Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!
Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan konsumen yang memiliki perbedaan mulai dari perilaku, budaya, kebutuhan dan lain sebagainya. Mungkin istilah segmentasi masih terasa asing.

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis! – Namun pada kenyataannya segmentasi pasar memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis lho. Ada 7 jenis segmentasi pasar yang perlu kamu ketahui antara lain segmentasi pasar demografis, segmentasi pasar geografis, segmentasi pasar benefit, segmentasi pasar perilaku konsumsi, segmentasi pasar waktu khusus, segmentasi pasar psikografis, segmentasi pasar sociocultural.

Perbedaan-perbedaan tersebut akan di kelompokkan menjadi menjadi satu kelompok hemogen yang nantinya akan menjadi target pasar. Segmentasi pasar akan memiliki banyak manfaat bagi brand kamu.

Baca juga : Ketahui 7 Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Hal ini karena segmentasi pasar telah membagi kelompok-kelompok konsumen. Jadi kamu dapat menyesuaikan produk pasar kamu dengan segmentasi pasar yang sesuai. Lantas apa saja tujuan segmentasi pasar untuk kampaye brand kamu. Berikut ini tujuan segmentasi pasar dalam bisnis.

1. Strategi Pemasaran yang Lebih Terarah

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Tujuan pertama segmentasi pasar adalah strategi pamasaran yang lebih terarah. Segmentasi pasar di bagi ke dalam beberapa kelompok. Hal ini akan mempengaruhi strategi pemasaran suatu brand. Jadi promosi yang akan kamu lakukan akan lebih terarah sebab kamu mengetahui bagaimana karakteristik kelompok segmentasi pasar kamu.

Setiap kelompok segmentasi pasar memiliki kriteria yang berbeda-beda. Oleh karena itu kamu dapat menyesuaikan segmentasi pasar produk kamu. Misalnya saja kamu memiliki brand sepatu. Kamu dapat menyesuaikan segmentasi pasar geografis. Apakah segmentasi pasar kamu untuk orang yang tinggal di daerah perkotaan atau di desa. Sepatu dengan geografis kota akan lebih fashionable karena di pakai di gedung. Sedangkan sepatu dengan geografis pedasaan mengutamakan kualitas yang tahan lama karena di pakai di medan yang lebih berat.

2. Menemukan Peluang Baru

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Segmentasi pasar dapat membantu kamu untuk menemukan peluang pasar kamu. Dengan memhami segmentasi pasar yang ada akan menambah wawasan kamu terkait dengan kebutuhan konsumen. Misalnya saja kamu memiliki bisnis minuman.

Baca juga : Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Menemukan Konsumen

Ketika kamu memasarkannya kepada konsumen yang memiliki tingkat pendidikan yang tingga dan ekonomi yang tinggi, mereka kan cenderung mengutamakan rasa dan kesehatan. Bahkan mereka rela lho untuk membayar dengan harga yang tinggi asalkan mendapatakan minuman dengan kualiatas yang bagus dan tidak menganggu kesehatan.

3. Strategi Komunikasi Efektif

Tujuan Segmentasi Pasar dalam Bisnis!

Setiap segmentasi pasar memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dengan karakteristik yang berbeda ini tentunya cara komunikasi tidak dapat di sama ratakan. Hal ini juga di pengaruhi oleh tingkat pendidikan, budaya, status sosial dan lain sebagainya.

Misalnya saja produk yang kamu tawarkan ialah produk bumbu dapur. Kebanyakan konsumen kamu adalah ibu rumah tangga. Pada saat ini ibu rumah tangga juga ada yang berkarir atau tidak. Cara penyampaiannya agar pesan yang kamu sampaikan dapat tersampaikan dengan baik tentu berbeda. Misal ibu rumah tangga dapat kamu kampayekan melalui media sosial, internet sedangkan ibu rumah tangga biasa dapat kamu sampaikan lebih tradisional.

4. Lebih Hemat Anggaran Pemasaran

Dengan kamu memahami karakteristik segmentasi pasar kamu. Kamu tentunya akan membuat kampeye produk yang sesuai dengan karakteristik segmentasi pasar kamu. Hal ini lebih hemat di bandingkan kamu membuat banyak kampaye brand tanpa mengetahui segmentasi pasar kamu.

Baca juga :  3 Pengaruh Brand Awareness yang Perlu Kamu Ketahui!

Di tengah perkembangan dunia teknologi digital yang makin hari makin berkembang dengan cepat. Kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar untuk menunjang pelayanan yang cepat dan tepat. Solusinya ialah Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir pintar dan toko online. Aplikasir dapat membantu kamu untuk melayani pelanggan dengan cepat.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload aplikasir sekarang juga di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Mendapatkan penghasilan tambahan merupakan impian bagi banyak orang saat ini. Terlebih lagi bagi karyawan kantor, PNS, pekerja kantoran dan lain sebagainya. Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan – Adanya penghasilan tambahan ini…
4 Ide Usaha Trend Hidup Sehat

4 Ide Usaha Trend Hidup Sehat

Pada saat ini masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya hidup sehat. Terlebih lagi pada masyarakat perkotaan yang mulai menerapkan pola hidup yang sehat. 4 Ide Usaha Trend Hidup Sehat – Misalnya…
Cara Melakukan Personalized Marketing dalam Bisnis

Brand Trust Sebagai Peran Penting Dalam Bisnis

Brand trust berasal dari dua kata bahasa inggris brand (merek) dan trust (kepercayaan). Secara singkat brand adalah loyalitas atau kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk. Brand Trust Sebagai Peran Penting Dalam Bisnis – Jadi brand trust merupakan…