Hindari Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Hindari Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online
Berbelanja di toko online bukan sesuatu yang aneh lagi. Kini banyak masyarakat Indonesia yang lebih suka memilih belanja online. Terbukti dengan lapak jualan online yang semakin beragam.

Hindari Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online – Selain itu ada banyak platform yang menawarkan jualan online mulai dari media sosial, e-commerce, website dan lain sebagainya.

Pada umumnya harga jual yang di tawarkan juga cenderung lebih murah jika di bandingkan kamu membeli offline. Belum lagi banyak program belanja online yang membuat kamu jadi ketagihan terus menerus untuk belanja online. Tidak hanya e-commerce, banyak orang yang lebih memilih belanja di website karena di anggap lebih aman.

Baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil bahkan usaha dalam bentuk UMKM sudah memiliki website. Website kini diibaratkan sebagai lapak toko kamu.

Baca juga :  Lakukan 4 Hal Ketika Kamu Merilis Produk Baru

Sejalan dengan perkembangan internet yang pesat. Kini website toko online kian menjamur. Bagaimna jika kamu telah lama berjualan online, namun toko kamu tidak mengalami perkembangan juga.

Ada suatu kesalahan yang mungkin tidak kamu sadari. Hal ini membuat bisnis kamu menjadi kurang berkembang.

Ada kesalahan yang tidak kamu sadari sehingga menyebabkan website toko online kamu menjadi tidak berkembang. Yuuk hindari kesalahan sepele ini saat mengelola toko online.

1. Deskripsi Produk Tidak Lengkap

Hindari Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Ketika kamu sengaja tidak menuliskan deskripsi atau informasi tidak lengkap, jangan anggap konsumen akan penasaran dengan produk kamu kemudian lanjut menghubungi kamu. Hal ini merupakan kesalahan besar. Kamu malah akan membuat konsumen menjadi tidak tertarik dengan produk kamu.

Mereka malah akan mengira kamu bukan penjual yang profesional. Hal ini menyebabkan banyak konsumen ragu untuk melakukan transaksi di website toko online kamu. Banyak juga konsumen yang pindah ke kompetitor kamu karena malas untuk menanyakan produk yang tidak lengkap deskripsinya.

Semua orang yang berbelanja online pasti akan membaca deskripsi produk terlebih dahulu sebelum membeli. Terlebih lagi jika kamu berjualan baju, maka konsumen kamu akan melihat terlebih dahulu informasi ukuran, bahan yang digunakan, model dan masih banyak lagi.

2. Tidak Up To Date

Hindari Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Perkembangan zaman yang sangat pesat ini juga mengubah trend yang sangat cepat pula. Jika kamu tidak memperbaharui tampilan website kamu, maka banyak konsumen yang bosen dengan tampilan yang tidak berubah. Kamu harus dapat memperharui website toko online. Jangan biarkan website toko online kamu mati seperti tidak ada aktifitas.

Baca juga :  Gratis Ongkir Si Pemikat Hati Pembeli

Oleh karena itu kamu dapat mengganti web banner secara berkala sehingga akan terkesan baru di mata konsumen. Kamu juga dapat membagikan konten yang bermanfaat bagi konsumen kamu dengan menulis blog. Dengan begitu website kamu tidak akan terlihat mati suri jika konsumen mengunjungi website kamu.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan inovasi pada produk kamu. Inovasi tidak harus sesuatu yang baru. Kamu dapat mengkombinasikan produk kamu dengan trend yang tengah berkembang saat ini.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua trend harus kamu ikuti. Kamu harus dapat menyesuaikan dengan produk kamu. Apakah trend tersebut cocok digunakan untuk produk kamu atau tidak.

Tidak semua trend dapat disesuaikan dengan bisnis kamu. Banyak pelaku bisnis yang hanya sekedar mengikuti trend tanpa memikirkan apakah trend yang berkembang sesuai dengan produk yang berkembang atau tidak.

Jadi, jangan asal mengikuti trend saja hanya untuk mengikuti kompetitor saja. Namun, kamu harus dapat menyesuaikan dengan produk kamu.

