Tantangan yang Dihadapi Pembisnis dalam Hal Pembayaran

Tantangan yang Dihadapi Pembisnis dalam Hal Pembayaran
Bagi pelaku bisnis online kamu pasti selalu menunggu notifikasi pemesanan dari pelanggan. Namun, setelah kamu menerima pemasanan pekerjaan kamu akan lebih banyak lagi.

Tantangan yang Dihadapi Pembisnis dalam Hal Pembayaran – setelah pelanggan malakukan pemasaran kamu harus mengecek pembayaran yang telah di lakukan oleh pelanggan. Apakah nominalnya sesuai dengan pesanan atau tidak, apakah pembayaran yang dilakukan jumlahnya kurang atau tidak dan lain sebagainya.

Terlebih lagi jika kamu menggunakan metode pembayaran secara konvensional. Hal ini memiliki resiko yang besar dalam kesalahan nominal di bandingkan dengan menggunakan sistem pembayaran secara otomatis.

Baca juga :  Cara Menjadikan Layanan Pelanggan sebagai Prioritas

Ada berbagai macam metode pembayaran yang dapat kamu lakukan untuk melayani pelanggan. Metode pembayaran non tunai banyak dipakai untuk kebutuhan bisnis online.

Baik pembeli maupun pelanggan, seharusnya sama-sama dimudahkan dengan keberadaan pembayaran non tunai. Faktanya masih banyak kendala yang dihadapi baik pelanggan maupun penjual dalam menggunakan pembayaran non tunai ini.

Mulai dari hilangnya saldo kamu, kesalahan pembayaran dan lain sebagainya. Masih banyak lagi resiko yang akan di hadapi oleh pelaku bisnis dalam hal pembayaran ini. Jadi kamu harus dapat memilih sistem pembayaran yang tepat yang sesuai dengan karakteristik bisnis dan konsumen kamu.

Masih banyak lagi tantangan yang harus di hadapi oleh pelaku bisnis. Berikut ini tantangan yang dihadapi pembisnis dalam hal pembayaran.

1. Keamanan Informasi

Tantangan yang Dihadapi Pembisnis dalam Hal Pembayaran

Dalam memilih metode pembayaran, hal yang paling harus kamu perhatikan adalah sistem keamanan informasi. Keamanan informasi mengenai transaksi yang telah di lakukan harus menggunakan metode pembayaran yang telah terpercaya.

Hal ini tidak hanya mereka yang berkecimpung dalam bisnis yang besar namun, bisnis menengah ke bawah maupun UMKM juga harus menggunakan metode pembayaran yang aman dan terpercaya.

Cara untuk melindungi keamanan kamu adalah jangan memilih password yang mudah. Usahakan jangan memilih dengan nomor berurutan seperti 12345.

Password dengan nomor berurutan mudah diketahui oleh banyak orang. Hindari juga untuk memilih password tanggal lahir, sebab orang-orang terdekat kamu akan mudah menebak password kamu.

Gunakan password yang rumit dan hanya diketahui oleh kamu. Jangan bagikan password akun pembayaran kamu kepada siapapun.

Usahakan untuk mengubah passwored setiap beberapa bulan sekali atau secara berkala. Hal ini untuk menghindari adanya orang-orang terdekat kamu yang mengetahui password kamu.

2. Biaya Transaksi yang Besar

Tantangan yang Dihadapi Pembisnis dalam Hal Pembayaran

Kamu pernah gak nih jadi beli barang karena biaya admin yang besar?. Biaya transaksi yang besar merupakan salah satu masalah yang harus di hadapi oleh konsumen.

Dengan biaya transaksi yang besar menyebabkan pelanggan mereka yang akan melakukan transaksi menjadi berpikir dua kali. Sebab mereka harus membayar lebih untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Program Loyalti Meningkatkan Penjualan

Oleh karena itu kamu harus dapat memilih metode pembayaran dengan biaya admin yang tidak terlalu besar. Bahkan saat ini banyak cara pembayaran dengan menggunakan uang elektronik tanpa biaya admin sama sekali.

Kamu juga dapat bebas transfer uang ke bank mana saja tanpa harus memikirkan biaya admin. Banyak pelanggan yang enggan membeli bukan karena tidak menyukai barang tersebut. Namun, karena biaya admin yang jika digabungnya menjadi besar.

3. Banyaknya Jenis Pembayaran

Apakah kamu saat ini hanya memiliki satu jenis pembayaran?. Jika iya maka kamu harus segera menambah layanan jenis pembayaran. Sebab saat ini banyak sekali jenis pembayaran yang dapat kamu lakukan. Dengan memiliki berbagai jenis pembayaran maka sama aja kamu memudahkan pelanggan dalam kemudahan bertansakasi.

