5 Tips Mengelola Modal Usaha

5 Tips Mengelola Modal Usaha
Ketika kamu memutuskan untuk usaha tentunya kamu membutuhkan modal. Modal yang kamu butuhkan juga tergantung dari besar tidaknya bisnis akan kamu kelola. Semakin besar bisnis yang ingin kamu bangun tentunya semakin besar modal yang perlu kamu keluarkan.

5 Tips Mengelola Modal Usaha – Jika bisnis kamu dalam skala yang kecil, maka modal yang perlu kamu keluarkan juga kecil. Ada banyak berbagai macam usaha yang dapat kamu coba. Modal usaha tidak hanya dapat berupa uang saja.

Skill merupakan modal usaha yang harus kamu kuasai. Misalnya saja, kamu ingin memulai usaha kuliner. Tentunya kamu harus menguasai dasar-dasar dalam memasak. Tanpa adanya keahlian memasak maka usaha kamu tidak akan berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk dapat mempersiapkan segala kebutuhan modal yang ada. Agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar maka membutuhkan persiapan yang matang termasuk dalam modal.

Baca juga :  Tantangan Bisnis Kosmetik yang Perlu Kamu Ketahui

Pengelolahan modal sangat penting bagi pelaku bisnis kecil maupun pelaku bisnis besar.  Maka dari itu, selain rencana bisnis yang ,matang modal bisnis kamu juga harus matang. Kamu harus dapat memberikan yang terbaik untuk usaha kamu.

Dengan begitu, bisnis kamu akan berjalan dengan lancar. Masih bingung cara mengatur modal bisnis yang baik. Berikut ini 5 Tips Mengelola Modal Usaha yang perlu kamu ketahui.

1. Membuat Rekening yang Terpisah

5 Tips Mengelola Modal Usaha

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat rekening tabungan terpisah dari tabungan pribadi dan tabungan bisnis. Dalam bisnis sangat penting untuk memisahkan rekening tabungan pribadi dengan tabungan bisnis. Banyangkan saja, jika kamu tidak memisahkan tabungan pribadi dengan bisnis maka pemasukan bisnis kamu tidak dapat kamu lihat dengan jelas.

Selain itu, kamu juga dapat membelanjakan modal dari uang bisnis kamu jika kamu tidak memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Maka dari itu, sangat penting untuk dapat membuat rekening secara terpisah. Keuangan bisnis kamu akan terlihat jelas ketika kamu memisahkan rekening sendiri-sendiri.

Mungkin hal ini tergolong banyak disepelekan oleh banyak orang. Namun, dengan kamu memisahkan rekening usaha dan pribadi akan membuat uang bisnis kamu menjadi lebih mudah untuk di lihat. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apakah keadaan bisnis kamu dalam keadaan baik-baik saja atau tidak.

2. Hindari Pemborosan

5 Tips Mengelola Modal Usaha

Pemborosan merupakan hal yang harus di hindari oleh pelaku bisnis. Terlebih lagi bagi kamu yang sedang merintis bisnis. Maka dari itu, sangat penting untuk memisahkan keuangan keuangan bisnis dan keuangan pribadi.

Baca juga : 5 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal Dalam Memulai Bisnis

Pisahkan selalu keuntungan dan modal usaha kamu. Jangan sampai kamu menggunakan modal usaha untuk membeli barang atau berfoya-foya. Hal ini tentunya akan membuat diri kamu menjadi rugi dan bisnis kamu tidak dapat bertahan lama.

Kamu juga harus lebih berhati-hati dalam belanja untuk usaha. Misalnya saja, kamu membeli bahan baku untuk bisnis dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu saja akan membutuhkan biaya tambahan untuk pemeliharaan. Maka dari itu, kamu harus dapat memperhitungkan dengan matang.

3. Melakukan Penagihan Hutang

4 Manfaat Penggunaan Sofware Akuntansi

Pada saat kamu membuka usaha tentu ada saja konsumen yang membeli barang dengan cara berhutang atau kasbon. Maka dari itu, kamu  harus melakukan penagihan hutang kepada konsumen agar modal kamu dapat cepat terputar.

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk memudahkan konsumen ialah, sebelum kamu memberikan kasbon ada baiknya untuk membuat kesepakatan terlebih dahulu. Kamu dapat menanyakan kepada konsumen berapa lama ia akan membayar kasbon. Selain itu, kamu juga dapat membatasi kasbon pada usaha kamu.

Dengan begitu, modal kamu akan cepat berputar. Konsumen juga akan merasa senang karena ia dapat mengambil kasbon terlebih dahulu. Jika ada konsumen yang enggan membayar kasbonnya maka pada lain kesempatan kamu dapat tidak memberikan kasbon terlebih dahulu pada konsumen tersebut.

4. Membuat Laporan Laba Rugi

Solusi Memilih Niche Market Bisnis Online

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat laporan laba rugi. Dengan cara ini tentunya kamu dapat melihat keuntungan dari usaha kamu. Kamu juga dapat mengetahui kondisi keuangan kamu dengan mudah dengan membuat laporan laba dan rugi.

Namun, pada saat ini kamu sudah tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan bagaimana cara membuat laporan laba dan rugi. Kamu cukup menggunakan Aplikasir maka kamu akan dapat melihat secara otomatis laporan laba rugi usaha kamu.

Hanya dengan menggunakan Aplikasir maka segala kebutuhan bisnis kamu akan menjadi lebih mudah. Segala masalah bisnis dapat teratasi dengan menggunakan Aplikasir. Terlebih lagi Aplikasir juga cocok dgunakan untuk segala macam bisnis.

5. Membuat Rencana Keuangan

5 Alasan Mengapa Naik Transportasi Umum Lebih Untung

 

Hal yang tidak kalah penting dalam bisnis adalah membuat rencana keuangan dengan baik.  Ketika kamu sudah memiliki rencana keuangan yang matang maka kamu akan menjadi pedoman bagi kamu pada saat menjalankan bisnis. Maka dari itu, sebelum kamu berbisnis ada baiknya untuk membuar rencana keuangan dengan matang.

Pada saat kamu menjalankan bisnis kamu sudah memiliki pendoman yang tepat. Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

4 Cara Negosiasi dengan Supplier – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

 

You May Also Like
4 Tips Mengatur Keuangan Usaha Jasa

4 Tips Mengatur Keuangan Usaha Jasa

Keuangan merupakan salah satu pilar dalam bisnis. Displin dalam mengelola keuangan merupakan kunci kesuksesan bisnis. Tidak hanya pola marketing yang baik namun, sebagai pelaku bisnis kamu juga harus dapat mengelola…
Cara Membuat Usaha Pengiriman Barang, Berikut Ini!

Cara Membuat Usaha Pengiriman Barang, Berikut Ini!

Dari dahulu hingga saat ini, jasa pengiriman barang selalu di butuhkan oleh banyak orang. Terlebih lagi pada saat ini terdapat banyak e-commerce. Seiring dengan banyaknya e-commerce, tentunya jasa pengiriman barang semakin banyak di…
4 Jenis Usaha Grosir Modal Sedikit Untung Banyak

4 Jenis Usaha Grosir Modal Sedikit Untung Banyak

Usaha grosiran merupakan usaha yang sangat banyak peminatnya. Usaha grosiran sering kita jumpai di banyak tempat. Sebab usaha ini tergolong usaha yang mudah di jalankan. 4 Jenis Usaha Grosir Modal…