Software Kasir (point of sale) Gratis Untuk Pemilik Bisnis

Software Kasir (point of sale) Gratis Untuk Pemilik Bisnis

Point of sale (POS) dalam dunia bisnis dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai. Ini adalah dimana pembeli dan penjual melakukan pembayaran atas barang/jasa yang sudah diterima.

Software Kasir (point of sale) Gratis Untuk Pemilik Bisnis. – Sebuah sistem  point of sale (pos) cukup diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Apa saja yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sistem Point of Sale untuk usaha anda? Berikut adalah rincian yang perlu anda cermati:

baca juga : Memulai Usaha Baju Online bagi Pemula, Simak Selengkapnya

1. Harga dan Kualitas

Sebelum anda membeli, pastikan anda mengetahui apa yang sebenarnya usaha anda butuhkan sehingga anda dapat mengoptimalkan pengeluaran anda. Kebanyakan Point of Sale membutuhkan investasi uang yang tidak murah terlebih apabila anda memiliki lebih dari satu cabang. Fitur tambahan juga biasanya memerlukan biaya tambahan juga. Garansi juga hanya bertahan selama beberapa bulan hingga setahun. Pastikan selalu menanyakan pada sales yang menjual sistem POS kepada anda harga untuk pemasangan alat, instalasi aplikasi, peningkatan software, dan bantuan sebelum anda menentukan bahwa POS tersebut cocok untuk bisnis atau usaha anda. Risetlah dulu beberapa aplikasi baik yang berbayar maupun gratis untuk mengetahui segala spesifikasi yang benar-benar cocok untuk bisnis yang anda jalankan.

2. Perangkat yang dibutuhkan

Pastikan anda membeli perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) untuk sistem POS. Hardware tergantung kebutuhan dan spesifikasi aplikasi point of sale (pos)  yang digunakan. Perangkat dasar yang diperlukan umumnya gadget seperti hp/tablet/komputer/laptop, printer kasir, dan alat scan (beberapa software kasir bisa langsung input barcode dari kamera gadget jadi lihatlah terlebih dahulu spesifikasi software kasir point of sale (pos ) yang akan dipilih agar uang yang anda keluarkan tidak sia-sia). Perangkat lunak atau Software mencakup semua program yang anda butuhkan dalam sebuah Point of Sale, Finansial usaha anda, laporan inventori, hingga mencakup sistem kepuasan pelanggan. Software bahkan dapat menggunakan data karyawan untuk membantu anda dalam menyusun jadwal karyawan dan membuat pekerjaan yang merepotkan dan membuang waktu tersebut menjadi lebih mudah.

Baca juga : Cara Bisnis Cake Rumahan, Simak Selengkapnya

3. Laporan Keuangan yang Lengkap

Pastikan bahwan sistem POS gratis anda memungkinkan anda untuk menyediakan laporan keuangan anda secara rinci. Laporan yang pasti dan memudahkan anda yang awam dengan istilah istilah akuntansi yang membingungkan menjadi lebih mudah dimengerti. Dengan laporan keuangan yang lengkap, anda bisa dengan mudah menentukan tindakan anda selanjutnya dalam menjalankan usaha anda dan juga tidak ada lagi waktu yang terbuang hanya untuk merekap hasil penjualan setiap malamnya.

4. Ramah Pengguna atau User Friendly

Sebuah sistem POS yang membingungkan atau membutuhkan pelatihan secara intensif hanya akan membuat hidup anda semakin rumit. Tidak hanya akan membuat para karyawan anda jengah dalam menggunakannya, tetapi juga akan melambatkan kecepatan proses transaksi. Dengan menggunakan tampilan yang ramah untuk digunakan, anda bisa secara otodidak untuk mempelajari sistem tersebut tanpa harus menunggu orang lain menjelaskannya kepada anda. Maka pastikan aplikasi  pos (point of sale) yang akan anda pilih mudah digunakan baik untuk anda ataupun karyawan anda.

Baca juga : Memulai Jualan Jus Buah, Simak Selengkapnya

5. Dukungan teknis

Bukan masalah apakah anda mengalami masalah saat sekarang ataupun dimasa yang mendatang. Namun ketika akan ada masalah dengan sistem POS anda. Dengan mencari sistem POS yang menyediakan jasa teknisi yang sudah ahli dalam bidangnya dan setiap waktu dapat membantu anda apabila menemukan suatu kerusakan atau kesalahan. Dalam pengaturan, akan membuat anda merasa lebih aman dan nyaman apalagi kalau dukungan teknis tersebut tidak dipungut biaya tambahan.

 

Dalam pengembangannya, Point of Sales yang biasanya terdapat pada sebuah komputer yang dirancang khusus hanya untuk melakukan transaksi, namun sekarang Point Of Sale dapat diakses diberbagai macam media seperti akses melalui smartphone anda. Aplikasir contohnya yang menggunakan Android Smartphone sebagai media yang menjalankan aplikasi Point of Sale gratis tersebut. Cukup dengan mengunduh applikasi Aplikasir di Android, Aplikasir dapat langsung digunakan untuk melakukan transaksi. Untuk mendapatkan Aplikasir dapat diunduh di sini.

You May Also Like
5 Cara Terbaik Bisnis Warung Kelontong

5 Cara Terbaik Bisnis Warung Kelontong

Sebagian orang lebih memilih berwirausaha di bandingkan menjadi karyawan. Keputusan menjadi memilih berbisnis banyak di pilih oleh banyak orang yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. 5 Cara Terbaik Bisnis Warung…
Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) Bisnis

Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) Bisnis

Point of sale (POS) merupakan sistem kasir digital yang pada umumnya berbentuk aplikasi atau sofware. Point of sale atau POS dapat membantu sistem bisnis kamu menjadi lebih mudah dan cepat. Manfaat Menggunakan…
Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Pemerintah saat ini tengah gencar mempromosikan produk UMKM. Istilah UMKM juga muncul akhir-akhir ini. UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dalam UMKM terdapat banyak pengusaha dari berbagai produk dan…
Tujuan Content Marketing dalam Bisnis

Tujuan Content Marketing dalam Bisnis

Pelanggan merupakan hal yang tidak dapat di lepaskan dalam bisnis. Pelanggan memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Tujuan Content Marketing dalam Bisnis – Tanpa adanya pelanggan maka bisnis…