4 Hal Negatif Bisnis Dropship yang Belum Banyak Diketahui

4 Hal Negatif Bisnis Dropship yang Belum Banyak Diketahui

Bisnis dropship merupakan bisnis yang  sedang trend. Bisnis ini menawarkan banyak kemudahan. Dapat berbisnis tanpa memikirkan stok pembayaran dan tanpa memikirkan modal dan pengiriman barang merupakan sebuah kemudahan yang banyak membuat orang tertarik.

4 Hal Negatif Bisnis Dropship yang Belum Banyak Diketahui – Tentunya bisnis dropship juga memiki resiko yang sangat rendah. Kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan suatu usaha. Banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis ini merupakan bisnis yang banyak menguntungkan.

Baca juga : Cara Menjadi Dropship Bagi Pemula

Pelaku bisnis ini juga sangat beragam. Siapa saja dapat melakukan bisnis ini asal memiliki smartphone dan koneksi internet yang stabil.

Pada umumnya bisnis dropship ini banyak dilakukan oleh kaum wanita seperti ibu rumah tangga, pelajar atau mahasiswa, pekerja kantor dan lain sebagainya. Kemudahan bisnis dropship ini menjadi daya tarik sendiri.

Kamu bahkan dapat memulai bisnis tanpa modal sama sekali. Syarat utama membuka bisnis dropship ini hanya membutuhkan keberadaan serta handphone dan koneksi internet yang stabil.

Bisnis dropship ini juga dapat dilakukan dimana saja. Kamu tidak membutuhkan kantor atau lapak. Namun, cukup rajin membuat postingan baik dimedia sosial atau diwebsite.

Kamu juga tidak perlu memikirkan pengemasan dan pengiriman barang. Sebab semua itu sudah dapat ditangani oleh supplier. Tugas kamu hanyalah mempromosikan produk atau barang.

Namun pada kenyataannya tidak semudah yang di bayangkan. Nah berikut ini 4 hal negatif bisnis dropship yang belum banyak di ketahui.

1. Keuntungannya Sedikit

4 Hal Negatif Bisnis Dropship yang Belum Banyak Diketahui

Menjadi seorang dropship berarti kamu menjual barang orang lain. Ada yang bilang keuntungan yang besar adalah bagi pemiliki barang atau produk. Hal tersebut dapat benar adanya. Pemilik barang hanya tinggal santai menunggu penjualan yang masuk .

Namun pemilik barang atau produk juga memiliki resiko yang lebih besar. Jika pemilik barang atau produk kehabisan barang atau ada barang yang cacat tentunya kerugian yang di alami akan lebih besar.

Maka dari itu bisnis dropship hanya di sarankan tidak di gunakan untuk waktu yang panjang. Kamu dapat menggeluti bisnis ini untuk mengumpulkan uang.

Keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis dropship sangat minim. Sehingga kamu tidak dapat menjadikan pekerjaan dropship sebagai pekerjaan utama.

2. Persaingan yang  Sulit

4 Hal Negatif Bisnis Dropship yang Belum Banyak Diketahui

Dalam bisnis dropship banyak menawarkan banyak kemudahan oleh karena itu banyak orang pula yang tertarik pada bisnis ini. Persaingan pada bisnis dropship juga tidak dapat di pungkiri lagi. Banyak pelaku dropship yang tidak hanya bekerja sama dengan satu toko, namun dengan beberapa toko lainnya.

Produk yang mereka jual juga beragam. Ada juga orang yang menjual barang atau produk yang sama dengan brand yang berbeda. Belum lagi pelaku bisnis dropship tidak dapat bersaing dengan e-commerce. Sebab persaingan harga pada e-commerce yang berlomba-lomba memasang harga yang paling murah.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Bisnis Online Banyak Diminati

Persaingan antar kompetitor yang sangat ketat ini membuat kamu tidak dapat memasang harga yang tinggi. Sehingga keuntungan yang kamu dapatkan juga sedikit.

Jika kamu memasang harga yang tinggi, maka pelanggan kamu akan mudah untuk beralih ke kompetitor. Maka mau tidak mau kamu tidak dapat memiliki banyak keuntungan dari bisnis ini.

