Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis

Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis

 Pada saat membangun bisnis tentunya kamu membutuhkan manajeman keuangan yang jelas untuk menjalankan usaha kamu. Kamu harus dapat memisahkan keuangan pribadi, modal bisnis dan keuntungan bisnismu. 

Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis

Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis – Kamu perlu menyiapkan kantong khusus bisnis. Nah jika kamu masih tidak bisa manajeman keuangan ketika kamu membangun bisnis, kamu akan kebingungan. Kamu tidak mengetahui uang mana yang menjadi modal bisnismu dan uang mana yang menjadi uang pribadimu.

Jangan sampai kamu menggunakan uang modal bisnis untuk keperluan pribadimu. Kamu tidak mau kan bisnis kamu jadi hancur sia-sia karena kamu tidak bisa mengetahui cara mengolah keuangan bisnis. Nah kamu bisa mengikuti lima tips cara mengelolah keuangan bisnis sebagai berikut.

Baca juga : Tips Berbisnis Pada Masa Pandemi Covid 19

1.Pisahkan Antara Keuangan Pribadi dan Bisnis

Pisahkan Antara Keuangan Pribadi dan Bisnis

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengelolah keuangan ialah dengan cara memisahkan uang pribadi yang kamu miliki dengan uang milik bisnis. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat akun rekening untuk diri pribadi kamu dan rekening atas nama usaha kamu. Dengan kamu memisahkan rekening pribadi dan usaha, akan meminimalisir uang pribadi dan usaha tercampur.

Kamu tidak dapat membelanjangan uang usahamu karena menggunakan akun rekening yang berbeda. Jika kamu sudah memiliki akun bisnis sendiri kamu perlu berkomitmen untuk menggunakan uang usaha hanya untuk keperluan usaha. Nah hal ini dapat dilakukan secara terus menerus.

2. Buat Anggaran Setiap Bulan

Buat Anggaran Setiap Bulan

Membuat anggaran setiap bulan membuat anggaran yang kamu keluarkan menjadi lebih tertata rapi. Nah dengan kamu dengan kamu membuat anggaran setiap bulan, kamu dapat membuat perkiraan mengenai anggaran yang harus kamu keluarkan. Kamu dapat menambahkan atau mengurangi anggaran sesuai dengan kebutuhan. Nah dengan membuat anggaran setiap bulan juga meminimalisir kerugian yang mungkin akan kamu alami. Jadi jangan malas ya untuk membuat anggaran setiap bulannya.

 

3. Buat Laporan Keuangan Setiap Bulan

Buat Laporan Keuangan Setiap Bulan

Membuat laporan keuangan setiap bulan merupakan sesuatu yang penting. Dalam laporan keuangan harus tercatat jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran dalam berbisnis. Dari laporan keuangan kamu dapat mengetahui laba yang kamu kamu perolah. Dari laporan keuangan kamu juga dapat mengevaluasi bisnis kamu saat ini.

Jika kamu masih bingung dalam membuat laporan keuangan, kamu dapat menggunakan aplikasi aplikasir yang membantu kamu mendapatkan laporan keuangan bisnis. Aplikasi aplikasir sudah dapat dengan mudah kamu dapatkan di playstore secara gratis.

Dwonload Juga : Aplikasir 

4. Menghindari Pinjaman

Menghindari Pinjaman

Lebih baik kamu menghindari pinjaman atau hutang pada saat kamu membuka bisnis. Berhutang memang tidak sepenuhnya sesuatu yang salah tetapi jika bisa dihindari mengapa tidak.  Jika kamu meminjam uang pada saat kamu berbisnis, kamu memiliki kewajiban untuk membayar angsuran pada setiap bulannya. Nah angsuran ini membuat kamu tidak dapat mendapatkan keuntungan secara penuh.  Jadi lebih baik kamu tidak melakukan hutang pada saat kamu berbisnis.

 

5.  Gunakan Laba Untuk Memajukan Bisnis

Menghindari Pinjaman

Jika dalam bisnis kamu sudah mendapatkan keuntungan, kamu jangan berfoya-foya dulu ya. Kamu dapat menggunakan keuntungan dari bisnismu untuk memajukan bisnismu. Kamu dapat membeli alat atau barang penunjang bagi bisnis kamu, atau kamu juga dapat mengganti fasilitas di toko atau kantor.

Nah kamu juga dapat menggunakan keuntungan bisnismu dengan berinvestasi di bidang usaha lain agar sumber keuanganmu menjadi lebih banyak. Gunakanlah keuntungan bisnismu untuk hal-hal yang bermanfaat ya sehingga jika suatu hari nanti kamu mengalami kesulitan keuangan kamu sudah dapat menanganinya sendiri.

 

You May Also Like
Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan

Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan

Di setiap kota pasti kamu akan banyak menemukan orang yang berjualan bubur ayam. Bubur ayam merupakan makanan yang mudah di temui. Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan – Kebanyakan orang…
Manfaat Mengetahui Target Market Bisnis!

Manfaat Mengetahui Target Market Bisnis!

Target market merupakan sekumpulan kelompok pelanggan atau konsumen yang menjadi target bisnis. Pada umumnya pembisnis akan mengandalkan target market sesuai dengan karakter, jenis kelamin, rentan usia atau kebiasan yang di…
Mengintip Potensi Bisnis Digital 2022

Mengintip Potensi Bisnis Digital 2022

Pada saat ini perkembangan digital semakin meluas. Banyak orang yang mulai perkembangan dunia digital. Hal ini menyebabkan pada tahun 2022 nanti bisnis digital akan banyak diminati. Mengintip Potensi Bisnis Digital…
4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Usaha Kecil

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Usaha Kecil

Memulai suatu bisnis dapat di lakukan oleh siapa saja. Memulai bisnis juga tidak harus dengan modal yang besar. 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Usaha Kecil – Alangkah lebih baiknya…