Rahasia Cara Menghindari Pinjol Ilegal

Rahasia Cara Menghindari Pinjol Ilegal
Pinjaman online ilegal masih marak di kalangan masyarakat. Banyak orang yang saat ini dirugikan karena merugikan banyak orang.

Rahasia Cara Menghindari Pinjol Ilegal – Banyak kasus yang sering kita dengar dalam berita banyak orang yang rugi dengan keberadaan pinjaman online ilegal. Pada awalnya masyarakat merasa terbantu dengan keberadaan pinjol ini.

Kamu dapat mendapatkan pinjaman dana dengan cepat meskipun kamu tidak memiliki jaminan.  Hanya dengan bermodalkan foto dan KTP kamu sudah dapat meminjam dana.

Selain itu, pencairan uang juga cepat. Jika kamu membutuhkan dana darurat maka pinjol menjadi pilihan utama kamu.

Baca juga :  Jalan Keluar Mengelola Modal Kecil Bisnis

Namun, pinjol ilegal ini sebenarnya akan merugikan diri kamu sendiri. Bunga yang besar membuat jumlah pinjaman dana semakin melambung tinggi.

Bunga yang tinggi ini tentu saja akan merugikan diri kamu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati saat ingin meminjam dana dari pinjol. Berikut ini Rahasia Cara Menghindari Pinjol Ilegal.

1. Cek Legalitasi Pinjol

Keuntungan Tiktok Shop sebagai Media Promosi

Hal yang pertama kali lakukan jika ingin meminjam uang dari Pinjol adalah dengan cara cek legalitas pada OJK. OJK merupakan Otoritas Jasa Keuangan, jika pinjol tersebut sudah terdaftar dalam OJK maka  sudah aman untuk meminjam dana.

Sedangkan pinjol ilegal merupakan pinjol yang tidak terdaftar dalam OJK. Dalam operasionalnya pinjol ilegal tidak diawasi oleh OJK sehingga dapat merugikan banyak orang.

Ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk meminjam pinjaman online ada baiknya untuk melakukan riset informasi dulu. Selain melalui OJK, kamu juga dapat menanyakan terlebih dahulu ke koperasi terdekat atau bank formal terdekat.

Hal ini untuk meminimalisir  kamu menjadi korban pinjol. Bukannya merasa terbantu, kamu malah menjadi rugi.

2. Menjaga Data Diri

Rahasia Cara Menghindari Pinjol Ilegal

Pada saat ini kamu harus dapat menjaga data diri dengan baik. Seperti yang kamu ketahui bahwa syarat dari kebanyakan pinjol adalah data diri pada seperti KTP.

Jangan sembarang untuk membagikan data diri kamu ke sembarangan orang. Selain itu, kamu juga jangan terlalu banyak membagikan data diri kamu di media sosial.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Banyak Orang Tergiur Pinjol

Pada saat ini banyak orang yang dengan mudahnya membagikan data diri pada akun media media  sosial mereka sendiri. Bisa jadi ada orang yang berniat tidak baik, kemudian menjadikan data diri kamu untuk meminjam dana pinjol.

Tentunya hal ini akan merugikan diri kamu sendiri. Maka dari itu kamu harus dapat menjaga privasi dengan baik. Jangan mudah memberikan data diri kamu ke sembarangan orang atau orang terdekat kamu tanpa kamu mengetahui alasan yang jelas.

3. Langsung Hapus Tawaran Pinjol

Rahasia Cara Menghindari Pinjol Ilegal

Jika kamu menerima pesan singkat entah berupa SMS atau whatsapp menganai tawaran pinjol. Ada baiknya segara kamu hapus saja. Sebab pinjol yang sudah terdaftar dalam OJK tidak diperbolehkan menawarkan pinjaman tanpa melalui pesan pribadi tanpa ada persetujuan dari nasabah atau konsumen.

Jika ada pesan yang menawarkan pinjol, jangan langsung tergiur. Meskipun hal ini sangat mudah untuk dilakukan namun, akan membuat diri kamu rugi.

Bunga yang melambung tinggi akan membuat hutang kamu kian membengkak. Belum lagi, cara penagihan yang terkadang tidak baik. Hidup kamu menjadi tidak tenang karena kamu selalu dikejar dengan renternir penagih hutang.

Baik bisnis online maupun bisnis offline membutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat. Pelayanan ini yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat.

Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui Aplikasir.

Baik bisnis online maupun bisnis offline membutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat. Pelayanan ini yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat.

Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui Aplikasir. Dwonload Aplikasir di playstore kamu sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis 2022

Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis

Siapa sih  yang saat ini tidak mengenal instagram. Aplikasi media sosial ini merupakan aplikasi yang cukup banyak peminatnya.  Oleh sebab itu instagram marketing kini juga di gunakan sebagai media bisnis.…
Trik Menulis Email Marketing Kepada Konsumen

Trik Menulis Email Marketing Kepada Konsumen

Konsumen kebanyakan mengabaikan email penawaran dalam suatu bisnis. Menulis email marketing memang bukan perkara yang mudah. Trik Menulis Email Marketing Kepada Konsumen – Banyak sekali konsumen yang tidak membaca email penawaran bahkan ketika mereka…
5 Alasan Usaha Makanan Korea Laris Manis di Indonesia

5 Alasan Usaha Makanan Korea Laris Manis di Indonesia

Jika kamu penggemar drama korea tentunya selalu ada saja adegan aktor dan aktris yang sedang makan. Adegan tersebut terkadang membuat penonton penasaran makanan apa yang mereka makan. Mereka berhasil menghipnotis…
Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Pemerintah saat ini tengah gencar mempromosikan produk UMKM. Istilah UMKM juga muncul akhir-akhir ini. UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dalam UMKM terdapat banyak pengusaha dari berbagai produk dan…