Strategi Customer Oriented, Bikin Bisnis Tambah Untung

Strategi Customer Oriented, Bikin Bisnis Tambah Untung
Pelayanan merupakan hal penting dalam bisnis untuk mendapatkan banyak pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan strategi yang tidak boleh di anggap remeh oleh pelaku bisnis. Sebab pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan Anda, akan mudah untuk berpaling ke kompetitor bisnis Anda.

Strategi Customer Oriented, Bikin Bisnis Tambah Untung – Tentunya hal ini menyadarkan kita bahwa pelayanan yang baik akan mempengaruhi pelanggan. Terlebih lagi jika pelanggan yang sudah merasa puas, maka ia akan menjadi customer loyalt.

Customer loyalt akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Semakin banyak customer loyalt maka peluang bisnis Anda untuk berkembang akan terbuka lebar. Sebab maju tidaknya suatu bisnis tergantung dari banyak atau tidaknya pelanggan. Lantas apa itu strategi customer oriented.

Baca juga :  Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Customer oriented merupakan strategi yang menempatkan pelanggan pada awal, tengah dan akhir transaksi. Strategi ini memfokuskan pelanggan sebagai fokus utama. Sebagai pelaku bisnis, Anda selalu berkomimetmen untuk memenuhi kebutuhan customer.

Tanpa adanya konsumen, bisnis kamu tentunya tidak akan berjalan sebagai mana mestinya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja.

Maka kamu perlu memberikan pelayanan semaksimal mungkin agar konsumen kamu menjadi pelanggan setia. Tidak heran bahwa saat ini banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Oleh karena itu strategi customer oriented tidak dapat hanya di lakukan oleh beberapa individu saja. Perlu kerja sama yang baik dari semua karyawan untuk berkomitmen memenuhi kebutuhan customer. Berikut ini strategi customer oriented, bikin bisnis tambah untung.

1. Membangun Brand Equity

Strategi Customer Oriented, Bikin Bisnis Tambah Untung

Brand equity merupakan strategi yang mengandalkan kekuatan merek. Dengan adanya brand equity pada produk Anda. Maka produk Anda akan mudah di kenali oleh banyak orang. Brand equity yang baik juga akan membantu customer untuk mengenali produk Anda dengan mudah.

Misalnya ketika produk Anda di pajang dalam rak swalayan. Dengan kategori produk yang sama, jika produk Anda memiliki brand equity yang baik, maka akan mudah untuk mengenali produk Anda.

Tentunya hal ini menjadi kekuatan tersendiri bagi merek produk kamu. Masyarakat luas dapat  dengan mudah untuk mengenali produk kamu.

2. Mendalami Selera Lokal

Strategi Customer Oriented, Bikin Bisnis Tambah Untung

Anda harus dapat melihat selera lokal yang ada di masyarakat. Membuat produk yang sesuai dengan selera mereka tentu akan membuat pelanggan menjadi merasa puas. Mereka bahkan tidak mempermasalhkan masalah harga. Anda juga dapat meningkatkan citra selera lokal menjadi lebih baik lagi.

Baca juga : Kiat Meningkatkan Customer Loyalt Raup Banyak Cuan!

Selera lokal merupakan celah bagi para pembisnis yang ingin menemukan jati diri mereka. Dengan memahami apa yang menjadi selera lokal, maka kamu sudah mampu menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Target pasar Anda juga akan semakin luas karena kebanyakan orang menyukai produk Anda. Dengan berkomitmen memenuhi pelanggan, maka bisnis Anda akan sesuai dengan keinginan banyak pelanggan.

3. Fokus pada Kepuasan

5 Ide Usaha Sampingan Karyawan

Untuk dapat meningkatkan pelanggan loyal maka anda harus menjamin kepuasan pada setiap pelanggan. Ada banyak cara untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan meminta pelanggan untuk mengisi survey kepuasan pelanggan. Anda juga dapat meminta kritik dan saran yang untuk bisnis Anda.

Namun untuk mewujudkan keinginan pelanggan tidak dapat di lakukan dengan satu orang saja. Anda perlu melibatkan semua karyawan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Semua karyawan harus melibatkan diri untuk dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan.

