4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

Ingin memulai bisnis namun, kamu terkendala dengan modal?. Maka kamu dapat mengambangkan bisnis UMKM. Bisnis UMKM cenderung memiliki modal yang terjangkau, hal ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang mengalami kendala modal. 

4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM – Pada saat ini bisnis UMKM juga banyak diminati olah banyak orang. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Meskipun tergolong bisnis yang sederhana namun, keuntungan juga tidak kalah menggiurkan.

Bisnis UMKM juga mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Ada banyak program yang dapat membantu pelaku UMKM. Misalnya saja, pelaku bisnis UMKM dapat meminjam modal uang di bank dengan bunga yang rendah dan lain sebagainya. Cara ini tentunya bertujuan untuk mendongkrak perekonomian menjadi lebih baik lagi.

Baca juga :  5 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal Dalam Memulai Bisnis

Maka dari itu, pada saat ini banyak orang yang tertarik untuk membuka bisnis UMKM. Ada banyak pilihan bisnis UMKM yang dapat kamu coba sebagai ladang usaha kamu. Bisnis UMKM yang saat ini tengah banyak diminati oleh banyak orang adalah bisnis kuliner.

Terlebih lagi jika kamu mampu menyediakan makanan dengan cita rasa yang nikmat dan khas. Dengan begitu, bisnis kamu akan selalu diingat oleh konsumen. Konsumen akan selalu datang kembali.

Bagi kamu pelaku bisnis UMKM pemula tentunya kamu akan pusing cara mengembangkan bisnis UMKM?. Berikut ini 4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM.

1. Melakukan Riset

4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

Sebelum kamu memulai bisnis UMKM, hal yang wajib kamu lakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini sering kali dilupakan oleh banyak orang. Banyak pelaku bisnis yang terburu-buru pada saat hendak membuka bisnis.

Kebanyakan dari pelaku bisnis tidak sabaran untuk segera membuka bisnis. Sehingga banyak pelaki bisnis yang tidak melakukan riset terlebih dahulu. Padahal riset dalam bisnis sangat berpengaruh.

Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu pada saat kamu hendak membuka bisnis. Kamu dapat mengamati perkembangan sekitar terlebih dahulu, seperti trend bisnis apa yang sedang berkembang, strategi apa yang saat ini banyak dilakukan oleh banyak orang dan lain sebagainya.

2. Jualan Online

4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

Pada saat ini banyak orang yang mulai untuk jualan online. Maka dari itu, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman. Pada saat ini, kamu dapat berjualan online dengan memiliki ponsel dan koneksi internet.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk jualan online. Cara yang saat ini banyak dilakukan oleh banyak pelaku bisnis adalah dengan jualan di sosial media seperti instagram. Jika target pasar merupakan anak mudah maka dengan menggunakan instagram merupakan hal yang tepat.

Baca juga : Tips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan

Selain dengan menggunakan instagam, kamu juga dapat jualan dengan membuat toko online atau website. Pada saat ini ada banyak orang yang masih kebingungan dalam membuat toko online. Sekarang kamu gak perlu lagi pusing dalam membuat toko online.

Kamu dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir dapat membantu kamu untuk membuat toko online dalam hitungan. Jadi, dengan menggunakan Aplikasir bisnis kamu akan menjadi lebih mudah.

3. Memiliki Standar Operating Procudure

4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

Meskipun bisnis kamu merupakan bisnis UMKM namun, kamu harus tetap memiliki standar operating procudure atau SOP. Dengan memiliki SOP yang jelas akan memudahkan kamu atau karyawan dalam bekerja. Selain itu, jika kamu menjual makanan atau barang maka produk kamu akan terjaga kualitasnya.

Tujuan dari standar operating procudure atau SOP adalah agar kamu dan karyawan memiliki kualitas barang dan sistem kerja yang baik. Bayangkan saja jika bisnis kamu tidak memiliki standar operating procudure, maka kamu akan sesuka hati dalam bekerja.

Ketika pola kerja kamu berantakan maka akan mempengaruhi kualitas barang atau produk. Maka dari itu ada baiknya kamu membuat standar operating procudure atau SOP untuk usaha UMKM kamu. Meskipun dengan aturan yang sederhana namun akan mempengaruhi kualitas bisnis kamu.

Buat standar operating procudure atau SOP sebaik mungkin untuk menghasilkan bisnis yang menguntungkan. Selain itu standar operating procudure atau SOP juga dapat menjadi pedoman bagi kamu atau karyawan dalam menjalankan bisnis.

4. Melakukan Segmentasi Pasar 

Dalam merencanakan suatu produk tentunya kamu harus dapat membidik pasar terlebih dahulu. Jangan sampai kamu hanya membuat usaha karena mengikuti trend. Bisnis tanpa adanya perencanaan yang matang tentunya akan membuat kamu menjadi pusing pada saat menjalankan bisnis UMKM.

Hal ini karena kamu tidak memiliki perencanaan yang matang. Kamu tidak mengetahui ke arah mana bisnis kamu akan kamu bawa. Maka dari itu pentingnya untuk melakukan segmentasi pasar.

Pastikan kamu menjual produk atau barang kamu ke target pasar yang sesuai.  Menjual barang atau produk ke target pasar yang sesuai maka kamu dapat menentukan strategi marketing apa yang dapat kamu lakukan. Dengan begitu promosi dan strategi marketing kamu juga akan tepat sasaran pada target konsumen. Maka dari itu, kamu dapat melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
4 Jenis Usaha Grosir Modal Sedikit Untung Banyak

4 Jenis Usaha Grosir Modal Sedikit Untung Banyak

Usaha grosiran merupakan usaha yang sangat banyak peminatnya. Usaha grosiran sering kita jumpai di banyak tempat. Sebab usaha ini tergolong usaha yang mudah di jalankan. 4 Jenis Usaha Grosir Modal…
Cara Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi

Cara Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi

Pada masa Pandemi ini banyak sektor penompang ekonomi yang mengalami penurunan omset. Begitu juga dengan produk UMKM. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikoro Kecil Menengah. Pada saat ini UMKM merupakan…
Bisnis UMKM Kreatif

Ide Bisnis UMKM Bagi Pemula, Simak Selengkapnya

Pada saat ini banyak orang yang mulai membuka bisnis UMKM. Tentanya dengan semakin banyaknya produk UMKM diharapkan akan banyak menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Ide…
Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Dalam bisnis segala upaya dilakukan untuk mendongkrak penjualan. Berbagai strategi pemasaran dan promosi terus di lakukan. Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan – Persaingan bisnis tidak dapat di hindari. Semakin hari…