Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kecil

Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kecil
Pada saat ini banyak orang yang membuat bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan. Meskipun hanya bisnis kecil-kecilan, namun Anda tetap harus memperhatikan laporan keuangan bisnis Anda.

Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kecil – Banyak pembisnis kecil yang tidak dapat berkembang karena tidak memperhatikan pendapatan yang ia miliki.

Baca juga : Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Mencampurkan pendapatan dari transaksi keuangan bisnis dengan uang pribadi merupakan kesalahan yang fatal. Sebab Anda tidak mengetahui secara pasti pendapatan yang Anda miliki.

Oleh karena itu memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi sangat penting untuk dilakukan. Meskipun jumlahnya pendapatan bisnis anda masih sedikit, namun memisahkan pendapatan pribadi dengan bisnis tetap harus Anda lakukan.

Anda seorang pembisnis kecil-kecilan yang belum dapat mengatur keuangan Anda. Berikut ini cara mengatur keuangan bisnis kecil.

1. Membuat Perencanaan

Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kecil

Meskipun bisnis Anda masih tergolong bisnis yang kecil. Namun tentu Anda berharap agar bisnis Anda dapat tumbuh menjadi besar. Untuk mengelola keuangan yang baik, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan. Buatlah perencanaan dalam jangkauan waktu tertentu.

Baca juga : Cara Cerdas Mengelola Restoran

Misalnya anda dapat membuat perencanaan bisnis dengan jangkauan perseminggu, dua minggu, sebulan tiga bulan dan sebagainya. Perencanaan bisnis ini sekaligus untuk mengukur target usaha Anda.

2. Membuat Rencana Budgeting Secara Detail

Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kecil

Membuat rencana budget merupakan kegiatan penting agar Anda dapat mengelola keuangan bisnis. Anda dapat membatasi membeli barang atau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Namun dalam membuat rencana budget, Anda harus membuat harga yang sesuai dengan harga di pasar.  Membuat anggaran yang tidak sesuai dengan harga pasar malah membuat rencana anggaran anda menjadi tidak sesuai.

Baca juga :  5 Cara Terbaik Bisnis Warung Kelontong

Dalam membuat rencana Anggaran, Anda membutuhkan sofware aplikasi yang dapat membantu Anda membuat rencana anggaran dengan rapi. Sofware aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membuat rencana anggaran adalah Aplikasir. Dengan menggunakan Aplikasir Anda dapat mencatat segala modal yang dikeluarkan

3. Menggunakan Laba Untuk Mengembangkan Usaha

Dalam berbisnis pasti Anda akan mendapatkan keuntungan atau laba. Namun, jangan gunakan laba yang Anda peroleh untuk bersenang-senang sepenuhnya. Anda dapat menyisihkan laba untuk kepentingan mengembangkan usaha. Anda dapat menganggarkan 10% hingga 20% untuk mengembangkan usaha Anda.

Baca juga :  5 Tips Sukes Bisnis Caffee yang Menguntungkan

Hal ini sangat penting, sebab zaman pada saat ini terus berkembang dengan pesat. Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi digital yang semakin hari semakin canggih. Agar bisnis kecil Anda cepat berkembang, Anda harus dengan capet mengembangkan usaha dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Dengan menyisihkan laba untuk mengembangkan usaha, maka usaha akan akan dapat berkembang sesuai dengan kemajuan zaman.

4. Menggunakan Sofware Pendukung Bisnis

Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kecil

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada saat ini kita hidup pada zaman kemajuan teknologi digital yang semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak perintis starup yang menjamur. Dalam dunia bisnis kini sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu bisnis Anda.

Baca juga :  Lika Liku Permasalahan Olshop yang Perlu Anda Ketahui

Aplikasi yang memiliki banyak fitur untuk kepentingan bisnis Anda adalah Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko Online. Anda dapat mudah untuk membuat website toko online sendiri dalam hitungan detik. Aplikasir juga menyediakan berbagai kebutuhan kasir dalam memproses orderan, membuat struk pembayaran, mencetak struk pembayaran dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore Anda!.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Cara Digital Marketing Bagi Pemula

Cara Digital Marketing Bagi Pemula

Pada masa kini strategi usaha sangat banyak. Banyak hal yang di lakukan oleh pelaku bisnis dalam melakukan promosi. Terlebih lagi kita hidup di era digital.  Cara Digital Marketing Bagi Pemula…
7 Usaha Sampingan Karyawan Buat Nambah Cuan

7 Usaha Sampingan Karyawan Buat Nambah Cuan

Bagi kamu yang sudah kerja tapi masih banyak cita-cita yang masih belum tercapai? Kamu dapat membuka usaha sampingan untuk nambahin cuanmu biar tambah banyak. Membuka usaha tidak harus dengan modal…
Intip 4 Tips Usaha Parcel Menjelang Imlek

Intip 4 Tips Usaha Parcel Menjelang Imlek

Menjelang perayaan imlek akan banyak peluang bisnis yang mulai bermunculan. Biasanya banyak yang memafaatkan momen ini untuk dapat meraup banyak keuntungan. Intip 4 Tips  Usaha Parcel Menjelang Imlek – Salah…
Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis

Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis

Brand Positioning merupakan sebuah strategi untuk dapat membangun citra brand agar selalu ada dalam benak pelanggan. Dapat dikatakan brand positioning sebuah benang merah antara brand dan pelanggan. Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis – Jika pelanggan…