Pusing Mengatur Modal UMKM, Berikut Ini Tipsnya

Pusing Mengatur Modal UMKM, Berikut Ini Tipsnya
Pada saat mulai berbisnis kamu harus memiliki modal. Baik modal secara material maupun modal keterampilan. Namun, mengatur modal ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Pusing Mengatur Modal UMKM, Berikut Ini Tipsnya – Apalagi bagi kamu yang baru saja mengembangkan UMKM. Mengajukan pinjaman UMKM merupakan salah satu cara paling cepat untuk untuk memperoleh dana.

Hal ini sudah menjadi cara yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis. Meminjam pinjaman juga sangat mudah untuk di lakukan. Kamu dapat mendapatkan dana dalam waktu yang singkat.

Meskipun ada banyak kemudahan, ada baiknya kamu hindari menggunakan modal pinjaman. Usahakan modal yang kamu peroleh berasal dari uang tabungan selama ini.

Lantas bagaimana cara untuk mengatur modal UMKM?.

Dalam mengatur modal UMKM kamu harus membuat rencana yang matang. Sebab jika kamu tidak membuat rencana, maka kamu dapat menggunakan modal UMKM tersebut sesuka hati.

Baca juga :  Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui

Rencana penggunaan modal harus jelas. Mau digunakan untuk apa saja yang  modal yang kamu keluarkan. Gunakan modal bisnis ini semaksimal mungkin, agar bisnis kamu dapat mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Kamu masih pusing mengatur modal UMKM, berikut ini tipsnya.

1. Menggunakan Modal Bisnis Sepenuhnya

Pusing Mengatur Modal UMKM, Berikut Ini Tipsnya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah  menggunakan semua modal hanya untuk kebutuhan bisnis sepenuhnya. Jangan sampai kamu tergoda untuk mengambil uang modal bisnis untuk keutuhan pribadi.

Misalnya untuk berbelanja, membeli barang elektronik dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat modal kamu tidak dapat digunakan secara maksimal.

Jadi usahakan untuk memiliki rekening terpisah antara rekening pribadi dan rekening usaha. Hal ini untuk mengantisipi modal bisnis kamu terpakai untuk kepentingan priadi.

Atau uang pribadi kamu terpakai untuk modal bisnis. Oleh karena itu, sangat penting untuk memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis.

Selain pastikan kamu dapat memaksimalkan penggunaan modal. Gunakan semua modal bisnis untuk mengembangkan UMKM kamu.

2. Mencatat Semua Keuangan UMKM

Pusing Mengatur Modal UMKM, Berikut Ini Tipsnya

Siapa yang masih males untuk mencatat keuangan?. Kegiatan mencatat keuangan ini dapat di katakan sebagai kegiatan yang suka diremehkan oleh banyak orang.

Sangat penting untuk mencatat semua keuangan yang terjadi dalam UMKM kamu. Dengan mencatat keuangan, kamu akan lebih mengetahui bagaimana kondisi keuangan kamu saat ini. Sehingga kamu juga dapat lebih mudah untuk mengatur keuangan kamu.

Baca juga :  Tips Agar Konsumen Yakin Belanja Online

Kamu dapat mencatat keuangan kamu dengan menggunakan aplikasi atau mencatatnya dengan menggunakan buku besar. Yang penting pencatatan ini di lakukan berkala pada setiap waktu.

Kamu juga akan lebih mudah mendeteksi jika ada kesalahan dalam bisnis jika disiplin dalam mencatat keuangan. Sehingga kamu lebih cepat mengambil tindakan.

3. Membayar Pinjaman Secara Rutin

Pusing Mengatur Modal UMKM, Berikut Ini Tipsnya

Jika kamu memperoleh modal dari pinjaman, kamu memiliki kewajiban untuk membayar pinjaman tersebut. Usahakan untuk membayar pinjaman tepat waktu pada setiap bulannya. Jika kamu dapat membayar kewajiban kamu dengan disiplin, kamu akan mendapatkan keuntungan.

Misalnya saja, kamu tidak akan mendapatkan denda. Kemudian, kamu akan dapat mengajukan pinjaman berikutnya setelah pinjaman saat ini sudah dapat terlunasi.

