Mengenal Churn Rate dan Penyebabnya!

Mengenal Churn Rate dan Cara Mengatasinya
Dalam berbisnis Anda pasti pernah mengalami kurangnya minat pembeli pada bisnis Anda. Sehingga banyak konsumen yang tidak tertarik dengan bisnis Anda.

Mengenal Churn Rate dan Penyebabnya! – Ini merupakan alasan utama mengapa Anda harus menghitung churn rateChurn rate merupakan indikator yang menghitung apakah bisnis Anda berjalan baik atau tidak.

Jadi dengan menghitung churn rate pada bisnis Anda. Anda dapat mengetahui persentase konsumen yang berhenti berlanggangan produk Anda. Churn rate sangat penting terutama bagi bisnis yang yang menawarkan produk dengan sistem berlangganan.

Baca juga : Bisnis Rugi? Berikut Tips Cerdik Mengatasi Bisnis Rugi

Dalam model bisnis ini, pendapatan bisnis bersumber pada konsumen yang sering berlangganan. Jika konsumen berhenti untuk berlangganan maka akan membahayakan bisnis. Churn rate sebaiknya di hitung pada setiap minggu, bulan atau tahun.

Hal ini berguna untuk mengevaluasi bisnis secara cepat. Jika persantase menurun maka stategi bisnis Anda berhasil. Berikut ini kita akan Mengenal Churn Rate dan Penyebabnya!

1. Harga tidak Cocok

Mengenal Churn Rate dan Cara Mengatasinya

Salah satu pertimbangan konsumen untuk berlangganan atau membeli sesuatu atau membeli barang adalah harga. Jika harga yang Anda tawarkan sebanding dengan kualitas yang akan Anda dapatkan tentunya tidak menjadi masalah.

Baca juga : Tips Menang Flash Sale Barang Impian!

Namun jika harga yang Anda tawarkan terlalu mahal dan hanya dapat di jangkau oleh kalangan saja tentu membuat konsumen yang enggan membeli produk bisnis Anda. Usahakan gunakan harga yang dapat di jangkau oleh banyak orang sehingga banyak orang yang dapat menjangkau biaya langganan produk dari bisnis Anda.

2. Kualitas Produk Tidak Meningkat

Mengenal Churn Rate dan Cara Mengatasinya

Pada awalnya pelanggan membeli produk Anda karena kualitas produk Anda yang baik. Namun jika Anda tidak meningkatkan kualitas produk Anda, maka konsumen tidak akan menggunakannya lagi. Konsumen akan lebih memilih produk lain yang selalu meningkatkan kualitasnya.

Baca juga : Ingin Untung Banyak? Ikuti 5 Tips Menaiki Profit Bisnis

Misalnya, jika konsumen berlangganan untuk membeli fitur premium pada Aplikasi Anda. Namun Anda tidak pernah menambahkan update fitur terbaru yang membuat Aplikasi Anda menjadi lebih baik. Hal ini akan membuat konsumen meninggalkan Aplikasi Anda.

3. Customer Experience yang Buruk

Mengenal Churn Rate dan Cara Mengatasinya

Customer Experience  merupakan pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis Anda. Salah satu indikator menentukan baik buruknya churn rate  bisnis Anda. Sebab customer experience merupakan salah satu pertimbangan konsumen akan berlangganan pada bisnis Anda atau tidak.

Baca juga : Ingin Untung Banyak? Ikuti 5 Tips Menaiki Profit Bisnis

Banyak konsumen yang memilih untuk membeli atau berlangganan produk karena pengalaman interaksi bisnis yang baik. Misalnya ketika Anda berbelanja secara online, kemudian owner dari toko online langsung membalas pertanyaan Anda dengan tepat, cepat dan ramah. Tentu Anda yakin untuk melanjutkan ke transaksi.

4. Produk dan Layanan Kompetitor yang Lebih Ungguh

Sebelum membeli suatu barang, layanan atau jasa sebagai konsumen Anda selalu melakukan survey terlebih dahulu. Anda membanding-bandingkan berbagai produk atau layanan yang serupa dari berbagai bisnis. Mulai dari harga, kualitas, benefit, layanan pasca pembelian, hingga kepopuleran brand.

Baca juga :  Trend Bisnis Online Modal Kecil 2022 Panen Cuan

Jika produk dan layanan kompetitor lebih ungguh daripada layanan yang Anda tawarkan maka Anda akan salah bersaing. Konsumen akan memilih produk dan layanan dari kompetitor karena di anggap lebih menguntungkan daripada layanan yang Anda tawarkan.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Alasan Bisnis Skincare Semakin Menjamur

Alasan Bisnis Skincare Semakin Menjamur

Hampir semua wanita pasti menginginkan kulit yang sehat dan bersih. Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik paripurna dalam setiap momen. Alasan Bisnis Skincare Semakin Menjamur – Perubahan gaya hidup…
Tips Iklan di Google Adwords Bikin Bisnis Eksis

Tips Iklan di Google Adwords Bikin Bisnis Eksis

Dalam dunia digital marketing mungkin anda sudah tidak asing dengan google adwords. Google adwords merupakan iklan berbayar yang di tampilkan Search Engine Google berdasarkan kata kunci yang telah di targetkan. Tips Iklan…
Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Kamu pasti pernah mendapati keluhan pelanggan terhadap bisnis kamu. Hampir setiap pembisnis pasti pernah menghadapi ini. Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan – Pelanggan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan bisnis. Semakin…
Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Berikut Ini

Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Berikut Ini

Menjelang lebaran tiba akan banyak bisnis yang mengalami peningkatan penjualan. Tidak terasa lebaran  sebentar lag. Kini banyak orang yang mulai mempersiapkan kebutuhan lebaran. Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Online Berikut…