap produk Anda.

Dalam berbisnis pelayanan merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya adalah pelayanan transaksi. Kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar untuk membantu kamu melayani konsumen dengan cepat dan tepat.

Aplikasir adalah pilihan yang tepat. Segala transaksi kamu dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan Aplikasir.

Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online. Gak usah pusing-pusing untuk membuat website toko online.

Kamu juga dapat menjual barang produk dengan harga grosir, dan harga ecer. Aplikasir dapat mencetak struk dapur, struk dapur bahkan kamu dapat mengirim langsung struk penjualan ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. Pastikan untuk data pelanggan dapat sudah terdaftar dalam fitur pelanggan agar bisa langsung membuat untuk dapat mengirim pesan whatsapp.

Sebab Aplikasir dapat membantu kamu membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Tips Memaksimalkan Viral Marketing Bisnis – Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir ini sangat cocok untuk berbagai kepentingan usaha  seperti UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir. Jadi tunggu apa lagi? buruan dwonload Aplikasir sekarang di playstore Anda dan nikamati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
5 Tanda Anda Cocok Menjadi Seorang Entrepreneur

5 Tanda Anda Cocok Menjadi Seorang Entrepreneur

Trend mejadi pembisnis mandiri saat ini tengah menjadi trend di masyarakat. Namun menjadi seorang entrepreneur mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. 5 Tanda Anda Cocok Menjadi Seorang Entrepreneur – Anda dapat…
Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda

Bisnis tidak dapat lepas dari persaingan dengan kompetitor. Terlebih lagi jika bisnis kamu merupakan bisnis yan sama. Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda – Saat ini banyak orang yang lebih tertarik…
Solusi Ketika Kamu Kesulitan Mendapatkan Pelanggan Online

Solusi Ketika Kamu Kesulitan Mendapatkan Pelanggan Online

Pelanggan merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Tanpa adanya pelanggan  bisnis kamu tidak akan berjalan dengan sebagaimana mestinya. Solusi Ketika Kamu Kesulitan Mendapatkan Pelanggan Online – Bagi pelaku bisnis…
Lakuin 6 Hal Ini, Agar Kamu Mendapatkan Kepuasan Pelanggan

Lakuin 6 Hal Ini, Agar Kamu Mendapatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan bagi pelaku bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting. Banyak pelaku bisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Mendapatkan kepercayaan pelanggan bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak cara yang dtempuh para…