Belajar Empati untuk Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Belajar Empati untuk Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan
Kita sudah tidak asing dengan bisnis online. Dengan meningkatnya minat masyarakat berbelanja online, kini banyak pelaku bisnis yang tadinya hanya mengandalkan bisnis offline kini mulai merambah ke bisnis online.

Belajar Empati untuk Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan – Meski Anda sudah membuka toko online. Baik bisnis online dan offline membutuhkan kepuasan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan empati pelanggan.

Empati sangat penting bagi customer service atau pelayanan pelanggan. Pelaku bisnis online perlu menyadari bahwa empati dengan pelanggan sangat penting. Meski Anda tidak secara langsung berinteraksi dengan pelanggan.

Dengan adanya empati dari pihak pelanggan maka pelanggan akan merasa lebih di hargai. Sehingga pelanggan akan merasa nyaman ketika berbelanja di toko Anda. Sehingga pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

Baca juga :  4 Cara Cerdas Mengatasi Komplain Pelanggan

Pelanggan tentunya ingin mendapatkan pengalaman yang baik pada saat belanja. Maka dari itu, banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan.

Rasa empati penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Jika pelanggan sudah terlanjur nyaman dengan pelayanan bisnis kamu, maka mereka dapat menjadi pelanggan setia bisnis kamu.

Pelanggan akan terus mengulangi transaksinya karena dan dapat menjadi pelanggan yang royal. Maka dari itu pelaku bisnis harus menyadari bahwa empati terhadap merupakan hal yang paling penting. Lalu bagaimana cara empati yang baik dengan pelanggan. Berikut ini belajar empati untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

1. Meminta Maaf dengan Pelanggan

Belajar Empati untuk Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Dalam bisnis tidak selalu berjalan mulus. Kadang ada saja kendala yang harus Anda hadapi seperti komplain pelanggan. Setelah Anda menerima komplain dan hal tersebut memang murni dari kesalahan Anda maka Anda harus meminta maaf kepada pelanggan.

Tidak cukup dengan hanya meminta maaf. Anda kemudian harus mencarikan solusi yang bagi pelanggan. Misalnya Anda mengirim barang dengan keadaan cacat.

Maka Anda dapat memberikan solusi untuk mengirim kembali barang pesanan pelanggan. Pada awalnya konsumen mungkin kecewa, namun dengan etika baik Anda dapat kembali mengembalikan kepercayaan konsumen.

Pada saat konsumen komplain, jangan pernah sesekali untuk memotong pembicaraan. Hal akan memicu kemarahan dari sisi konsumen.  Jika kamu menghadapi situasi ini, hal yang dapat kamu lakukan adalah mendengarkan terlebih dahulu keluhan dari pelanggan.

Setelah selesai kamu dapat memberikan solusi terbaik pada pelanggan. Sebelum itu, pastikan pelanggan memberikan bukti terlebih dahulu bahwa kesalahan memang terbukti dari bisnis kamu.

2. Prioritaskan Pelayanan Sesuai dengan Kepentingan

Belajar Empati untuk Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Dalam bisnis online Anda tidak dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Namun pada umumnya banyak pelaku bisnis online yang menggunakan customer service. Jadi pelanggan dapat secara langsung berkomunikasi dengan bisnis Anda melalui chat.

Jika bisnis Anda sudah besar tentunya Anda juga sudah memiliki banyak konsumen. Banyak pelanggan pula yang ingin memulai percakapan dengan customer service. 

Baca juga :  Cara Meningkatkan Customer Satisfaction Bisnis Online

Namun tidak semua chat itu penting dan mendesak. Jika ada yang bertanya hal yang umum maka Anda dapat copy paste agar pekerjaan efiseien. Utamakan pertanyaan konsumen yang sangat penting dan mendesak.

Hal ini biasanya terjadi pada toko online yang sudah besar dan memiliki banyak pelanggan. Pada saat situasi ini akan banyak pelanggan yang bertanya. Terkadang banyak pelanggan yang bertanya padahal jawabannya sudah ada dalam informasi produk.

