Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!
Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan konsumen yang memiliki perbedaan mulai dari perilaku, budaya, kebutuhan dan lain sebagainya. Mungkin istilah segmentasi masih terasa asing.

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis! – Namun pada kenyataannya segmentasi pasar memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis lho. Ada 7 jenis segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui antara lain segmentasi pasar demografis, segmentasi pasar geografis, segmentasi pasar benefit, segmentasi pasar perilaku konsumsi, segmentasi pasar waktu khusus, segmentasi pasar psikografis, segmentasi pasar sociocultural.

Perbedaan-perbedaan tersebut akan di kelompokkan menjadi menjadi satu kelompok hemogen yang nantinya akan menjadi target pasar. Segmentasi pasar akan memiliki banyak manfaat bagi brand kamu.

Baca juga : Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Hal ini karena segmentasi pasar telah membagi kelompok-kelompok konsumen. Jadi kamu dapat menyesuaikan produk pasar kamu dengan segmentasi pasar yang sesuai. Lantas apa saja tujuan segmentasi pasar untuk kampaye brand kamu. Berikut ini tujuan segmentasi pasar dalam bisnis.

1. Strategi Pemasaran yang Lebih Terarah

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Tujuan pertama segmentasi pasar adalah strategi pamasaran yang lebih terarah. Segmentasi pasar di bagi ke dalam beberapa kelompok. Hal ini akan mempengaruhi strategi pemasaran suatu brand. Jadi promosi yang akan kamu lakukan akan lebih terarah sebab kamu mengetahui bagaimana karakteristik kelompok segmentasi pasar kamu.

Setiap kelompok segmentasi pasar memiliki kriteria yang berbeda-beda. Oleh karena itu kamu dapat menyesuaikan segmentasi pasar produk kamu. Misalnya saja kamu memiliki brand sepatu. Kamu dapat menyesuaikan segmentasi pasar geografis. Apakah segmentasi pasar kamu untuk orang yang tinggal di daerah perkotaan atau di desa. Sepatu dengan geografis kota akan lebih fashionable karena di pakai di gedung. Sedangkan sepatu dengan geografis pedasaan mengutamakan kualitas yang tahan lama karena di pakai di medan yang lebih berat.

2. Menemukan Peluang Baru

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Segmentasi pasar dapat membantu kamu untuk menemukan peluang pasar kamu. Dengan memhami segmentasi pasar yang ada akan menambah wawasan kamu terkait dengan kebutuhan konsumen. Misalnya saja kamu memiliki bisnis minuman.

Baca juga : Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Menemukan Konsumen

Ketika kamu memasarkannya kepada konsumen yang memiliki tingkat pendidikan yang tingga dan ekonomi yang tinggi, mereka kan cenderung mengutamakan rasa dan kesehatan. Bahkan mereka rela lho untuk membayar dengan harga yang tinggi asalkan mendapatakan minuman dengan kualiatas yang bagus dan tidak menganggu kesehatan.

3. Strategi Komunikasi Efektif

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Setiap segmentasi pasar memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dengan karakteristik yang berbeda ini tentunya cara komunikasi tidak dapat di sama ratakan. Hal ini juga di pengaruhi oleh tingkat pendidikan, budaya, status sosial dan lain sebagainya.

Misalnya saja produk yang kamu tawarkan ialah produk bumbu dapur. Kebanyakan konsumen kamu adalah ibu rumah tangga. Pada saat ini ibu rumah tangga juga ada yang berkarir atau tidak. Cara penyampaiannya agar pesan yang kamu sampaikan dapat tersampaikan dengan baik tentu berbeda. Misal ibu rumah tangga dapat kamu kampayekan melalui media sosial, internet sedangkan ibu rumah tangga biasa dapat kamu sampaikan lebih tradisional.

4. Lebih Hemat Anggaran Pemasaran

Dengan kamu memahami karakteristik segmentasi pasar kamu. Kamu tentunya akan membuat kampeye produk yang sesuai dengan karakteristik segmentasi pasar kamu. Hal ini lebih hemat di bandingkan kamu membuat banyak kampaye brand tanpa mengetahui segmentasi pasar kamu.

Baca juga :  3 Pengaruh Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui!

Di tengah perkembangan dunia teknologi digital yang makin hari makin berkembang dengan cepat. Kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar untuk menunjang pelayanan yang cepat dan tepat. Solusinya ialah Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir pintar dan toko online. Aplikasir dapat membantu kamu untuk melayani pelanggan dengan cepat.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload aplikasir sekarang juga di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) Bisnis

Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) Bisnis

Point of sale (POS) merupakan sistem kasir digital yang pada umumnya berbentuk aplikasi atau sofware. Point of sale atau POS dapat membantu sistem bisnis kamu menjadi lebih mudah dan cepat. Manfaat Menggunakan…
Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam dunia pemasaran saat ini sudah banyak teknologi yang dapat di gunakan untuk dapat lebih mudah untuk menjangkau banyak konsumen. Mulai dari menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya.…
Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bisnis adalah pelanggan. Pelanggan yang memiliki loyalitas yang tinggi akan membuat bisnis kamu menjadi sukses. Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan –…