Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet

Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet
Sovenir merupakan hal yang selalu ada dalam setiap pesta pernikahan. Bentuknya tidak harus mewah namun, banyak sovenir sederhana namun berguna bagi tamu undangan.

Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet – Sovenir pernikahan juga dapat berfungsi sebagai kenang-kenangan pada acara pernikahan sehingga banyak pasangan pengantin yang menulis nama inisial mereka. Kebutuhan souviner pernikahan juga pasti akan banyak.

Oleh karena itu, peluang bisnis pada bidang sangat menjanjikan. Bagi pasangan yang merencanakan pernikahan tentunya ingin memberikan sovenir terbaik untuk tamu undangan. Mungkin ada beberapa atau sebagian orang yang membuat acara pernikahan secara sederhana atau tertutup.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa sifat dari sovenir adalah memorabilia jadi akan terus dicari. Pilihan jenis sovenir juga berbagai macam mulai dari peralatan menulis seperti bulpen, akseseris, perlengkapan masak dan lain sebagainya.

Baca juga : 4 Tips Pintar Memilih Aplikasi Kasir untuk UMKM

Dengan adanya banyak pilihan sovenir ini juga akan membuat pelanggan menjadi lebih tertarik untuk belanja sovenir untuk pernikahan. Pasangan yang akan menikah tentunya ingin memberikan kesan terbaik untuk tamu undangan.

Oleh karena itu, mereka juga akan memberikan sovenir terbaik yang dapat disesuaikan dengan anggaran konsumen. Kamu tertarik untuk bisnis sovenir?. Berikut ini Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet yang perlu kamu ketahui.

1. Menentukan Modal Usaha

Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet

Hal yang perlu kamu pikirkan pertama kalinya adalah modal usaha. Seberapa besar kamu akan mengalokasikan uang kamu untuk bisnis ini. Kamu juga harus menentukan terlebih dahulu apakah kamu akan produsen atau distributor sovenir pernikahan.

Baik produsen dan distributor memiliki keuntungan dan kekurangan sendiri-sendiri.  Jika kamu memilih menjadi sebagai seorang distributor maka kamu dapat memproduksi barang sovenir kamu sendiri. Keuntungan yang akan kamu dapatkan akan lebih banyak. Namun,  modal yang kamu keluarkan juga lebih banyak.

Berbeda, jika kamu menjadi distributor, kamu dapat memulai bisnis ini dengan modal yang sedikit. Kunci dari bisnis ini ialah kamu harus dapat menemukan supplier yang dapat bekerja sama dengan baik. Supplier sangat mempengaruhi perkembangan bisnis kamu ke depannya.

2. Menentukan Jenis Sovenir

Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet

Berikutnya, kamu harus memikirkan jenis sovenir apa yang ingin kamu jual. Pada saat ini juga ada banyak jenis sovenir yang kamu pilih sebagai barang dagangan kamu. Usahakan untuk dapat membuat banyak pilihan jenis sovenir.

Semakin banyak pilihan jenis sovenir yang kamu miliki, maka konsumen juga akan lebih banyak pilihan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan perkembangan trend yang sedang terjadi dalam masyarakat. Bisnis sovenir juga memiliki trend seperti bisnis aksesoris atau fashion.

Baca juga : 5 Tips Cerdas Memilih Program Kasir

Misalnya saja, pada saat ini banyak konsumen yang memilih sovenir pernikahan mereka berupa peralatan rumah tangga yang dapat bermanfaat seperti spatula, sendok sayur dan lain sebagainya. Berbeda dengan jaman dulu yang kebanyak sovenir pernikahan berupa hiasan seperti bros dan lain sebagainya.

Dengan memahami kondisi pasar maka akan memudahkan kamu untuk dapat merekomendasikan informasi mengenai sovenir jenis seperti apa yang sedang trend. Sesuatu yang sedang trend atau viral juga cenderung banyak di buru oleh konsumen.

3. Promosi

5 Peluang Bisnis Custom Case HP yang Bikin Takjub

Setiap bisnis tentu saja membutuhkan promosi. Dengan kamu melakukan promosi tentu saja akan banyak orang mengetahui bisnis kamu. Bagaimana konsumen akan datang ke toko sovenir kamu jika kamu saja tidak melakukan promosi.

Terlebih lagi pada saat ini kamu dapat dengan mudah untuk melakukan promosi melalui media sosial. Sudah bukan soal rahasia lagi jika media sosial saat ini digunakan sebagai media promosi.  Bahkan promosi melalui media sudah menjadi kewajiban bagi pelaku bisnis.

Dengan media sosial kamu dapat menjangkau konsumen lebih luas. Konsumen tidak hanya berada dalam satu wilayah melainkan bisa hingga luar kota. Selain itu, promosi menggunakan media sosial dapat kamu lakukan secara gratis.

Bagi kamu yang terkendala modal, maka melakukan promosi dengan media sosial menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena akan lebih menghemat anggaran untuk promosi dan dapat kamu gunakan untuk kepentingan lainnya.

4. Mengadakan Promosi

5 Stretegi Cerdas Bisnis Minimarket

Konsumen mana sih yang tidak menyukai promosi. Semua konsumen juga menyukai promosi. Kamu juga dapat menerapkan cara ini agar konsumen juga tertarik dengan bisnis kamu.

Produksi yang banyak akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produksi sedikit. Oleh karena itu, kamu dapat menawarkan kepada konsumen kamu jika membeli dalam jumlah banyak maka akan mendapatkan diskon. Terlebih lagi jika kamu memberikan diskon pada saat setelah lebaran dimana banyak orang yang mengadakan pernikahan.

Baca juga :  5 Peluang Bisnis Custom Case HP yang Bikin Takjub

Hal ini tentu saja dapat menarik perhatian konsumen. Selain itu, kamu juga dapat melakukan promosi dari mulut ke mulut atau ke orang sekitar kamu. Meskipun lingkupnya kecil namun, promosi dari mulut ke mulut ini cukup menyakinkan konsumen.

Terlebih lagi jika yang merekomendasikan adalah teman atau kerabat terdekat sendiri. Mereka tidak akan berfikir panjang terlalu lama untuk yakin membeli sovenir pada toko kamu. Maka dari itu kamu harus melakukan segala promosi agar banyak konsumen yang tertarik dengan sovenir kamu.

 

You May Also Like
4 Alasan Bisnis Bakery Berkembang Pesat

4 Alasan Bisnis Bakery Berkembang Pesat

Dari banyak jenis bisnis kuliner yang, salah satu bisnis yang saat ini mengalami perkembangan bisnis kuliner yang sangat pesat adalah bisnis bekery. Bisnis bakery ini merupakan bisnis yang tidak ada…
Manfaat Aplikasir Bagi Restoran

Manfaat Aplikasir Bagi Restoran

Bisnis kuliner dapat di katakan bisnis yang tidak pernah matinya. Setiap manusia pasti membutuhkan makanan. Dengan berkembangnya bisnis kuliner, sebagai pembisnis kuliner Anda membutuhkan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam…
Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya

Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya

Anda pernah membeli produk karena sistem promosinya yang mengingatkan pada kejadian di masa lalu. Lalu anda membeli produk tersebut sambil mengingat masa lalu yang menyenangkan. Apa Itu Nostalgia Marketing dan…