Hal ini yang menyebabkan banyak pesan dari konsumen. Namun banyak dari konsumen kamu yang enggan untuk membaca sehingga ia lebih memilih untuk bertanya saja. Hal ini yang menyebabkan banyaknya pesan.

3. Segera Mencari Solusi Terbaik

wkwkwk

Jika terjadi komplain dalam bisnis Anda. Tidak cukup hanya dengan meminta maaf dengan pelanggan. Anda harus dapat mencari solusi terbaik bagi konsumen. Sebelum Anda menawarkan solusi dengan konsumen. Anda harus memahami terlebih dahulu masalah yang ada dalam konsumen.

Apakah masalah tersebut terjadi karena murni kesalahan Anda sendiri atau kesalahan konsumen sendiri. Setelah memahami akar permasalahan, Anda dapat menawarkan beberapa solusi kepada konsumen. Kemudian Anda dapat membuat kesepakatan dengan konsumen.

Dalam menghadapi situasi ini kamu harus mengatasinya dengan sabar. Hal ini karena kamu berhadapan dengan konsumen yang sedang emosi. Oleh karena itu, dengarkan terlebih dahulu apa yang diinginkan oleh konsumen sambil kamu memikirkan jalan keluar yang terbaik.

4. Bersikap Empati Namun Memiliki Pendirian

Belajar Empati untuk Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan

Bersikap empati memang sangat penting, namun Anda juga harus memiliki pendirian. Jadi Anda juga harus tetap mengandalikan pelanggan. Cara yang dapat Anda coba ialah dengan tidak terlalu banyak memberikan pilihan solusi.

Baca juga :  Manfaat Customer Satisfaction untuk Toko Online

Anda dapat memberikan satu atau dua pilihan kepada konsumen. Atau Anda dapat mengarahkan langsung pelanggan ke solusi terbaik Anda. Dengan begitu Anda juga tidak membuat konsumen menjadi merasa kebingungan.

Dalam mengelola bisnis, Anda juga membutuhkan strategi marketing yang baik. Strategi yang banyak digunakan saat ini adalah dengan menggunakan media sosial dan website. Untuk membuat akun media sosial cukup mudah, Anda cukup mendwonload platfrom media sosial di playstore kemudian Anda hanya tinggal mendaftarkan akun secara gratis.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian hingga kepegawaian. Aplikasir dapat digunakan dihandphone, laptop maupun komputer. Kamu gak usah takut lagi bakalan kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir.

Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang– Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyempanan lagi. Salain itu Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Namun, penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dihandphone.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data. Mode offline Aplikasir hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone.

 Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Dalam mengelola bisnis Anda juga membutuhkan sofware aplikasi kasir pintar. Aplikasir merupakan solusi untuk bisnis Anda. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Dengan menggunakan Aplikasir membantu banyak pekerjaaan kasir dalam transaksi, mengelola stok barang dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore Anda. Nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Manfaatkan Pemasaran Online

Cara Bisnis Baju Anak, Raup Banyak Keuntungan

Pada masa saat ini bisnis fashion pakaian wanita lebih banyak digemari banyak orang. Namun ada bisnis yang tidak kalah banyak menguntungkan yaitu bisnis baju anak. Belum banyak orang yang mengetahui…
Manfaat Mengetahui Target Market Bisnis!

Manfaat Mengetahui Target Market Bisnis!

Target market merupakan sekumpulan kelompok pelanggan atau konsumen yang menjadi target bisnis. Pada umumnya pembisnis akan mengandalkan target market sesuai dengan karakter, jenis kelamin, rentan usia atau kebiasan yang di…
Resolusi Tahun Baru untuk Kelancaran Bisnis

Resolusi Tahun Baru untuk Kelancaran Bisnis

Saat ini kita telah tiba pada awal tahun baru 2023. Menyambuat tahun baru tentu saja kamu memiliki semangat yang baru. Resolusi Tahun Baru untuk Kelancaran Bisnis – Bagi kamu pelaku…
Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Berikut Ini

Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Berikut Ini

Menjelang lebaran tiba akan banyak bisnis yang mengalami peningkatan penjualan. Tidak terasa lebaran  sebentar lag. Kini banyak orang yang mulai mempersiapkan kebutuhan lebaran. Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Online Berikut…