Peran Customer Service dalam Bisnis Online

Peran Customer Service dalam Bisnis Online
Menjamurnya bisnis online juga dapat membuka lapangan pekerjaan yang baru. Salah satunya adalah customer service.

Peran Customer Service dalam Bisnis Online – Tentu kamu sudah tidak asing dengan pekerjaan customer service. Ketika kamu belanja online selalu ada saja form untuk menghubungi customer service.

Dalam lowongan kerja pada media sosial, banyak perusahaan startup atau perusahaan e-commerce yang membutuhkan customer service.

Customer service memiliki peran yang penting dalam bisnis online. Customer service merupakan mereka yang dapat berkomunikasi dengan konsumen.

Perlu kamu ingat bahwa bisnis online kamu tidak dapat berinteraksi langsung, kamu hanya dapat berkomunikasi melalui chat toko online, email dan lain sebagainya. Nah customer service adalah mereka yang memiliki tugas untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan.

Baca juga :  Hindari Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Customer service yang baik dapat mempertahankan pelanggan lama dan sekaligus mencari pelanggan baru. Jika peran customer service dapat berjalan dengan baik.

Maka kamu dapat merebut hati konsumen. Pekerjaan sebagai customer service tidak terbatas hanya untuk membalas pesan atau menanggapi keluhan pelanggan.

Ada banyak peran penting dari customer service bagi bisnis online. Mereka adalah garda terdepan dalam menghadapi pelanggan. Penasaran dengan peran customer service ?. Berikut ini peran customer service dalam bisnis online.

1. Memasarkan Produk

Peran Customer Service dalam Bisnis Online

Jika kamu hanya mengetahui peran customer service hanya menghadapi keluhan saja. Namun, yang sebenarnya terjadi customer service juga memiliki peran untuk memasarkan produk. Secara tidak langsung mereka juga harus mempromosikan barang atau jasa agar banyak konsumen yang menggunakannya.

Jadi selain memberikan informasi secara detail dan jelas kepada konsumen. Customer service juga harus dapat mempengaruhi konsumen agar mereka tidak hanya sekedar bertanya namun, juga melakukan transaksi juga.

Mereka dapat mempengaruhi pelanggan agar melakukan transaksi lebih banyak lagi. Oleh karena itu, customer service dituntut untuk selalu ramah dengan konsumen.

Jika ada masalah  maka kamu harus dapat bekerja secara profesional. Jangan sampai kamu meluapkan emosi kamu kepada konsumen.

2. Memberikan Informasi

Peran Customer Service dalam Bisnis Online

Seorang customer service memiliki tugas untuk memberikan informasi terkait dengan produk atau jasa bisnis kamu. Oleh karena itu, sebelum customer service bekerja terlebih dahulu mereka wajib melakukan training. Mereka harus menghafalkan produk hingga nanti dapat memberikan informasi kepada konsumen.

Baca juga :  Lakukan 4 Hal Ketika Kamu Merilis Produk Baru

Selain harus fasih dalam menghafalkan produk. Seorang customer service juga dapat memberikan informasi kepada pelanggan jika terjadi masalah.

Meskipun pada akhirnya mereka tidak membeli produk. Namun seorang customer service harus tetap bersikap ramah kepada setiap konsumen.

Sikap ramah ini akan meninggalkan kesan yang baik terhadap bisnis. Meskipun mereka banyak bertanya, seorang customer service harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

3. Menerima Keluhan

Peran Customer Service dalam Bisnis Online

Setiap kali konsumen mengalami masalah ketika belanja online. Mereka akan langsung mengadu kepada customer service. Salah satu tugas customer service yang banyak di ketahui oleh banyak orang adalah menerima keluhan. Setiap kali ada keluhan konsumen pasti akan langsung menanyakan kepada customer service.

Customer service juga harus dapat memberikan solusi dan jalan keluar bagi konsumen. Dalam setiap keluhan apapun customer service harus selalu bersikap ramah. Mereka harus mampu menghadapi konsumen yang mengadukan keluhan dengan suasanya yang tetap terasa ramah.

