4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan

4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan

Salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan adalah dengan membuka usaha sampingan. Usaha sampingan akan membantu kamu untuk dapat mendapatkan penghasilan tambahan. 

4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan – Kamu juga akan memiliki aktivitas tambahan. Kamu juga harus dapat mengatur waktu antara pekerjaan utama dan usaha sampingan. Bekerja saja sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Apalagi pada saat ini, kamu juga membuka usaha sampingan. Tentunya kamu harus memiliki tenaga yang lebih agar keduanya dapat berjalan. Membangun bisnis sampingan juga akan berdampak baik baik bagi keuangan kamu. Sebab, pemasukan kamu tidak hanya dari pekerjaan utama kamu saja.

Baca juga : 4 Tips Mengatasi Resiko Bisnis

Namun, kamu juga akan mendapatkan penghasilan dari bisnis sampingan kamu. Ada banyak bisnis sampingan yang dapat kamu coba. Usahan untuk memilih bisnis sampingan yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Jangan pilih bisnis sampingan yang justru akan menganggu pekerjaan utama kamu. Pekerjaan utama kamu harus tetap kamu utamakan. Jangan sampai bisnis sampingan malah menganggu pekerjaan utama kamu. Maka dari kamu kamu harus dapat memilih bisnis sampingan yang sesuai dengan kemampuan kamu dan tidak menganggu pekerjaan kamu.

Pada saat ini, sudah banyak bisnis sampingan yang dapat dengan mudah kamu lakukan. Mulai dari jualan online, membuka jasa dan lain sebagainya. Masih bingung bagaimana cara membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan. Berikut ini 4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan.

1. Pilih Pekerjaan Sampingan yang Fleksibel

5 Cara Mengatasi Kerugian Bisnis pada Bisnis Pemula

Ketika memiliki pekerjaan sampingan, kamu juga harus memiliki prioritas pekerjaan. Usahakan pekerjaan sampingan tidak menganggu pekerjaan utama. Maka dari itu, kamu harus memilih pekerjaan sampingan yang fleksibel.

Fleksibel yang dimaksudkan adalah pekerjaan sampingan memiliki waktu yang fleksibel, durasi kerja maupun lokasi kerja. Pada kenyataan tidak banyak pekerjaan sampingan yang menawarkan fleksibilitas sebanyak itu. Namun, kamu tetap berusaha untuk mencarinya.

Jika benar-benar tidak ada, maka kamu dapat mengelola bisnis sendiri. Pada saat ini, kamu dapat dengan membangun bisnis dengan mudah dengan bantuan internet. Dengan memanfaatkan internet maka akan lebih mudah dalam membangun bisnis.

Pada saat ini jualan semakin mudah dengan memanfaatkan internet. Kamu juga tidak perlu membeli ruko atau menyewa ruko. Kamu cukup membuka lapak toko online di internet.

 2. Membuat Jadwal Pekerjaan

Tips Bisnis Memulai Bisnis Aksesoris HP

Ketika kamu memiliki pekerjaan sampingan, maka kamu juga harus membuat jadwal pekerjaan kamu. Kamu harus mematuhi jadwal pekerjaan yang telah kamu buat. Dengan adanya jadwal, kamu dapat membagi waktu antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan.

Pada saat ini kamu juga dapat membuat jadwal pekerjaan pada handphone kamu sendiri. Jadi, kamu akan mudah untuk mengingatnya. Pekerjaan utama kamu juga tidak akan terganggu karena kamu memiliki pekerjaan sampingan.

Baca juga :  Berikut Tips Website Toko Online Meningkatkan Penjualan

Mengatur jadwal pekerjaan juga dapat menghindari jadwal yang pekerjaan yang bentrok. Jika ada jadwal yang bentrok, maka kamu dapat memanimilisir atau mengubah jadwal pekerjaan. Memiliki pekerjaan sampingan memang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih.