Pada saat ini banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengetahui kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah dengan membuka kolom bintang.

Pada umumnya, jika kamu memberikan bintang lima artinya konsumen sangat puas dengan pelayanan yang kamu berikan. Jika konsumen memberikan bintang satu, maka pelayanan yang kamu berikan pada konsumen  kurang baik.

 

4. Libatkan Semua Elemen Bisnis

dfhd

Untuk mencapai target kepuasan pelanggan, tidak hanya eleman internal bisnis saja. Namun, Anda juga perlu melibatkan semua pihak seperti distributor, mitra bisnis, penyuplai dan lain sebagainya.

Baca juga :  Kupas Tuntas Customer Retention Marketing dan Strateginya

Semua pihak memiliki peran tersendiri untuk mencapai strategi customer oriented yang baik. Semua elemen memiliki peran tersendiri yang saling terhubung.

Tujuan dari elemen bisnis ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Sehingga konsumen tidak akan mudah berpaling dari kompetitor.

Namun, Anda juga tidak boleh melupakan peralatan bisnis Anda. Terutama sofware kasir pintar. Dengan menggunakan sofware kasir pintar, maka kemungkinan terjadi kesalahan dalam transaksi akan semakin kecil.

Solusinya adalah Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir dan toko online. Dengan menggunakan Aplikasir Anda dapat mengetahui data transaksi, membuat toko online sendiri, membuat struk pembayaran sesuka hati dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer.

Kamu gak perlu khawatir lagi untuk dapat kehabisan ruang penyimpanan ketika menggunakan Aplikasir. Sebab, aplikasir merupakan aplikasir yang ringan, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat menjual barang dengan harga ecer maupun harga grosir.  Kamu bahkan dapat mengirim struk pembayaran langsung kepada konsumen melalui pesan whatsapps.

Strategi Customer Oriented, Bikin Bisnis Tambah Untung – Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Sebelum kamu mengirim struk ke pelanggan. Pastikan data pelanggan termasuk nomor whatsapp sudah ada difitur pelanggan.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis kamu. Mulai dari bisnis mini market, online shop, toko retail, toko pakaian, rumah makan atau restoran dan masih banyak lagi.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Dengan satu aplikasi, Anda dapat melakukan banyak pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan dan pengelolaan toko. Gak usah ragu lagi untuk menggunakan aplikasir dalam

Aplikasir sangat cocok untuk digunakan dalam usaha cafee, minimarket, online shop, restoran dan jenis usaha lainnya. Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Namun bagaimana cara pelaku usaha agar mendapatkan keuntungan yang banyak pada saat perayaan harbolnas ini?. Berikut ini strategi untung pada momen harbolnas bagi pembisnis.

Strategi Untung Pada Momen Harbolnas Bagi Pembisnis!

Harbonas merupakan Hari Belanja Online Nasional. Perayaan belanja online nasional semakin diminati masyarakat. Strategi Untung Pada Momen Harbolnas Bagi Pembisnis! – Banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika berbelanja pada saat harbonas.…
Kamu Ingin Jualan Online, Gunakan 5 Tips Ini

Kamu Ingin Jualan Online, Gunakan 5 Tips Ini

Media sosial kini tengah populer seiring dengan kemajuan teknologi digital. Banyak pengguna media sosial yang memanfaatkannya untuk melakukan melakukan bisnis. Tidak hanya produk rintisan, banyak merek ternama yang memanfaatkan media…
Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Pengelolahan stok barang merupakan hal yang tidak dapat di pisahkan dari bisnis. Anda tahu tidak jika pengelolahan barang yang tidak tepat akan membuat bisnis Anda menjadi kacau?. Simak Penyebab Kekurangan…
Cara Mengatur Keuangan Untuk Usaha Kecil

Cara Mengatur Keuangan Untuk Usaha Kecil

Pada saat ini banyak orang yang memutuskan untuk membuka bisnis. Bisnis merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang. Banyak orang yang mulai tergiur untuk berbisnis. Cara Mengatur Keuangan Untuk Usaha…