Namun, sebaiknya kamu menghindari meminjam pinjaman bank untuk modal usaha. Sebab kamu tidak mengetahui apa yang akan di masa depan. Selain itu kamu juga tidak akan memiliki kewajiban untuk mencicil setiap bulannya.

4. Menyediakan Dana Darurat

Kamu dapat menyediakan dana darurat juga pada saat mengelola modal. Dana darurat ini berfungsi sebagai dana ketika ada gangguan atau masalah pada bisnis kamu. Misalnya saja, ketika kamu membuka usaha roti.

Baca juga :  Usaha Hampers Lebaran Penambah Cuan

Kemudian terjadi kerusakan pada mesin mixer, namun kamu belum memiliki dana lebih untuk memperbaiki mesin mixer tersebut. Nah kamu dapat menggunakan dana darurat untuk memperbaiki mesin mixer.

Dengan begitu bisnis kamu akan tetap berjalan. Pesanan akan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

5. Mengelola Keuangan dengan Benar

Apabila kamu mendapatkan modal UMKM dari pinjaman bank. Maka kamu harus dapay mengelola keuangan dengan benar. Misalnya kamu harus dapat membuat dana cadangan untuk membayar kewajiban angsuran kamu setiap bulannya.

Sebab kamu tidak akan mengetahui bagaimana kondisi bisnis kamu di masa depan. Ketika bisnis kamu dalam keadaan tidak baik, maka kamu tetap dapat membayar angsuran kamu pada pihak bank.

Pinjaman tetaplah pinjaman. Jadi kamu harus tetap melaksanakan kewajiban kamu setiap bulannya kepada pihak bank.

Untuk segala kebutuhan bisnis kamu, percayakan bisnis kamu dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir POS dan toko online. Aplikasir membantu kamu untuk dapat memaksimalkan kinerja kasir kamu. Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk dapat membantu pekerjaan kasir menjadi lebih mudah.

Kamu dapat mengirim struk pembayaran secara langsung ke konsumen kamu melalui pesan WhatsApps. Dengan syarat pelanggan tersebut sudah terdaftar atau terekam informasinya dalam Aplikasir.

 

Aplikasir membantu kamu untuk dapat mengelola toko, penjualan, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat dengan mudah untuk menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasir kamu dapat mencetak struk dapur, pembayaran, bahkan kamu dapat mengirim langsung struk langsung kepada pelanggan melalui pesan whatsapp. Aplikasir juga dapat digunakan untuk dihandphone, tablet maupun komputer.

Pusing Mengatur Modal UMKM, Berikut Ini Tipsnya – Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online. Gak usah pusing-pusing untuk membuat website toko online. Sebab Aplikasir dapat membantu kamu membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini, kamu dapat menggunakan Aplikasir dengan mode offline. Mode offline ini hanya dapat kamu gunakan pada saat keadaan darurat saja misalnya, pada saat kamu kehabisan paket data atau wifi internet kamu sedang mati.  Untuk saat ini mode offline juga hanya dapat digunakan melalui handphone saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasi Aplikasir sangat cocok di gunakan untuk berbagai jenis bisnis. Misalnya seperti restoran, cafee, rumah makan, mini market, online shop dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi keunggulan yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan Aplikasir. Apapun jenis usaha kamu jangan lupa untuk menggunakan Aplikasir agar dapat memaksimalkan usaha kamu. Tunggu apa lagi dwonload sekarang juga Aplikasir di playstore kamu sekarang juga, dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
Manfaatkan Pemasaran Online

Cara Bisnis Baju Anak, Raup Banyak Keuntungan

Pada masa saat ini bisnis fashion pakaian wanita lebih banyak digemari banyak orang. Namun ada bisnis yang tidak kalah banyak menguntungkan yaitu bisnis baju anak. Belum banyak orang yang mengetahui…
Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Kamu pasti pernah mendapati keluhan pelanggan terhadap bisnis kamu. Hampir setiap pembisnis pasti pernah menghadapi ini. Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan – Pelanggan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan bisnis. Semakin…
Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bisnis adalah pelanggan. Pelanggan yang memiliki loyalitas yang tinggi akan membuat bisnis kamu menjadi sukses. Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan –…
Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Pemerintah saat ini tengah gencar mempromosikan produk UMKM. Istilah UMKM juga muncul akhir-akhir ini. UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dalam UMKM terdapat banyak pengusaha dari berbagai produk dan…