Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan
Dalam bisnis, customer merupakan faktor yang paling penting untuk membuat suatu bisnis dapat berkembang. Maka dari itu banyak cara yang di lakukan baik perusahaan besar maupun pembisnis kecil untuk dapat manarik banyak customer.

Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan – Kita juga sering mengenal pepatah bahwa “pembeli adalah raja”. Membangun hubungan yang baik antara pelanggan dan bisnis merupakan hal yang wajib untuk di lakukan.

Baca juga : Kiat Meningkatkan Customer Loyalt Raup Banyak Cuan!

Sebab bisnis Anda tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya pelanggan. Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Pelanggan merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Dapat diibaratkan pelanggan adalah sebuah aset yang penting dalam bisnis. Semakin banyak aset yang dimiliki oleh bisnis, maka akan semakin baik pula untuk kemajuan bisnis kamu.

Pelanggan tidak hanya membantu kamu untuk mendapatkan banyak keuntungan saja. Dengan adanya pelanggan membantu kamu untuk melakukan riset produk.

Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dengan berhubungan baik dengan pelanggan. Salah satunya adalah kamu dapat memberikan data yang nyata untuk perkembangan usaha melalui pelanggan. Daripada kamu menerka-nerka dengan firasat kamu yang belum tentu akurat. Lebih baik kamu memiliki data akurat dari pelanggan yang bersangkutan.

Kamu dapat mengetahui kebutuhan pelanggan tentunya dengan meminta saran dari pelanggan. Hal ini juga akan memudahkan kamu untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara luas dengan pelanggan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Berikut ini Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan.

1. Memenuhi Harapan Pelanggan

Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Agar anda dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, maka Anda harus dapat memenuhi harapan pelanggan. Bagaimana Anda akan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan jika Anda selalu mengecewakan harapan mereka terhadap produk Anda.

Baca juga :  Kupas Tuntas Customer Retention Marketing dan Strateginya

Misalnya, ketika ada konsumen yang membeli produk Anda secara online. Namun setelah sampai pada tujuan pelanggan, barang tersebut dalam keadaan cacat. Jika pelanggan memberikan komplain segera kirim ulang produk yang baru dengan memperbaiki  kesalahan Anda. Jangan lupa untuk mengucapkan maaf agar konsumen tidak merasa kecewa.

Memenuhi harapan pelanggan tidak melulu harus membuat produk yang sesuai dengan semua kebutuhan pelanggan. Perlu kamu ingat bahwa setiap pelanggan memiliki karakteristik sendiri-sendiri.

Sulit untuk dapat memenuhi segala permintaan setiap pelanggan. Oleh karena itu, kamu dapat membuat produk yang kebanyakan pelanggan membutuhkan produk kamu.

 

2. Meminta Feedback 

Feedback

Feedback  merupakan sebuah strategi untuk meminta ulasan, komentar, kritik atau saran mengenai produk Anda. Ada berbagai macam cara untuk meminta feedback pelanggan anda. Mulai dari mengisi survey atau ulasan langsung.

Cara ini sering kita jumpai ada saat berbelaja di e-commerce. Setelah pelanggan menyelesaikan proses orderan, maka pelanggan akan di minta untuk memberikan ulasan terkait produk yang Anda beli.

Cara ini sangat efektif untuk mengetahui kemauan pelanggan maupun kekurangan dalam bisnis Anda. Anda akan dapat langsung memperbaiki bisnis Anda jika ada kekurangan yang di rasakan oleh konsumen.

Baca juga :  Intip 4 Strategi Pemasaran Efektif Bisnis!

Selain itu feedback juga dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membuat sebuah inovasi produk terbaru. Semakin banyak ulasan positif, maka akan berdampak baik bagi bisnis kamu.

Ulasan positif akan membantu konsumen lain tertarik untuk membeli. Pelanggan yang berbelanja online umumnya akan melihat ulasan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika kebanyakan ulasan atau komentar positif mereka cenderung akan langsung mempercayai toko kamu. Namun, jika kebanyakan ulasannya negatif maka pelanggan akan cenderung akan langsung meninggalkan bisnis kamu.

