Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

Masa Pandemi merupakan masa yang suli bagi semua orang. Banyak usaha yang rugi bahkan gulung tikar karena pandemi covid-19. Bagi pelaku usaha dapat bertahan pada masa pandemi merupakan suatu keberkahan. Banyak pelaku usaha yang mulai memutar otak agar dapat mempertahankan bisnis pada masa pandemi covid-19. 

Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi – Perubahan yang terjadi pada masa pandemi covid-19 yang mempengaruhi bisnis. Banyak pebisnis yang harus memutar otak mengenai perubahan strategi pasar yang harus disesuaikan dengan pandemi covid-19. Mereka mau tidak mau beralih menggunakan media online sebagai sarana berbisnis.

Ada pebisnis yang memilih menutup bisnisnya dan beralih ke bisnis lain agar dapat bertahan. Ada juga yang terpaksa harus meminjam pinjaman bank untuk modal usaha dan lain sebagainya. Situasi yang sulit ini mendorong banyak pelaku bisnis untuk mengambil keputusan yang tidak mudah. Bagi kamu pelaku bisnis sebenarnya ada  beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisnismu tetap bertahan pada masa pandemi ini lho. Yuuk simak berikut ini.

Baca Juga : 5 Usaha Sampingan Bagi Fresh Graduate

1. Inovasi Produk

Inovasi Produk

Pada masa pandemi covid 19 saat ini, kamu perlu membuat inovasi produk sesuai dengan masa pandemi covid-19. Misalnya kamu membuka berjualan baju, nah pada masa pandemi covid-19 ini kamu dapat menambahkan masker yang motifnya sama dengan baju yang kamu jual. Dengan begitu akan ada banyak orang yang tertarik untuk membeli baju yang kamu jual. Kamu juga dapat menambahkan kebutuhan lain seperti strap mask yang menjadi trend fasion pada masa pandemi ini. Jika kamu menjual makanan, kamu juga dapat berinovasi dengan membuat produk makananmu menjadi bentuk frozen food sehingga akan lebih tahan lama.

2. Manjakan Pelanggan Untuk Mempertahankan Bisnis

Manjakan Pelanggan Untuk Mempertahankan Bisnis

Mempertahankan daya beli pelanggan pada masa pandemi covid-19 cukup sulit. Pandemi covid-19 menghimbau kita semua untuk membatasi aktivitas. Bagi pelaku usaha keadaan ini memang cukup sulit. Kamu dapat mensiasati dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan.  Misalnya jika produkmu adalah makanan, pada masa pandemi saat ini kamu menggunakan jasa ojek online atau kamu mengantarkan sendiri ke pelanggan produk makanan yang kamu buat. Dengan begitu pelangganmu tetap bisa menikmati makanan tanpa harus keluar rumah.

Lihat juga : Mau Jualan Makin Laris, Ikuti 3 Strategi Pemasaran Ini

3. Berjualan Sampingan Kebutuhan Kesehatan

Berjualan Sampingan Kebutuhan Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi covid- 19 membuat banyak orang harus lebih menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan begitu pada masa pandemi ini permintaan kebutuhan kesehatan di tengah masyarakat juga meningkat. Dengan membaca situasi ini, kamu dapat berjualan kebutuhan kesehatan seperti masker, hand sanitizer, vitamin dan lain sebagainya. Menjual kebutuhan kesehatan juga tidak mengeluarkan modal yang besar. Dengan kamu berjualan kebutuhan kesehatan, maka kamu juga akan menambah kantong penghasilanmu kan.

4. Penjualan Digital Untuk Mempertahankan Bisnis

Penjualan Digital Untuk Mempertahankan Bisnis

Kemajuan teknologi digital saat ini banyak membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan teknologi digital kamu juga dapat berjualan secara online. Terlebih pada masa pandemi covid-19 ini yang memaksa pelaku bisnis untuk berjualan secara online. Kamu dapat menggunakan media sosial sebagai sarana jualan online.

Untuk lebih menyakinkan pelanggan kamu dapat menggunakan aplikasi toko online. Salah satu aplikasi yang akan membantu kamu dalam berjualan online adalah Aplikasir. Dalam aplikasir sudah tersedia fitur yang akan memudahkan kamu dalam berjualan online. Salah satu fitur yang manarik adalah kamu dapat membuat sendiri struk pembayaran. Masih banyak lagi yang akan kamu dapatkan dari Aplikasir. Yuukkk tunggu apa lagi, buruan dwonload di playstore kamu.

You May Also Like
Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan konsumen yang memiliki perbedaan mulai dari perilaku, budaya, kebutuhan dan lain sebagainya. Mungkin istilah segmentasi masih terasa asing. Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis! – Namun pada…
Cara Membuat Caption Menarik untuk Akun Bisnis

Cara Membuat Caption Menarik untuk Akun Bisnis

Pada saat banyak orang yang berjualan di media sosial. Salah satu media sosial yang kini banyak penggunanya adalah instagram. Hampir semua orang pada saat ini memiliki akun instagram. Pada saat…
Namun bagaimana cara pelaku usaha agar mendapatkan keuntungan yang banyak pada saat perayaan harbolnas ini?. Berikut ini strategi untung pada momen harbolnas bagi pembisnis.

Strategi Untung Pada Momen Harbolnas Bagi Pembisnis!

Harbonas merupakan Hari Belanja Online Nasional. Perayaan belanja online nasional semakin diminati masyarakat. Strategi Untung Pada Momen Harbolnas Bagi Pembisnis! – Banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika berbelanja pada saat harbonas.…