4 Alasan Mengapa Pelanggan Tidak Membeli Jualanmu

4 Alasan Mengapa Pelanggan Tidak Membeli Jualanmu
Pelanggan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan bisnis kamu. Semakin banyak pelanggan dalam sebuah bisnis, semakin banyak pula kesempatan bisnis kamu berkembang.

4 Alasan Mengapa Pelanggan Tidak Membeli Jualanmu – Belum lagi persaingan kompetitor yang semakin ketat. Entah pelaku bisnis online atau offline juga merasakan hal sama. Meski bisnis online di anggap lebih mudah di bandingkan dengan bisnis offline. 

Memiliki banyak pelanggan merupakan impian banyak pelaku bisnis. Semakin banyak pelanggan yang kamu dapat maka keuntungan yang kamu dapatkan juga akan semakin banyak.

Namun tetap saja bisnis online juga membutuhkan kerja keras agar bisnis kamu di ketahui oleh banyak orang. Belum lagi dalam jualan online, konsumen dapat dengan mudah membandingkan bisnis kamu dengan bisnis kompetitor lainnya.

Baca juga : Kenali Ciri-ciri Pelanggan Potensial

Barang jualan kamu menjadi tidak laku. Padahal kompetitor lainnya menjual barang dengan produk dan harga yang sama namun, laris manis.

Hal ini tentu membuat kamu menjadi frustasi dan sekaligus bingung. Mengapa barang jualan kamu tidak laku?. Apa penyebab barang jualan kamu tidak laku dan lain sebagainya.

Tentunya ada permasalahan yang harus kamu perbaiki dalam bisnis kamu. Ada hal yang membuat pelanggan kamu menjadi tidak tertarik dengan bisnis kamu.

Mau tau apa yang menjadi penyebab  banyak pelanggan kamu tidak membeli barang dagangan kamu. Yuuk ketahui 4 alasan mengapa pelanggan tidak membeli jualanmu.

1. Kualitas Produk

4 Alasan Mengapa Pelanggan Tidak Membeli Jualanmu

Pelanggan memiliki berbagai macam bentuk karakteristik yang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa konsumen tidak membeli jualan kamu.

Bisa saja kualitas produk yang kamu tawarkan tidak sesuai dengan sasaran pelanggan. Ketika kualitas produk tidak sesuai dengan ekspetasi pelanggan maka mereka akan merasa kecewa.

Sehingga mereka tidak akan membeli barang daganganmu lagi. Jadi kamu harus harus memahami rata-rata karakteristik pelanggan kamu terlebih dahulu. Dengan begitu kamu dapat membuat produk sesuai dengan kriteria pelanggan.

Jika kamu jualan online, kamu dapat menuliskan deskripsi barang sesuai dengan keadaan barang. Tuliskan deskripsi barang dengan bahasa yang jelas dan mudah untuk dipahami. Kamu dapat menulis informasi bahan apa yang digunakan sehingga memberikan gambaran mengenai keadaan produk.

Jangan sampai malah kamu tidak menuliskan informasi yang berbeda dengan deskripsi. Hal ini akan membuat pelanggan kamu menjadi kecewa. Ketika ekspetasi pelanggan tidak sesuai dengan harapan pelanggan maka mereka enggan untuk berbelanja lagi ditoko online.

 

 

2. Foto Produk

4 Alasan Mengapa Pelanggan Tidak Membeli Jualanmu

Dalam dunia bisnis online, foto produk merupakan kesan pertama yang akan di lihat oleh konsumen. Jika kamu asal saja memasang produk tanpa memperhatikan cahaya, estika dan faktor pendukung yang menambah ketertarikan pelanggan untuk melihat produk kamu, lantas bagaimana konsumen akan tertarik.

Baca juga :  Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Selain keindahan foto produk, kamu juga harus memperhatikan keaslian produk. Usahakan foto produk yang kamu gunakan adalah foto produk asli kamu.

Banyak kasus konsumen yang kecewa dengan produk karena tidak sesuai dengan foto produk. Hal ini juga menyebabkan konsumen untuk enggan membeli produk kamu lagi.

Usahan untuk gunakan foto produk sendiri. Jangan sesekali gunakan foto yang berasal dari kompetitor. Hal ini akan membuat toko kamu di mata pelanggan menjadi tidak profesional. Selain itu kamu juga akan memiliki kesan tidak niat jualan jika menggunakan foto dari kompetitor.

3. Cara Promosi

4 Alasan Mengapa Pelanggan Tidak Membeli Jualanmu

Semua orang memang menyukai promo. Namun promosi juga harus di lakukan dengan cara yang tepat. Meskipun kamu mengadakan promo dengan produk yang terbaik, namun tidak ada upaya agar orang banyak membeli promo tersebut akan terasa kurang maksimal.