Namun, kamu jika hal tersebut kamu lakukan dengan senang hati maka kamu akan menikmatinya. Pemasukan kamu juga akan bertambah. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan lagi masalah keuangan.

3. Memahami Batasan

4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan

Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan ketika kamu memiliki pekerjaan atau sampingan adalah kamu harus memahami batasan. Kamu harus berani mengatakan “Tidak” jika ada teman atau kerabat yang mengajak kamu untuk berbincang atau nongkrong namun waktunya bentrok dengan pekerjaan.

Pastikan kamu mematuhi jadwal yang telah kamu. Jika kamu tidak displin dengan waktu yang telah kamu tentunya akan berdampak pada salah satu pekerjaan kamu. Setiap orang pasti memiliki keterbatasan waktu, tenaga dan pikiran.

Maka dari itu, kamu mengerti batasan kamu untuk dapat mengelola waktu antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan.  Dengan memberikan batasan yang jelas maka pekerjaan kamu juga akan berjalan dengan baik. Jika kamu adalah orang yang tidak enakan, maka kamu dapat mengatakan alasan kamu yang sebenarnya dan meminta maaf kepada teman-teman kamu.

4. Memperhatikan Deadline Pekerjaan

5 Stretegi Cerdas Bisnis Minimarket

Hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah kamu harus memperhatikan dedline pekerjaan. Usahakan kamu mengerjakan pekerjaan sesuai dengan dedline. Jangan pernah untuk menunda-nunda pekerjaan. Menunda pekerjaan akan membuat pekerjaan lain juga akan tertunda.

Maka dari itu, usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah kamu tentukan. Jika pekerjaan kamu terlambat atau melebihi deadlline maka, pekerjaan lainnya juga akan terabaikan. Usaha atau pekerjaan sampingan kamu akan teteran dan kamu tidak dapat mengelolanya dengan baik.

Baca juga : Ide Bisnis Era Digital yang Berpeluang Cuan

Maka dari itu, usahakan untuk selalu tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan. Disiplin merupakan salah satu kunci agar bisnis kamu dapat berjalan dengan seimbang. Maka dari itu kamu harus disiplin dalam hal apapun.

Dalam bisnis kamu juga harus dapat menggunakan sofware toko yang dapat membantu Anda dalam bekerja. Salah satunya adalah sofware aplikasi kasir pintar.

Jika Anda masih menggunakan cara menghitung manual maka resiko terjadinya kesalahan dalam menghitung akan semakin besar. Kini Anda dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online. Tidak hanya mengurus masalah kasir namun aplikasir juga dapat membuat toko online dalam hitungan detik.

Kamu ingin membuat website toko online tapi bingung bagaimana caranya. Aplikasir dapat membantu kamu untuk membuat website toko online dalam hitungan detik.

Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasi kasir pintar ini sangat cocok untuk berbagai jenis usaha seperti, UMKM, toko retail, toko pakaian, online shop, mini market, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Ada banyak keuntungan yang dapat kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir

Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Tips Jualan Makanan Online Laris Manis

Tips Jualan Makanan Online Laris Manis

Bisnis makanan kini telah berkembang dengan pesat. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang mudah berkembang dan beradaptasi. Jualan makanan saat ini cukup mudah. Kamu  bahkan tidak perlu menyewa tempat untuk membuka…
Kenali Brand Awareness dan Strategi Membangunnya

Kenali Brand Awareness dan Strategi Membangunnya

Brand Awareness atau lebih di kenal dengan kesadaran merek merupakan suatu strategi yang menggambarkan tingkat kemampuan konsumen dalam mengenali suatu brand hanya dengan melihat logo warna atau gambar. Kenali Brand…
Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Bisnis Makanan merupakan bisnis yang potensial. Terlebih lagi bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak ada habisnya. Semua orang pasti membutuhkan makanan. Cara Memulai Bisnis Makanan Online – Terlebih lagi saat…