3. Petunjuk Pembelian yang Tidak Jelas

Bagi konsumen yang sering belanja di toko online atau konsumen yang sering berkunjung ke website kamu. Tentu sudah paham betul mengenai petunjuk pembelian. Namun, bagaimana dengan konsumen yang baru pertama belanja di website toko online kamu.

Mereka akan kebingungan jika kamu tidak memberikan petunjuk pembelian yang tidak jelas. Hal ini bisa jadi penyebab mengapa website toko online kamu tidak berkembang.

Usahakan untuk membuat panduan pada website kamu. Konsumen akan sangat terbantu dengan adanya panduan. Hal ini juga akan mengurangi pekerjaan kamu, karena konsumen tidak terlalu banyak bertanya.

Untuk lebih memudahkan konsumen, kamu juga dapat membuat panduan dalam bentuk video. Kebanyakan orang saat ini akan lebih cepat paham jika disajikan dalam bentuk video.  Jadi, semua pelanggan kamu tidak kebingungan lagi saat menggunakan website kamu.

4. Tidak Responsif

Hindari Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Pelayanan adalah salah satu komponen yang tidak boleh kamu sepelekan. Meskipun kamu menjual produk sebagus apapun dengan tampilan website yang keren. Namun jika kamu tidak menanggapi pertanyaan konsumen, maka konsumen enggan untuk melakukan transaksi di website toko online kamu.

Usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk. Meskipun terkadang pertanyaan yang masuk sudah ada dalam kolom deskripsi. Kamu harus tetep menjawab pertanyaan dengan baik.

Baca juga :  Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital. Kamu membutuhkan sarana yang dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja karyawan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk mengolah pekerjaan yang berhubungan dengan kasir, seperti penyetokan produk, struk pembayaran dan lain sebagainya.

 Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan bahkan pegawaian.

Kamu juga dapat menjual barang produk dengan harga grosir, dan harga ecer. Aplikasir dapat mencetak struk dapur, struk dapur bahkan kamu dapat mengirim langsung struk penjualan ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp.

Pastikan untuk data pelanggan dapat sudah terdaftar dalam fitur pelanggan agar bisa langsung membuat untuk dapat mengirim pesan whatsapp. Kamu gak usah pusing lagi jika kamu paket data atau wifi kamu sedang eror.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Mode Offline dapat digunakan menggunakan handphone. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir dapat membantu kamu menjual produk dengan menggunakan harga grosir maupun harga pokok. Aplikasir sangat cocok untuk berbagai usaha misalnya, membuat toko baju, toko sembako, mini market, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir. Dapatkan aplikasir sekarang juga dengan cara dwonload Aplikasir di playstore kamu, dan nikmati pemakaian gratis selama 30 hari.

Dwonload Aplikasir sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like

7 Usaha Penghasil Cuan

Beberapa bidang usaha mengalami masa kesulitan bahkan guling tikar pada masa pandemi covid-19. Membangun usaha tidaklah mudah, kamu harus banyak melalui banyak hal untuk mendapatkan sebuah kesuksesan. 7 Usaha Penghasil…
Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online

Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online

Seiring dengan menjamurnya e-commerce dan toko online membuat banyak pembeli yang juga gemar belanja online. Terlebih lagi belanja online saat ini sangat praktis. Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online – Dengan menggunakan ponsel saja kamu sudah…
Peran Customer Focus Agar Pelayanan Bisnis Maksimal

Peran Customer Focus Agar Pelayanan Bisnis Maksimal

Kunci kesuksesan sebuah perusahaan atau bisnis adalah memiliki banyak pelanggan. Tanpa adanya pelanggan sebagus apapun bisnis Anda maka bisnis Anda tidak akan dapat berkembang. Peran Customer Focus Agar Pelayanan Bisnis…
Cara Menghadapi Kerugian Bisnis

Cara Menghadapi Kerugian Bisnis

Dalam dunia bisnis pasti ada keuntungan dan kerugian. Setiap orang yang menjalani bisnis pasti mengalami keuntungan dan kerugian. Nah bagi kamu yang mengalami keuntungan tentunya kamu sangat bahagia. Usaha yang…