5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

4 Keuntungan Akuntansi Bagi UMKM
Dengan kemajuan teknologi saat ini memudahkan kamu untuk berbelanja barang apa saja yang kamu inginkan dengan belanja online. Cukup membuka handphone saja maka dengan mudah kamu akan menemukan barang impian kamu.

5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online – Sambil rebahan saat ini kamu dapat belanja dengan sesuka hati. Belanja sekali dua kali sebagai self reward untuk diri sendiri masih tergolong wajar.

Namun, jika setiap minggunya kamu belanja terus menerus, hal ini akan membuat kamu menjadi  boros. Pengeluaran kamu akan semakin membengkak. Jika hal ini terus menerus terjadi maka keuangan sudah tidak sehat lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengendalikan  keinginan belanja online. 

Baca juga : 5 Kiat Bisnis Online Shop Fashion Muslimah

Jangan sampai setengah gaji atau bahkan seluruh gaji kamu habiskan untuk belanja online. Terlebih lagi barang yang kamu beli sebenarnya barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Lantas bagaimana kamu memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari. Hal ini membuat finansial keuangan kamu menjadi berantakan. Kamu malah akan semakin dekat dengan lingkaran hutang. Jika hal ini terus menerus kamu lakukan maka kamu tidak dapat menyisihkan penghasilan kamu untuk menabung.

Maka dari itu kamu harus dapat mengatasi kecanduan belanja online. Mau tau bagaimana caranya mengatasi kecanduan belanja online. Berikut ini  5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online.

1. Membuat Daftar Pengeluaran Bulanan

Tips Hidup Hemat Anak Kost

Hal yang perlu kamu lakukan untuk dapat mengatasi kecanduan belanja online adalah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan. Dengan melihat daftar pengeluaran bulanan, kamu dapat mengevaluasi apa saja barang yang sebenarnya tidak perlu kamu beli.

Sebelum membeli sesuatu ada baiknya untuk dapat memprioritaskan terlebih dahulu barang apa saja yang akan kamu beli. Ada baiknya  kamu memprioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Setelah kebutuhan pokok kamu terpenuhi baru kamu dapat membeli barang keinginan kamu seperti baju, tas, sepatu dan lain sebagainya.

Dengan cara ini kamu juga dapat menentukan kebutuhan mana saja yang harus kamu potong atau kurangi. Kamu juga dapat memanfaatkan promo dan chasbak untuk dapat menghemat pengeluaran kamu. Jika kamu lakukan secara terus menerus maka keuangan kamu akan membaik. Kamu juga akan terbebas dari jeratan hutang.

Bahkan kamu dapat menabung atau investasi.  Membuat daftar pengeluaran juga akan membantu kamu untuk dapat mengendalikan kebiasaan kamu untuk belanja online secara terus menerus.

2. Hindari Menyimpan Dana Berlebihan pada Dompet Digital

5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Menyimpan dana pada dompet digital membuat kita sering tidak sadar bahwa kita dapat menghabiskannya. Ketika kamu sedang gabut maka hal yang kamu lakukan adalah membuka aplikasi belanja online.

Ketika ada barang yang bagus maka kamu dapat dengan mudah untuk membelinya. Terlebih lagi kamu memiliki dana pada dompet digital yang banyak.

Baca juga : Cara Kreatif Melunasi Hutang dengan Cepat

Maka kamu dapat menghabiskan dengan sesuka hati. Tanpa kamu sadari kamu malah membelanjakan semua uang kamu untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Untuk menghindari hal ini dapat terjadi secara terus menerus maka kamu dapat menyimpan  dana pada dompet digital seperlunya saja.

Jika kamu ingin membeli barang pada aplikasi belanja online maka kamu harus melakukan top up terlebih dahulu. Karena kamu malas untuk keluar rumah maka hal ini membuat kamu untuk tidak jadi belanja.

3. Bertanya pada Diri Sendiri Sebelum Belanja

Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Pada situasi tertentu kamu tidak dapat membedakan apakah barang yang akan kamu beli merupakan barang yang kamu butuhkan atau tidak. Sebelum kamu membeli barang tersebut ada baiknya untuk menunggu beberapa hari terlebih dahulu. Jangan langsun membeli barang tersebut.

