4 Cara Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

4 Cara Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

Pada saat ini kau dapat dengan mudah untuk mendapati bisnis baru yang bermunculan. Hal tersebut karena fenomena trend yang terjadi. Namun, hal ini tidak dapat bertahan lama. Sebab banyak dari pelaku bisnis yang hanya mengikuti alur trend saja.

4 Cara Mengelola Arus Kas Bisnis Anda – Banyak dari pelaku bisnis yang tidak mengetahui bagaimana cara mengelola bisnis dengan baik agar bisnis mereka dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bisnis baru hanya dapat bertahan 2-3 tahun kedepan, selanjutnya mereka akan gulung tikar dengan sendirinya. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada bisnis kamu.

Baca juga : 5 Keunggulan Affiliate Marketing

Kamu tentunya menginginkan bisnis kamu dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Ada banyak faktor yang menyebabkan bisnis kamu tidak berkembang. Bukan saja datang karena produk kamu yang kurang berkualitas. Namun, ada banyak pelaku bisnis yang tidak dapat mengembangkan bisnis mereka karena masalah keuangan.

Mereka tidak dapat mengelola keuangan dengan baik. Hal ini yang membuat mereka tidak dapat mengelola bisnisnya dalam jangka waktu yang lama. Dalam bisnis, mengelola keuangan sangat penting. Tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik tentu saja bisnis kamu juga tidak dapat berjalan dengan baik.

Sebagai pelaku bisnis, tentunya kamu juga harus dapat mengelola uang dengan baik. Dengan mengelola uang dengan baik akan membuat bisnis kamu berjalan dengan baik. Berikut ini 4 Cara Mengelola Arus Kas Bisnis Anda.

1. Apabila Memiliki Hutang Segera Lunasi

5 Tips Mudah Mengatur Keuangan Aman Tanggal Tua

Pada saat awal membuka bisnis, banyak orang yang memilih untuk berhutang atau mengambil pinjaman. Dengan kamu mengambil pinjaman tentunya kamu memiliki kewajiban untuk mengembalikannya. Maka dari itu, kamu harus fokus untuk mengembalikan hutang terlebih dahulu.

Jangan terlalu banyak untuk mengembil keuntungan yang kamu dapatkan. Kamu harus mengutamakan untuk membayar hutang terlebih dahulu. Sebab kamu dengan kamu memiliki hutang maka, kamu juga harus membagi keuntungan bisnis setiap bulannya. Belum lagi jika kamu telat membayar hutang, maka kamu akan dikenakan denda.

Tentu saja hal ini akan terus menguras keuangan kamu. Belum lagi, bunga yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Semakin cepat kamu melunasi hutang kamu. Maka kamu akan semakin baik bagi bisnis kamu. Sebab kamu tidak perlu lagi membagi keuangan kamu dan kamu juga dapat fokus untuk mengelola bisnis kamu.

2. Memanfaatkan Teknologi dan Memanfaatkan Pembayaran Cepat

4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada saat ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Sebagai pelaku bisnis tentunya kamu harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Aplikasikan perkembangan teknologi tersebut untuk membantu bisnis kamu semakin berkembang.

Misalnya saja, pada saat ini banyak konsumen yang beralih ke bisnis online. Maka kamu dapat memanfaatkan keberadaan marketplace atau toko online untuk menarik minat konsumen. Dengan kamu jualan online konsumen dari berbagai daerah juga dapat menjangkau bisnis kamu dengan mudah.

Baca juga : 4 Tips Gunakan Telegram untuk Jualan Online

Selain itu, kamu juga harus memanfaatkan fitur pembayaran cepat. Pada saat ini ada beragam fitur pembayaran non tunai yang dapat kamu gunakan. Sebagai pelaku bisnis kamu juga harus menyediakan berbagai pembayaran non tunai.

Terlebih lagi jika bisnis kamu berada di tengah kota. Maka kamu harus menyediakan pembayaran non tunai bagi konsumen kamu. Sebab pada daerah perkotaan, banyak dari konsumen yang telah menggunakan pembayaran non tunai.

