5 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Untuk Bisnis Anda

4. Berani Berfiki Berbeda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Seperti meningkatkan kualitas produk, memperbanyak promosi, melebarkan sayap pasar, berkolaborasi dengan brand-brand lain, dan lain sebagainya. Namun, karena terlalu fokus mengejar target penjualan produk. Ada satu hal penting yang biasanya dilupakan, yaitu melakukan pencatatan keuangan.

Pencatatan keuangan dikenal juga dengan istilah pembukuan (bookkeeping), yaitu proses mencatat keuangan yang terdiri dari penjualan, pendapatan, pembelian, serta pengeluaran baik individu maupun kelompok (organisasi).

Aspek ini sangat penting dan termasuk salah satu bagian untuk menjadikan bisnis Anda bisa maju dan lebih berkembang. Tidak adanya pencatatan keuangan yang baik dapat membuat rencana strategis yang sudah direncanakan tidak sesuai dengan hasil nantinya, atau bahkan Anda bisa mengalami kerugian. Lalu, apa saja alasan dibalik pentingnya mencatat keuangan untuk bisnis Anda? Simak ulasannya berikut ini  :

  1. Mengetahui Keadaan Finansial

Setiap pelaku bisnis pasti menginginkan usahanya dapat menghasilkan keuntungan yang meningkat. Hal ini tidak akan bisa didapatkan jika Anda tidak memiliki pencatatan keuangan yang rapid an sistematis.

Dengan melakukan pencatatan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi finansial bisnis Anda dari waktu ke waktu. Di sini Anda dapat menganalisis apakah bisnis Anda mengalami peningkatan atau penurunan. Apakah keuntungan bisnis Anda meningkat dari bulan ke bulan atau justru menurun. Pada akhirnya, Anda dapat mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu agar dapat lebih menghemat biaya operasional.

  1. Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan adalah bagian terpenting lainnya dalam bisnis. Keputusan apapun akan berdampak pada bisnis Anda. Termasuk jika Anda mengambil keputusan yang kurang tepat atau salah ketika menjalankan bisnis.

Jika Anda memiliki pencatatan keuangan yang baik, maka Anda dapat lebih baik dalam mengambil keputusan. Misalnya bisnis Anda sedang mengalami kerugian, maka Anda dapat melihat kembali hasil pencatatan keuangan beberapa bulan ke belakang. Apakah harus mengurangi jumlah karyawan? Atau haruskah memperbanyak produk yang disukai pasar? atau harus membeli alat produksi baru untuk menambah kuantitas produksi?

  1. Mempermudah Pelaporan Pajak

Seluruh badan usaha yang ada di Indonesia diwajibkan untuk membayar pajak. Jenis pajak yang wajib adalah Pajak Penghasilan Nilai (PPN) serta Pajak Penghasilan (PPh). Saat ini negara sudah mempercayakan sepenuhnya perhitungan keuangan kepada para masing-masing pelaku bisnis.

Tentunya, untuk menghasilkan pelaporan pajak yang baik dan tepat waktu, pencatatan keuangan wajib hukumnya dilakukan. Jika rutin melakukannya setiap waktu, maka pelaporan pajak menjadi sesuatu yang tidak perlu dipusingkan sehingga Anda bisa berfokus untuk melakukan hal lain guna mengembangkan bisnis Anda lebih jauh.

  1. Mendapatkan Investor

Kondisi finansial suatu perusahaan adalah instrumen terpenting untuk menjaring investor. Sebagian besar dari mereka pasti akan memilih perusahaan yang memiliki keuangan yang sehat dan terus bertumbuh untuk dijadikan rekanan pendanaan.

Tanpa pencatatan keuangan yang baik, mustahil rasanya dapat membuat investor terkesan dan menjatuhkan pilihannya pada bisnis Anda. Mudahnya, pencatatan keuangan akan menentukan sebarapa layak usaha Anda dalam mendapatkan investor dan di level berapa usaha Anda saat ini.  

Kesimpulan

Menyadari pentingnya mencatat keuangan, maka yang diperlukan adalah alat-alat yang dapat membantu Anda dalam mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran dari bisnis Anda. Di zaman yang serba digital ini, Anda tidak perlu lagi mengandalkan manusia dalam melakukan pencatatan keuangan. Selain meminimalisir human error, pengunaan aplikasi juga akan semakin memudahkan Anda dan mengefisiensi waktu. Anda dapat menggunakan Aplikasir maka pencatatan keuangan Anda akan lebih praktis dan dapat menghasilkan catatan yang akurat.

You May Also Like
4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

Pentingnya Promosi Bagi Bisnis Anda

Promosi merupakan elemen yang penting dalam strategi pemasaran bisnis. Maka dari itu setiap pelaku bisnis harus memahami cara promosi yang efektif dan efisien. Pentingnya Promosi Bagi Bisnis Anda – Oleh…
Strategi Pemasaran Di Era Teknologi Digital

Strategi Pemasaran Di Era Teknologi Digital

Pada masa ini banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk memasarkan produk. Pemasaran produk juga banyak macamnya. Baik secara konvensional maupun online. Namun pada masa kini perkembangan teknologi digital semakin meningkat. Seiring…
Tips Video Produk untuk Memikat Pembeli

Tips Video Produk untuk Memikat Pembeli

Berbagai cara di lakukan untuk mempromosikan produk agar banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk Anda. Salah satunya adalah dengan membuat video produk. Tips Video Produk untuk Memikat Pembeli –…
Namun bagaimana cara pelaku usaha agar mendapatkan keuntungan yang banyak pada saat perayaan harbolnas ini?. Berikut ini strategi untung pada momen harbolnas bagi pembisnis.

Strategi Untung Pada Momen Harbolnas Bagi Pembisnis!

Harbonas merupakan Hari Belanja Online Nasional. Perayaan belanja online nasional semakin diminati masyarakat. Strategi Untung Pada Momen Harbolnas Bagi Pembisnis! – Banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika berbelanja pada saat harbonas.…