Semakin banyak jenis pembayaran yang kamu lakukan. Maka akan semakin baik bagi bisnis kamu. Secara tidak langsung kamu juga meningkatkan pelayanan bisnis.

Jika kamu banyak menggunakan metode pembayaran. Pelanggan akan lebih mudah menyesuaikan metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal ini akan membuat banyak konsumen menjadi semakin nyaman ketika berbelanja dan melakukan transaksi dengan bisnis kamu. Jadi, mau tidak mau kamu harus memiliki berbagai jenis pembayaran non-tunai. 

4. Kemudahan Akses Transaksi

Seiring dengan perkembangan pesat layanan internet. Maka kamu harus harus dapat menyediakan layanan transaksi dengan mudah dan dapat di akses kapan saja tanpa terbatas waktu.

Hanya dengan membawa ponsel kamu sudah dapat membayar barang belanjaan kamu. Kamu sudah tidak membutuhkan dompet lagi pada saat belanja.

Namun, pada saat ini tidak semua tempat menyediakan pembayaran non tunai. Jika kamu berada di daerah perkotaan mudah untuk menemukan pembayaran non tunai. Namun, didaerah kota kecil masih jarang untuk menemukan pembayaran non tunai.

Oleh sebab itu, kamu dapat menyesuaikan pembayaran dengan lingkungan bisnis kamu. Pastikan kamu dapat memudahkan  konsumen dalam bertransaksi.

Sehingga jika kamu berada dikota kecil, kamu harus tetap membawa uang tunai. Jika ada pembayaran non-tunai, itupun pembayaran tertentu. Berbeda dengan situasi jika kamu tinggal di kota.

Kemudahan transaksi ini memudahkan kamu untuk bertransaksi. Jangan sampai dengan pembayaran non tunai ini malah membuat sulit kamu dalam bertransaksi.

Baca juga : Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Promosi di Media Sosial

Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang tepat cepat. Oleh karena itu Aplikasir adalah solusi terbaik bisnis kamu. Aplikasir adalah Aplikasi kasir dan toko online.

Tantangan yang Dihadapi Pembisnis dalam Hal Pembayaran – Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pelanggan bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat membuat struk dapur, pembelian bahkan kamu dapat mengirim struk langsung ke pelanggan.

Selain itu, kamu dapat gunakan Aplikasir dihandphone, laptop, maupun komputer. Aplikasi yang ringan dengan segudang manfaat.

Koneksi internet kamu terputus atau wifi kamu mati karena mati listrik?. Jika kamu menggunakan Aplikasir, kamu ga usah takut lagi tidak bisa melakukan transaksi dengan menggunakan Aplikasir.

Sebab, Aplikasir kini dapat kamu gunakan dengan mode offline. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir dapat membantu kamu menjual produk dengan menggunakan harga grosir maupun harga pokok. Aplikasir sangat cocok untuk berbagai usaha misalnya, membuat toko baju, toko sembako, mini market, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir. Dapatkan aplikasir sekarang juga dengan cara dwonload Aplikasir di playstore kamu, dan nikmati pemakaian gratis selama 30 hari.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
4 Cara Memulai Bisnis Online Agar Menghasilkan Cuan

5 Keuntungan Menjalani Kehidupan Sederhana

Menjalani kehidupan sederhana bukan berarti kamu membiarkan kehidupan kamu menjadi menderita dengan banyak kekurangan. Melainkan kehidupan tanpa kekhawatiran finansial. 5 Keuntungan Menjalani Kehidupan Sederhana – Pada saat  ini banyak orang…
Langkah Cerdas Memilih Influencer untuk Bisnis!

Langkah Cerdas Memilih Influencer untuk Bisnis!

Influencer merupakan seseorang yang memiliki pengaruh di masyarakat. Pada umumnya  seorang influencer memiliki jumlah followers yang banyak pada akun media sosialnya. Langkah Cerdas Memilih Influencer untuk Bisnis! – seseorang yang memiliki pengikut…
3 Cara Bisnis Hijab Modal Minim

Tips Mengembangkan Usaha Rumahan

Salah satu cara memperoleh penghasilan adalah dengan berbisnis. Banyak orang yang melakukan bisnis untuk banyak menghasilkan uang. Tips Mengembangkan Usaha Rumahan – Namun ada sebagian orang yang tidak memiliki modal…
Menggulung Keuntungan dari Usaha Minuman

Menggulung Keuntungan dari Usaha Minuman

Usaha minuman merupakan usaha yang populer saat ini. Setiap orang setiap harinya membutuhkan air untuk kebutuhan beraktifitas sehari-hari. Menggulung Keuntungan dari Usaha Minuman –  Pada saat ini banyak sekali orang…