4 Keuntungan Akuntansi Bagi UMKM

4 Keuntungan Akuntansi Bagi UMKM
Pada saat ini banyak orang yang sudah minat pada bisnis UMKM. Bisnis UMKM ini dapat kamu lakukan dengan modal yang terbatas. Terlebih lagi, pada saat ini persaingan dalam dunia bisnis sudah semakin ketat. Setiap bulannya ada banyak pelaku bisnis yang membuka bisnis barunya. 

4 Keuntungan Akuntansi Bagi UMKM – Dengan inovasi terbaru dan bisnis yang kekinian. Hal ini tentu saja akan menarik perhatian konsumen. Namun, ada banyak pula bisnis seperti ini yang tidak bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Bukan karena barang dagangan mereka tidak laku. Melainkan, karena pengelolahan keuangan yang tidak benar. Banyak dari mereka yang mengabaikan akuntansi bisnis, bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis Online Agar Menghasilkan Cuan

Hasilnya pengelolahan uang mereka berantakan. Mereka tidak dapat memutar uang lagi untuk dapat berjualan dihari berikutnya. Padahal bisnis mereka sangat menarik.

Maka dari itu, akuntansi untuk bisnis sangat penting. Meskipun bisnis kamu masih dalam skala kecil. Namun, sangat penting untuk dapat menerapkan akuntansi ini ke dalam bisnis kamu.

Keuangan kamu akan lebih terorganisir. Kamu dapat dengan jelas mengetahui berapa keuntungan atau kerugian kamu saat ini. Jadi, kamu akan mengetahui bagaimana kondisi bisnis kamu saat ini. Maka dari itu, sangat penting untuk memanfaatkan akuntansi dalam bisnis. Berikut ini 4 Keuntungan Akuntansi Bagi UMKM.

1. Sebagai Media Perencanaan

Alasan pertama mengapa kamu harus menggunakan akuntansi dalam bisnis kamu adalah sebagai media perencaan. Kamu dapat merencanakan semua anggaran yang dalam bisnis kamu. Dengan menggunakan akuntansi maka akan terlihat jelas rincian biaya proses produksi dan biaya operasional.

Jika kamu ingin merencanakan bisnis dengan matang. Maka kamu harus menggunakan akuntansi. Tidak harus menunggu bisnis kamu besar terlebih dahulu. Kamu dapat memulainya meskipun bisnis kamu kecil.

Dengan kamu memulai dari awal, maka akan memudahkan kamu untuk dapat  membangun bisnis dengan keuangan yang sehat. Jika bisnis kamu sudah besar, maka kamu sudah tidak bingung mengenai akuntansi bisnis.

2. Untuk Mengetahui Jumlah Transaksi

Alasan penting lainnya akuntansi untuk bisnis kamu adalah untuk mengetahui jumlah transaksi. Setiap bisnis pasti akan melakukan transaksi. Terlebih lagi, jika kamu sudah memiliki banyak pelanggan.

Setiap harinya akan banyak transaksi yang terjadi dalam bisnis kamu. Maka dari itu, untuk memgetahui segala transaksi yang terjadi dalam bisnis kamu membutuhkan akuntansi. Kamu dapat melihat berapa banyak transaksi yang terjadi setiap hari, minggu, bulan bahkan tahunan.

Baca juga : 4 Manfaat Aplikasi Kasir bagi Toko Kelontong

Jumlah transaksi yang masuk dan keluar akan dengan mudah kamu lihat dengan menggunakan akuntansi. Pelaku bisnis juga tidak perlu khawatir jika ada yang transaksi yang tidak tercatat. Sebab, semua transaksi akan tercatat dengan akuntansi.

Terlebih lagi pada saat ini ada banyak aplikasi akuntasi yang dapat membantu kamu dalam mencatat akuntansi. Kamu akan lebih mudah untuk mencatat akuntansi tanpa takut ada yang terlewatkan. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi juga akan memudahkan kamu untuk dapat mencatat akuntansi.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah untuk melihat laporan akuntansi dari mana saja. Jadi, kamu tidak perlu setiap hari datang ke kantor. Kamu dapat mengawasi transaksi dan segala kepentingan akuntansi kamu dimana saja dan kapan saja.

3. Alat untuk Menghitung Jumlah Modal, Aset, dan Hutang

5 Ide Usaha Sampingan Karyawan

Akuntansi juga dapat kamu gunakan sebagai alat untuk menghitung jumlah modal, aset, dan hutang. Kamu dapat menulis semua aset bisnis yang kamu miliki. Akuntansi akan memudahkan untuk melihat aset yang kamu miliki kapan saja.

Sehingga kamu tidak akan rugi jika suatu saat nanti kamu mengalami kendala dalam keuangan dan harus selesaikan. Maka kamu dapat menjual aset yang kamu miliki. Selain itu,akuntansi juga dapat mengingatkan kamu pada hutang. Jika kamu memiliki hutang, maka kamu harus bertanggungjawab untuk membayar angsuran setiap bulannya.

Maka dari itu, keberadaan akuntansi dapat membantu bisnis kamu. Kamu dapat berbisnis dengan lebih terorganisir dengan bantuan akuntansi. Pada nantinya kamu akan terbebas dari masalah keuangan yang menjerat banyak pelaku bisnis.

4. Mudah dalam Mengontrol Biaya

4 Keuntungan Akuntansi Bagi UMKM

Setiap bisnis pasti membutuhkan biaya baik biaya untuk operasioanal, membeli bahan baku dan lain sebagainya. Semua biaya yang kamu keluarkan tentunya harus kamu perhitungkan. Jangan sampai kamu mengeluarkan banyak biaya namun tidak mempertimbangkannya.

Jika terjadi kerugian pada nantinya maka akan berdampak besar pada keuangan kamu. Maka dari itu, kamu harus lebih berhati-hati dalam mengeluarkan modal usaha. Usahakan kamu sudah memikirkan baik-baik rencana yang kamu pilih.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis Online Agar Menghasilkan Cuan

Akuntansi dapat membantu kamu untuk dapat mengontrol biaya dalam bisnis. Jadi kamu akan memahami berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan. Jika pada nantinya jika bisnis kamu sedang tidak baik-baik saja, kerugian yang kamu tanggung tidak  terlalu besar.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

4 Keuntungan Akuntansi Bagi UMKM – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
4 Alasan Mengapa Banyak Orang Tergiur Pinjol

Cara Promosi Website Pada Situs Sosial Media

Bagi kamu yang sudah terjun ke dalam bisnis online, kamu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan website. Website jualan online dapat di ibaratkan sebagai lapak dagang kamu. Cara Promosi Website Pada Situs Sosial Media – Jika…
4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

Brand equity merupakan nilai kelebihan produk Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya. Brand equity merupakan sesuatu yang harus harus di usahakan. 4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil – Tanpa adanya…
Memulai Jualan Jus Buah, Simak Selengkapnya

Memulai Jualan Jus Buah, Simak Selengkapnya

Pada masa kini banyak orang yang lebih memperhatikan gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat adalah mengkonsumsi buah-buahan. Olahan yang banyak disukai banyak orang adalah jus buah. Memulai Jualan…
Tips Cerdas Belanja Harbolnas Agar Dompet Tetap Aman

Tips Cerdas Belanja Harbolnas Agar Dompet Tetap Aman

Harbolnas merupakan kepanjangan dari hari belanja online nasional. Setiap tanggal 12 Desember atau lebih dikenal dengan istilah 12.12 merupakan hari yang di nanti-nanti bagi banyak orang. Tips Cerdas Belanja Harbolnas Agar Dompet…