Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

Masa Pandemi merupakan masa yang suli bagi semua orang. Banyak usaha yang rugi bahkan gulung tikar karena pandemi covid-19. Bagi pelaku usaha dapat bertahan pada masa pandemi merupakan suatu keberkahan. Banyak pelaku usaha yang mulai memutar otak agar dapat mempertahankan bisnis pada masa pandemi covid-19. 

Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi – Perubahan yang terjadi pada masa pandemi covid-19 yang mempengaruhi bisnis. Banyak pebisnis yang harus memutar otak mengenai perubahan strategi pasar yang harus disesuaikan dengan pandemi covid-19. Mereka mau tidak mau beralih menggunakan media online sebagai sarana berbisnis.

Ada pebisnis yang memilih menutup bisnisnya dan beralih ke bisnis lain agar dapat bertahan. Ada juga yang terpaksa harus meminjam pinjaman bank untuk modal usaha dan lain sebagainya. Situasi yang sulit ini mendorong banyak pelaku bisnis untuk mengambil keputusan yang tidak mudah. Bagi kamu pelaku bisnis sebenarnya ada  beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisnismu tetap bertahan pada masa pandemi ini lho. Yuuk simak berikut ini.

Baca Juga : 5 Usaha Sampingan Bagi Fresh Graduate

1. Inovasi Produk

Inovasi Produk

Pada masa pandemi covid 19 saat ini, kamu perlu membuat inovasi produk sesuai dengan masa pandemi covid-19. Misalnya kamu membuka berjualan baju, nah pada masa pandemi covid-19 ini kamu dapat menambahkan masker yang motifnya sama dengan baju yang kamu jual. Dengan begitu akan ada banyak orang yang tertarik untuk membeli baju yang kamu jual. Kamu juga dapat menambahkan kebutuhan lain seperti strap mask yang menjadi trend fasion pada masa pandemi ini. Jika kamu menjual makanan, kamu juga dapat berinovasi dengan membuat produk makananmu menjadi bentuk frozen food sehingga akan lebih tahan lama.

2. Manjakan Pelanggan Untuk Mempertahankan Bisnis

Manjakan Pelanggan Untuk Mempertahankan Bisnis

Mempertahankan daya beli pelanggan pada masa pandemi covid-19 cukup sulit. Pandemi covid-19 menghimbau kita semua untuk membatasi aktivitas. Bagi pelaku usaha keadaan ini memang cukup sulit. Kamu dapat mensiasati dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan.  Misalnya jika produkmu adalah makanan, pada masa pandemi saat ini kamu menggunakan jasa ojek online atau kamu mengantarkan sendiri ke pelanggan produk makanan yang kamu buat. Dengan begitu pelangganmu tetap bisa menikmati makanan tanpa harus keluar rumah.

Lihat juga : Mau Jualan Makin Laris, Ikuti 3 Strategi Pemasaran Ini

3. Berjualan Sampingan Kebutuhan Kesehatan

Berjualan Sampingan Kebutuhan Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi covid- 19 membuat banyak orang harus lebih menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan begitu pada masa pandemi ini permintaan kebutuhan kesehatan di tengah masyarakat juga meningkat. Dengan membaca situasi ini, kamu dapat berjualan kebutuhan kesehatan seperti masker, hand sanitizer, vitamin dan lain sebagainya. Menjual kebutuhan kesehatan juga tidak mengeluarkan modal yang besar. Dengan kamu berjualan kebutuhan kesehatan, maka kamu juga akan menambah kantong penghasilanmu kan.

4. Penjualan Digital Untuk Mempertahankan Bisnis

Penjualan Digital Untuk Mempertahankan Bisnis

Kemajuan teknologi digital saat ini banyak membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan teknologi digital kamu juga dapat berjualan secara online. Terlebih pada masa pandemi covid-19 ini yang memaksa pelaku bisnis untuk berjualan secara online. Kamu dapat menggunakan media sosial sebagai sarana jualan online.

Untuk lebih menyakinkan pelanggan kamu dapat menggunakan aplikasi toko online. Salah satu aplikasi yang akan membantu kamu dalam berjualan online adalah Aplikasir. Dalam aplikasir sudah tersedia fitur yang akan memudahkan kamu dalam berjualan online. Salah satu fitur yang manarik adalah kamu dapat membuat sendiri struk pembayaran. Masih banyak lagi yang akan kamu dapatkan dari Aplikasir. Yuukkk tunggu apa lagi, buruan dwonload di playstore kamu.

You May Also Like
4 Tips Mendapatkan Modal Usaha

4 Tips Mendapatkan Modal Usaha

Memiliki usaha merupakan impian bagi semua orang. Namun, pencapaiannya tersebut tidak semudah yang kamu bayangkan. Ada banyak hal yang harus kamu pikirkan dalam membangun bisnis.  4 Tips Mendapatkan Modal Usaha…
Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam dunia pemasaran saat ini sudah banyak teknologi yang dapat di gunakan untuk dapat lebih mudah untuk menjangkau banyak konsumen. Mulai dari menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya.…
4 Alasan Bisnis Minuman Boba Banyak Peminatnya

4 Alasan Bisnis Minuman Boba Banyak Peminatnya

Bisnis kuliner memang sangat menggiurkan. Namun, bisnis minuman juga tidak kalah menguntungkannya. 4 Alasan Bisnis Minuman Boba Banyak Peminatnya – Salah satu produk kuliner yang banyak peminatnya adalah minuman saat…
4 Alasan Belanja Grosir Lebih Menguntungkan

4 Alasan Belanja Grosir Lebih Menguntungkan

Kamu saat ini tengah merintis usaha online shop atau warung kelontong?. Hal yang pasti  kamu pikirkan adalah kamu harus belanja barang atau produk untuk jualan kamu bukan. 4 Alasan Belanja Grosir Lebih…