Pada saat ini banyak e-commerce yang dapat kamu gunakan sebagai layanan promosi. Kamu dapat menggunakan layanan tersebut agar barang daganganmu dapat di terjual habis. Terlebih lagi pengguna e-commerce di Indonesia sangat tinggi, sehingga upaya ini dapat di lakukan agar bisnis kamu kebanjiran orderan.

Mungkin selama ini kamu kurang memperhatikan promosi atau malah melupakan promosi. Bagaimana konsumen dapat mengetahui produk kamu, jika kamu saja tidak melakukan promosi.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk promosi. Misalnya saja dengan media sosial, kamu dapat membuat konten yang berkaitan dengan produk kamu. Selain itu kamu juga dapat bekerja sama dengan influencer.

Namun, kamu harus memilih influencer yang sesuai dengan produk kamu. Pastikan juga influencer kamu memiliki etika yang baik. Hal ini akan berdampak pada penilaian produk kamu dalam masyarakat.

4. Rating & Reputasi Lapak Jualan Online 

Rating dan reputasi lapak dalam e-commerce juga mempengaruhi penjualan kamu. Jika rating dan reputasi lapak jualan online kamu rendah. Maka penjualan kamu juga rendah. Jika rating dan reputasi jualan online kamu baik, maka penjualan kamu juga akan semakin meningkat.

Untuk meningkatkan rating dan reputasi toko online kamu dapat meningkan kualitas produk kamu. Kemudian pelanggan akan puas dan memberikan riview yang bagus. Semakin banyak riveiw produk positif maka akan semakin bagus bagi konsumen kamu.

Baca juga : Lakukan 4 Hal ini Agar Klien Bisnis Mengingat Kamu

Kebiasaan pelanggan toko online saat ini selalu melihat bagaimana tanggapan komentar pelanggan sebelumnya. Jika banyak komentar positif maka pelanggan tidak merasa ragu untuk membeli di toko kamu. Namun, jika kebanyakan komentar negatif, maka reputasi toko online kamu juga akan semakin jelek.

Mendapatkan banyak pelanggan merupakan impian banyak pelaku bisnis. Oleh karena itu, kamu dapat meningkatkan pelayanan bisnis untuk menarik banyak pelanggan. Salah satu pelayanan yang perlu kamu tingkatkan adalah pelayanan kasir.

Gak usah pusing-pusing lagi karena sekarang sudah ada Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan hingga pegawai. Bisa buat web toko online dalam hitungan detik hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu takut lagi kehabisan kartu memori. Kamu juga dapat mengelola produk dan stok dengan harga ecer maupun grosir.

Dapat digunakan pada ponsel, tablet dan komputer. Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis usaha seperti UMK, toko retail, mini market, toko pakaian, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Aplikasir memudahkan kamu untuk dapat mencetak struk penjualan, struk dapur bahkan kamu dapat mengirim struk melalui whatsapp pelanggan. Pastikan data pelanggan sudah ada dalam data pelanggan. Sebab kamu hanya dapat mengirim pesan whatsapp jika data pelanggan sudah ada dalam Aplikasir.

Masih banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir. Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir sekarang juga dengan cara dwonload Aplikasir di playstore sekarang juga. Kamu dapat menikmati 30 hari pemakaian gratis lho.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
5 Ide Usaha Sampingan Karyawan

Bisnis Stagnan? Berikut Ini Cara Menanganinya

Setiap bisnis pasti ada tantangan yang harus dihadapi. Tantangan bisnis tidak hanya berlaku untuk bisnis baru saja. Bisnis Stagnan? Berikut Ini Cara Menanganinya – Namun, untuk bisnis yang sudah berjalan…
3 Cara Bisnis Hijab Modal Minim

3 Cara Bisnis Hijab Modal Minim

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim paling banyak. Oleh karena itu, kebutuhan baju muslim dan hijab di Indonesia sangat tinggi. 3 Cara Bisnis Hijab Modal Minim – Pada saat ini…
Mengenal Program Afiliasi dan Keuntungannya

Mengenal Program Afiliasi dan Keuntungannya

Di era perkembangan teknologi di gital saat ini ada banyak cara untuk mencari uang. Terlebih lagi bagi Anda yang belum ingin menambah penghasilan. Mengenal Program Afiliasi dan Keuntungannya – Salah…

7 Usaha Penghasil Cuan

Beberapa bidang usaha mengalami masa kesulitan bahkan guling tikar pada masa pandemi covid-19. Membangun usaha tidaklah mudah, kamu harus banyak melalui banyak hal untuk mendapatkan sebuah kesuksesan. 7 Usaha Penghasil…