3. Aktif di Media Sosial

Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Pada saat ini sudah umum jika media sosial di jadikan sebagai media untuk mempromosikan bisnis. Baik perusahaan besar maupun kecil kini sudah menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnisnya.

Namun, selain untuk mempromosikan bisnis, media sosial juga dapat Anda jadikan sebagai media untuk komunikasi dengan pelanggan. Jika akun bisnis Anda sudah memiliki jumlah followers yang banyak.

Maka akan banyak konsumen yang berkomentar mengenai produk Anda. Anda dapat memberikan jawaban yang tepat untuk komentar maupun pertanyaan dari pelanggan Anda.

Baca juga : Cara Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis Sesuai Platfromnya!

Pada saat ini media sosial memiliki peran yang penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Setiap orang pasti membuka media sosial setiap harinya. Media sosial tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk bersosialisasi saja.

Namun, kini media sosial berperan penting dalam promosi bisnis. Baik bisnis skala UMKM maupun bisnis skala besar kini telah memiliki akun media sosial.

 

4. Komunikasi Dengan Intens

Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Konsumen tentu tidak terlalu menyukai jika Anda hanya menggunakan komunikasi satu arah saja. Anda dapat berkomunikasi dua arah dengan pelanggan Anda. Libatkan mereka tentang apa saja yang mereka butuhkan. Sehingga Anda dapat menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga : Cara Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis Sesuai Platfromnya!

Komunikasi yang intens juga akan menjaga pelanggan Anda dari kompetitor lain. Selain itu pelanggan akan merasa lebih di hargai dan dapat meningkatkan customer loyalty.

Komunikasi dengan pelanggan membantu kamu untuk memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan. Selain itu, pelanggan yang sudah memiliki kedekatan tidak mudah untuk berpaling. Mereka cenderung akan menjadi pelanggan yang royal.

Anda juga membutuhkan sofware pintar untuk membantu kelancaran transaksi Anda. Jika ada konsumen yang membeli dalam jumlah banyak tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk kasir mencacat segala produk belanjaannya.

Nah kini sudah tidak perlu bingung lagi. Kini Anda dapat menggunakan AplikasirAplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online. Ada banyak fitur yang terdapat dalam aplikasir antara lain fitur membuat toko online dalam hitungan detik, rekap transaksi, barcode dan lain sebagainya.

Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan – Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk pembayaran bahkan kamu dapat mengirim struk pembayaran langsung ke pelanggan melalui pesan whatsapps.

Kamu juga gak perlu takut kehabisan ruang penyimpanan saat menggunakan aplikasir. Sebeb aplikasir merupakan aplikasi yang ringan untuk digunakan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi kehabisan ruang penyimpanan.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Mode offline hanya dapat digunakan pada saat keadaan darurat misalnya pada saat wifi internet kamu sedang mati atau kamu sedang kehabisan paket kuota internet. Selain itu, mode offline juga hanya dapat digunakan dihandphone. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Jadi tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore Anda. Nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
4 Alasan Mengapa Banyak Orang Tergiur Pinjol

Cara Promosi Website Pada Situs Sosial Media

Bagi kamu yang sudah terjun ke dalam bisnis online, kamu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan website. Website jualan online dapat di ibaratkan sebagai lapak dagang kamu. Cara Promosi Website Pada Situs Sosial Media – Jika…
Tips Cerdas Riset Pasar, Bikin Bisnis Banyak Cuan

Tips Cerdas Riset Pasar, Bikin Bisnis Banyak Cuan

Perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan jika produk yang di jual laku keras di pasaran. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan riset pasar. Tips Cerdas Riset Pasar, Bikin Bisnis Banyak…
Kenali Peran Marketing Communication Bisnis Online

Kenali Peran Marketing Communication Bisnis Online

Marketing communication atau komunikasi marketing merupakan hal yang penting dalam perkembangan bisnis Anda. Setiap bisnis apapun tidak akan berkembang tanpa adanya komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli. Kenali Peran Marketing Communication…