Selain itu kamu juga harus sabar dalam menghadapi konsumen. Kebanyakan konsumen yang mengeluarkan keluhannya adalah mereka yang sedang kesal. Jangan sampai malah konsumen menjadi lebih kesal karena menanggapi dengan ketus.

4. Mempertahankan Pelanggan

wkwkwkw

Tugas customer service yang lain adalah mempertahankan pelanggan. Customer service harus mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli kembali. Caranya adalah dengan mengucapkan terima kasih dan memberi kesempatan untuk konsumen memberikan kritik dan saran.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keramahan dengan konsumen. Meskipun kamu tidak bertemu langsung dengan konsumen. Jangan sampai kamu menunjukkan nada ketus kamu. Bisa-bisa pelanggan tidak mau lagi berbelanja di toko online kamu.

Kamu juga dapat menawarkan keanggotaan  member. Sampaikan keuntungan konsumen jika masuk dalam member. Buat konsumen agar tertarik bergabung menjadi member toko online kamu. Penawaran seperti ini akan membantu kamu untuk dapat mempertahankan pelanggan.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital. Kamu membutuhkan sarana yang dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja karyawan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk mengolah pekerjaan yang berhubungan dengan kasir, seperti penyetokan produk, struk pembayaran dan lain sebagainya.

Baca juga :  Gratis Ongkir Si Pemikat Hati Pembeli

Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan dan dapat di gunakan dalam berbagai jenis bisnis apapun. Seperti usaha UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk menjual produk barang dengan harga grosir maupun harga eceran. Selain itu, Aplikasir dapat digunakan baik dihandphone, laptop maupun tablet. Kamu gak usah takut lagi jika kamu kehabisan ruang jika menggunakan Aplikasir.

Sebab, Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan untuk digunakan sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan. Kini kamu juga dapat menggunakan Aplikasir dalam mode offline. Sehingga dapat menggunakan Aplikasir pada saat kamu kehabisan kuota atau wifi internet kamu sedang mati, kamu masih dapat menggunakan Aplikasir.

Penggunaan mode online ini masih terbatas. Sebaiknya kamu menggunakan mode offline ini hanya dalam keadaan darurat.

Mode offline hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Fitur yang dapat digunakan antara lain penjualan, pemasukan lain dan pengeluaran. Jumlah data pada penjualan, pemasukan lain dan pengeluaran yang dapat digunakan pada mode offline maksimal 50 data.

Selain itu, dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat membuat struk dapur, struk pembayaran konsumen. Bahkan kamu dapat mengirim struk pembayaran ke konsumen langsung melalui pesan whatsapp. 

Pastikan data konsumen termasuk nomor handphone sudah tersimpan dalam fitur data pelanggan. Hal ini agar kamu dapat langsung untuk mengirim struk melalui pesan whatsapp.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Dwonload Aplikasir sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis

Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis

Brand Positioning merupakan sebuah strategi untuk dapat membangun citra brand agar selalu ada dalam benak pelanggan. Dapat dikatakan brand positioning sebuah benang merah antara brand dan pelanggan. Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis – Jika pelanggan…
Tips Meningkatkan Brand Awareness dengan Endorsement

Tips Meningkatkan Brand Awareness dengan Endorsement

Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan branf awareness. Salah satunya adalah dengan endorsement. Tips Meningkatkan Brand Awareness dengan Endorsement – Endorsement merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness memalui tokoh terkenal yang memiliki pengaruh banyak bagi…
Apa Itu Paid Promote? Serta Manfaat bagi Bisnis

Apa Itu Paid Promote? Serta Manfaat bagi Bisnis

Mungkin Anda pernah mendengar istilah paid promote pada digital marketing atau tawaran pada instagram. Seiring dengan eksisnya pengguna media sosial saat ini melahirkan banyak strategi digital marketing. Apa Itu Paid Promote? Serta Manfaat bagi Bisnis…
Cara Bisnis Petshop, Simak Selengkapnya

Cara Bisnis Petshop, Simak Selengkapnya

Pada awalnya bisnis petshop sangat jarang bahkan tidak ada. Biasanya bisnis petshop, hanya terdapat di kota besar saja. Namun saat ini bisnis petshop kian menjamur. Bisnis ini menyediakan berbagai macam kebutuhan hewan…