3. Mempersiapkan Dana Darurat atau Dana Cadangan

5 Tips Terbaik Jualan di Marketplace

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya untuk mengelola arus kas bisnis adalah dengan menyiapkan dana darurat atau dana cadangan. Sebab kamu tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi pada bisnis kamu kedepannya. Kamu tidak akan mengetahui akan menghadapi kendala atau mungkin saja bisnis kamu diterpa krisis.

Setiap pelaku bisnis pasti pernah gagal. Untuk mengatasi hal tersebut maka kamu harus menyiapkan dana cadangan. Dana cadangan ini dapat kamu gunakan pada saat situasi bisnis kamu tidak sedang baik-baik saja.

Jika bisnis kamu mengalami krisis dan kamu masih memiliki dana cadangan maka pengaruhnya juga tidak akan terlalu besar bagi bisnis kamu. Kamu dapat tetap menjalankan bisnis kamu seperti biasanya. Maka dari itu, dana cadangan ini sangat penting kamu miliki pada saat membangun bisnis.

4. Dapatkan Tambahan Modal Usaha

4 Cara Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

Dalam bisnis kamu tentunya membutuhkan modal usaha. Modal usaha ini berguna untuk mendanai segala keperluan kamu pada saat berbisnis. Memang usaha dapat kamu mulai dari modal yang kecil.

Namun, dengan modal kecil tentunya keuntungan yang kamu dapatkan juga sedikit. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya untuk dapat  memiliki modal yang cukup untuk bisnis. Dengan begitu, peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan juga akan semakin besar.

Baca juga : 4 Tips Meningkatkan Brand Value Perusahaan

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan modal bisnis. Misalnya saja, kamu dapat menabung terlebih dahulu. Setelah tabungan kamu terkumpul maka kamu dapat mulai untuk berbisnis. Alangkah baiknya kamu menabung terlebih dahulu daripada meminjam uang.

Pada saat ini, kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar. Aplikasir solusi yang tepat untuk bisnis kamu. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir Pintar dan Toko Online. Ada banyak keuntungan dengan menggunakan Aplikasir. Dengan menggunakan Aplikasir membantu kamu dalam penjualan, pembuatan struk bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat menjual produk atau barang dengan harga grosir maupun ecer.

4 Cara Mengelola Arus Kas Bisnis Anda  – Aplikasir dapat digunakan pada handphone, tablet maupun komputer. Gak usah takut lagi untuk kehabisan memori untuk menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir sangat ringan untuk digunakan.

Selain itu, Aplikasir juga dapat digunakan mode offline. Jadi, jika kamu kehabisan paket data atau wifi internet kamu sedang rusak kamu masih dapat menggunakan Aplikasir. Mode Offline dapat digunakan menggunakan handphone. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50. Mode offline ini hanya dapat digunakan pada handphone.

Dengan menggunakan Aplikasir saat ini kamu juga dapat dengan mudah untuk dapat mengatur toko online kamu dengan mudah. Salah satu fitur terbaru Aplikasir adalah kamu dapat menampilkan gambar atau tidak menampilkan gambar pada toko online.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir sekarang juga ya. Dapatkan aplikasir sekarang juga dengan cara dwonload Aplikasir di playstore kamu, dan nikmati pemakaian gratis selama 30 hari.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Panduan transaksi hutang dengan uang muka Aplikasir

Aplikasi Kasir Gratis Untuk Memaksimalkan Bisnis UKM

Bisnis UMKM adalah bisnis perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. UMKM merupakan kegiatan ekonomi rakyat berskala…
5 Fitur yang Harus Diperhatikan pada Saat Memilih Aplikasi Kasir

Solusi Memilih Niche Market Bisnis Online

Saat Anda menjalankan bisnis online, tentunya kamu berpikir bagaimana cara pemasaran yang pas untuk bisnis online. Anda tentu mengupayakan berbagai statregi agar banyak konsumen yang tertarik dengan bisnis Anda. Solusi Memilih Niche…
5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui

5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran. Hari kemenangan merupakan hari besar yang banyak dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia.…
Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan

Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan

Di setiap kota pasti kamu akan banyak menemukan orang yang berjualan bubur ayam. Bubur ayam merupakan makanan yang mudah di temui. Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan – Kebanyakan orang…