Usaha Warung Kelontong? Yukk Simak 6 Tipsnya

6 Cara Jitu Membangun Usaha Warung Kelontong

Di sekitar rumah kamu pasti selalu ada saja orang yang membuka usaha warung kelontong. Setiap desa pasti ada yang membuka usaha warung kelontong. Usaha warung kelontong sudah ada sejak dulu hingga saat ini. Jika kamu ingin membuka usaha warung kelontong, ada beberapa hal yang perlu kamu pikirkan.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Sukses Membangun Bisnis untuk Pemula

 

Usaha Warung Kelontong? Yukk Simak 6 Tipsnya

Kamu dapat memikirkan strategi dan inovasi bisnis yang berbeda untuk warung kelontong yang akan kamu kelola. Sebelum kamu memikirkan terlalu jauh, yyuuk simak 6 cara jitu membangun usaha warung kelontong.

baca juga : Memulai Usaha Baju Online bagi Pemula, Simak Selengkapnya

1.Lokasi Usaha Warung Kelontong

Lokasi Usaha Warung Kelontong

Usaha warung kelontong umumnya menjual kebutuhan sehari-hari. Jika tempat tinggalmu berada di tengah-tengah pemukiman warga kamu tidak perlu menyewa toko, kamu cukup membuka warung kelontong di rumah. Kamu dapat memanfaatkan garasi atau kamar depan sebagai warung kelontong. Usahakan lokasi warung dapat dijangkau warga desa. Umumnya warga desa membeli barang kebutuhan sehari-hari di warung supaya tidak repot-repot pergi jauh.

 

2.Modal Usaha Warung Kelontong

Modal Usaha Warung Kelontong

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memikirkan sumber modal usaha. Apakah modal usaha tersebut berasal dari uang tabunganmu atau kamu lebih memilih modal usaha pinjaman dari bank. Jika kamu terpaksa harus meminjam bank, ambilah pinjaman bank yang paling kecil. Kamu  juga harus misahkan uang hasil jualanmu dengan uang hasil usaha supaya tidak tercampur.

 

3. Riset Kebutuhan Pelanggan

Riset Kebutuhan Pelanggan

Kamu perlu meriset kebutuhan warga desa sekitar agar nantinya ketika jika kamu sudah membuka warung kelontong banyak pelanggan yang datang. Misalnya kebanyakan Ibu rumah tangga pasti memerlukan kebutuhan mereka seperti gas, alat kebersihan, alat mandi, makanan, minuman dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu dapat menjual barang yang kumplit agar warung kelontong yang kamu kelola banyak menarik perhatian pelangggan.

 

4. Menyiapkan Supplier

Menyiapkan Supplier

Setelah kamu meriset kebutuhan pelanggan kamu dapat segara mencatat supplier barang yang banyak dibutuhkan pelanggan. Kamu dapat memilih dari beberapa supplier, kemudian kamu analisa supplier mana yang cocok dengan keinginan pelanggan. Jika pelanggan kamu kebanyakan lebih suka sabun jenis A maka kamu bisa belanja ke supplier sabun jenis A.

 

5. Berikan Pelayanan yang Baik 

Berikan Pelayanan yang Baik

Memberi pelayanan yang optimal kepada pelanggan adalah sebuah keharusan. Jika pelanggan merasa senang berbelanja di warung kelontongmu maka ia akan terus mengulanginya lagi. Sesekali kamu juga dapat memberikan reward kepada pelanggan setiamu.

Misalnya kamu memberikan hadiah berupa sabun untuk pelangganmu. Maka pelangganmu akan merasa lebih dihargai dan tidak jarang akan menjadi pelanggan loyal juga. Cara lain yang dapat kamu lakukan ialah denan senyum yang tulus, menyapa terlebih dahulu, sopan dan santun dalam menghadapi pembeli.

6. Persiapkan Berkas-Berkas Penting

Menyiapkan Berkas Penting

Membuka  warung kelontong juga memerlukan berkas-berkas lho. Menyiapkan berkas usaha berguna untuk menimalisir kejadian yang tidak terduga. Hal yang biasanya disiapkan untuk membuka usaha adalah Surat Izin  Usaha Perdagangan (SIUP), sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan. Kamu juga perlu menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

 

Nah selain menjual barang yang ada di warung kelontongmu secara offline, kamu juga dapat menjual barang yang ada di warung kelontongmu secara online. Jika berjualan online kamu juga perlu dukungan aplikasi pendukung dalam berjualan. Nah kamu bisa mendwonload aplikasir untuk membantu kamu berjualan secara online ataupun offline. Dalam Aplikasir tersedia fitur cetak struk pembayaran yang berguna untuk lebih menyakinkan pelanggan terhadap warung kelontongmu. Kamu juga dapat menggunakan fitur pembuatan website untuk toko online secara mudah.

You May Also Like
5 Jenis Usaha Tahan Banting Selama Pandemi

5 Jenis Usaha Tahan Banting Selama Pandemi

Pada masa pandemi ini membuat banyak orang cemas mengenai peluang usaha. Banyak sektor usaha yang mengalami kerugian bahkan banyak yang mengalami kerugian. Tentunya masa pandemi covid-19 masa yang sulit bagi banyak…
Mengenal 3 Tipe Pengusaha yang Perlu Kamu Ketahui

Mengenal 3 Tipe Pengusaha yang Perlu Kamu Ketahui

Pengusaha sukses membutuhkan keahlian dan ketekunan yang tinggi. Ada banyak yang dapat kamu jadikan bisnis. Mengenal 3 Tipe Pengusaha yang Perlu Kamu Ketahui – Memulai sebuah bisnis dapat berawal dari…
Alasan Bisnis Skincare Semakin Menjamur

Alasan Bisnis Skincare Semakin Menjamur

Hampir semua wanita pasti menginginkan kulit yang sehat dan bersih. Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik paripurna dalam setiap momen. Alasan Bisnis Skincare Semakin Menjamur – Perubahan gaya hidup…
5 Kebutuhan Ramadhan yang Wajib Punya

5 Kebutuhan Ramadhan yang Wajib Punya

Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh banyak umat muslim. Pada bulan ini banyak umat muslim yang banyak mengejar kebaikan. 5 Kebutuhan Ramadhan yang Wajib Punya – Pada saat…