3. Tidak Ada Pengendalian Barang atau Produk

3. Tidak Ada Pengendalian Barang atau Produk

Menjual barang milik orang lain tentunya mudah. Kamu cukup merayu dengan kata-kata yang dapat menarik perhatian calon pembeli. Namun kamu tidak mengetahui secara detail mengenai spesifikasi barang atau produk yang kamu jual.

Jika ada pelanggan yang komplain mengena barang atau jasa yang kamu jual. Maka kamu tidak dapat menjelaskan secara jelas. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi menimpa pelanggan setiamu.

Kamu dapat kehilangan pelanggan setiamu karena kamu mengecewakan konsumen dan kamu juga dapat tidak mendapatkan kepercayaan pada konsumen lagi.

Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam mencari supplier. Sebelum kamu memulai usaha dropship, alangkah lebih baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai supplier.

Kenali terlebih dahulu supplier yang akan menjadi partner kamu. Kamu dapat mengadakan riset terlebih dahulu untuk dapat memilih supplier yang tepat.

Jangan hanya memilih satu supplier untuk menjadi partner bisnis kamu. Usakan untuk memilih beberapa supplier. Hal ini untuk mengantisipasi jika supplier utama kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan kamu, sehingga kamu dapat membuat kebutuhan pelanggan.

 

4. Kesulitan Membangun Brand

4. Kesulitan Membangun Brand

Dengan menjadi seorang dropship, maka artinya kamu memperkaya produk orang lain. Kamu membantu produk orang lain untuk lebih berkembang. Dengan menjual produk orang lain agar lebih di kenal banyak orang. Seorang dropship tidak dapat membangun brand sendiri namun memajukan produk atau barang orang lain.

Baca juga : Cara Digital Marketing Bagi Pemula 

Jika kamu suatu saat nanti ingin memulai bisnis kamu sendiri, tentunya kamu harus memulai brand kamu dari awal. Meskipun awalnya sulit, namun pada kenyataannya jika di lakukan dengan sungguh-sungguh bukan tidak mungkin usaha kamu dapat berkembang dengan baik.

Jika kamu terus bergelut pada usaha dropship ini secara terus menerus. Maka kamu tidak dapat membangun brand kamu sendiri. Hasilnya kamu akan terus bergelut dengan menjual barang milik orang lain saja.

Segala jenis bisnis membutuhkan pelayanan yang memuaskan. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman. Salah satunya pelayanan yang dapat tingkatkan adalah pelayanan pada saat pembayaran.

Jika usaha kamu sudah besar, udah gak mungkin lagi menggunakan kasir manual dengan hanya mengandalkan kalkulator. Kamu membutuhkan Aplikasi Kasir Pintar. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online.

4 Hal Negatif Bisnis Dropship yang Belum Banyak Diketahui – Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
4 Manfaat Laporan Penjualan bagi Pelaku Bisnis

4 Manfaat Laporan Penjualan bagi Pelaku Bisnis

Dalam melakukan bisnis sangat penting untuk dapat melakukan laporan penjualan dari setiap transaksi yang dilakukan. Laporan keuangan dapat kamu gunakan sebagai gambaran kondisi keuangan bisnis kamu. Apakah bisnis kamu sedang…
Tips Membuka Bisnis Salon Kecantikan

Tips Membuka Bisnis Salon Kecantikan

Pada umumnya wanita sangat memperhatikan penampilan. Banyak wanita yang mengeluarkan banyak uang untuk merawat penampilan mereka. Tips Membuka Bisnis Salon Kecantikan – Melihat kondisi ini, banyak orang yang memilih peruntungannya…
Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Pendekatan customer focus merupakan pendekatan lebih untuk meningkatkan kepuasan serta pelayanan pelanggan sehingga dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan. Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris – Faktor utama yang menentukan keberhasilan konsumen adalah…
Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya

Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya

Customer Experience merupakan kesuluran gambaran konsumeen saat membeli produk atau layanan hingga pasca pembelian. Namun interaksi ini tidak harus berupa transaksi jual beli. Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya –…