4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi!

4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi!
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Pada setiap tahun jumlah UMKM di Indonesia semakin banyak. Pertumbuhan UMKM yang meningkat membawa kabar baik bagi perekonomian di Indonesia.

4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi – Pertumbuhan UMKM yang tinggi tidak selamanya berjalan mulus. Ada berbagai permasalahan yang harus di hadapi UMKM Indonesia.

Ada banyak sekali permasalahan yang terjadi di UMKM, hingga menyebabkan UMKM tidak berjalan bahkan gulung tikar. Ingin tau apa saja permasalahan yang di hadapi UMKM?. Berikut ini 4 masalahan besar UMKM yang sering terjadi.

1. Tidak Memiliki Modal yang Cukup

4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi!

Setiap bisnis pasti membutuhkan modal begitu juga dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Modal yang yang di butuhkan untuk merintis UMKM. Modal UMKM di ibaratkan sebagai pondasi usaha Anda. Jika modal yang di miliki tidak cukup maka pondasi usaha Anda tidak kuat.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membuka usaha UMKM. Pastikan Anda memiliki modal yang cukup. Hindari meminjam pinjaman modal dari bank. Sebab Anda tidak dapat mengetahui hal apa saja yang akan terjadi dimasa yang akan mendatang.

2. Pencatatan yang Berantakan

4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi!

Dalam menjalankan usaha, Anda tidak hanya membutuhkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang jelas. Segala macam transaksi yang terjadi harus dapat tercatat rapi. Namun untuk mencatat segala transaksi bukan perkara yang mudah.

Jika skala UMKM Anda sudah dalam skala yang besar, pencatatan secara manual dengan menggunakan buku sudah tidak efisien lagi. Anda membutuhkan Aplikasi yang dapat merekam segala aktifitas transaksi UMKM Anda.

Baca juga : Kiat Sukses Bisnis Fashion di Instagram

Solusi terbaik untuk Aplikasi yang dapat memudahkan pencatatan UMKM Anda adalah Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan Toko Online. Segala aktifitas transaksi Anda akan terekam dalam Aplikasir.

Bahkan Anda sudah tidak perlu lagi membuat laporan pengeluaran, pemasukan, laba dan lain sebagainya. Anda cukup menggunakan Aplikasir maka Anda sudah dapat melihat detail transaksi Anda.

3. Gagap Teknologi

dehdsdn

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa saat ini kita tinggal pada perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Namun kebanyakan pelaku UMKM masih belum dapat memahami perkembangan teknologi yang ada. Pada saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk berjualan di toko online dengan membuat website.

Sayangnya masih banyak pelaku UMKM yang masih kebingungan bahkan tidak tahu website. Terlebih lagi untuk membuat website Anda harus mencari orang yang ahli membuat website.

Namun saat ini Anda dapat membuat website dengan mudah yaitu dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir menyediakan membuat website untuk toko online secara gratis dengan nama domain tokoa.com.  Setiap user Aplikasir dapat membuat website sendiri dalam hitungan detik.

4. Sulit Menghitung Pajak

dshasdd

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kita harus membayar pajak. Namun apakah Anda terkadang bingung bagaimana cara menghitung PPN untuk setiap transaksi?. Dengan menggunakan Aplikasir akan memudahkan anda untuk menghitung PPN pada setiap transaksi.

Baca juga : 5 Kesalahan Dalam Perencanaan Bisnis

Anda cukup mengatur PPN 10% pada setiap transaksi pembelian barang pada Aplikasir. Maka total pembayaran konsumen sudah di akumulasikan dengan PPN 10%. Disiplin membayar pajak akan membuat usaha UMKM Anda terhindar dari sanksi pembayaran pajak.

Aplikasir merupakan aplikasi kasir dan Toko Online yang dapat mendukung UMKM Naik Kelas. Kini kamu dapat dengan menambahkan produk sementara tanpa harus menambahkannya terlebih dahulu pada menu Produk. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk menambahkan produk sementara.

Fitur tambah produk di penjualan akan memudahkan kasir untuk dengan cepat membuat produk baru. Aplikasir juga dapat  memudahkan kamu untuk mengetahui rekaman transaksi. Anda dapat melihat rekaman transaksi mulai dari pendapatan penjualan, kasbon, piutang dalam aliran kas.

Aplikasir saat ini juga menggunakan sistem saldo. Jika saldo tidak ada atau Rp 0 maka tidak dapat di lakukan transaksi. Bentuk barang ini dapat berupa saldo pulsa, PLN, paket data dan lain sebagainya yang berupa saldo.

Dengan menggunakan satu aplikasi segala urusan menjadi selesai. Jadi jangan lupa dwonload Aplikasir tersedia di Play Store yaa.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Pendekatan customer focus merupakan pendekatan lebih untuk meningkatkan kepuasan serta pelayanan pelanggan sehingga dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan. Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris – Faktor utama yang menentukan keberhasilan konsumen adalah…
Intip 4 Tips Usaha Parcel Menjelang Imlek

Intip 4 Tips Usaha Parcel Menjelang Imlek

Menjelang perayaan imlek akan banyak peluang bisnis yang mulai bermunculan. Biasanya banyak yang memafaatkan momen ini untuk dapat meraup banyak keuntungan. Intip 4 Tips  Usaha Parcel Menjelang Imlek – Salah…
Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis 2022

Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis

Siapa sih  yang saat ini tidak mengenal instagram. Aplikasi media sosial ini merupakan aplikasi yang cukup banyak peminatnya.  Oleh sebab itu instagram marketing kini juga di gunakan sebagai media bisnis.…
Peran Community Marketing bagi Bisnis

Peran Community Marketing bagi Bisnis

Community marketing merupakan bagian dari strategi marketing. Community marketing mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang, Peran Community Marketing bagi Bisnis – Community marketing terfokus dalam membangun hubungan yang baik antara pelanggan dan perusahaan. Dapat…