Jika setelah beberapa hari kamu terus memikirkannya dan merasa membutuhkan barang tersebut maka kamu dapat membelinya. Dengan cara ini kamu dapat menghentikan kebiasaan boros belanja online.

Cara ini juga efektif untuk membuat kamu tidak mudah tergoda untuk membeli barang lucu dan tidak penting. Kamu dapat merenungkan diri kamu apakah kamu memang membutuhkan barang tersebut atau tidak. Jika tidak benar-benar membutuhkannya dan hanya merasa tertarik saja maka kamu dapat memutuskan untuk tidak membeli barang tersebut.

4 Selektif Dalam Menerima Ajakan

5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Lingkungan sangat menentukan gaya hidup kamu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selektif dalam menerima ajakan. Tentunya dengan menyesuaikan kondisi keuangan kamu. Jangan pernah mengatakan tidak kepada teman kamu yang yang mengajak untuk belanja berlebihan.

Baca juga : Belanja Offline : Berikut Alasan Banyak Orang Menyukai Belanja Offline

Jangan jadi orang yang yang engga enakan. Sebab hal ini malah akan membuat diri kamu rugi. Jika kamu tidak berani menolak ajakan teman kamu sendiri maka keuangan kamu yang memburuk. Maka dari itu, katakan tidak pada saat teman kamu mengajak kamu belanja dan kamu tidak memiliki uang.

Pada saat ini, kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar. Aplikasir solusi yang tepat untuk bisnis kamu. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir Pintar dan Toko Online.

Ada banyak keuntungan dengan menggunakan Aplikasir. Dengan menggunakan Aplikasir membantu kamu dalam penjualan, pembuatan struk bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat menjual produk atau barang dengan harga grosir maupun ecer.

5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online – Aplikasir dapat digunakan pada handphone, tablet maupun komputer. Gak usah takut lagi untuk kehabisan memori untuk menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir sangat ringan untuk digunakan.

Selain itu, Aplikasir juga dapat digunakan mode offline. Jadi, jika kamu kehabisan paket data atau wifi internet kamu sedang rusak kamu masih dapat menggunakan Aplikasir. Mode Offline dapat digunakan menggunakan handphone. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50. Mode offline ini hanya dapat digunakan pada handphone.

Dengan menggunakan Aplikasir saat ini kamu juga dapat dengan mudah untuk dapat mengatur toko online kamu dengan mudah. Salah satu fitur terbaru Aplikasir adalah kamu dapat menampilkan gambar atau tidak menampilkan gambar pada toko online.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah digunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

 

You May Also Like
5 Tips Sukes Bisnis Caffee yang Menguntungkan

5 Tips Sukes Bisnis Caffee yang Menguntungkan

Caffe sudah tidak dapat di pisahkan lagi dari kebiasaan hidup masyarakat Indonesia khususnya anak muda. Caffe sudah menjadi tempat nongkong ataupun hanya sekedar minum kopi. 5 Tips Sukes Bisnis Caffee…
Kekurangan Strategi Marketing Endorsement

Kekurangan Strategi Marketing Endorsement

Pada saat ini endorsement pada media sosial banyak digemari oleh pelaku bisnis. Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk membuat endors semenarik mungkin. Dengan menggandeng banyak influencer terkenal untuk dapat membuat promosi semenarik mungkin. Kekurangan…
4 Cara Jualan Online Laris Manis di WhatsApp

4 Cara Jualan Online Laris Manis di WhatsApp

Pada saat ini banyak kanal yang dapat kamu manfaatkan untuk jualan secara online. Dengan berbagai kanal yang ada memudahkan pelaku bisnis untuk memasarkan produknya di berbagai platform yang tersedia. 4 Cara…
Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Anak-anak pada umumnya lebih suka bermain. Mereka begitu asyik dengan dunia mereka. Masa anak-anak tidak adalah masa bermain yang sangat menyenangkan. Mereka juga suka jajan tanpa menyisihkan uang saku mereka. …