5 Cara Mengatur Uang Hasil Dagang

5 Cara Mengatur Uang Hasil Dagang

Salah satu cara untuk mandapatkan uang adalah dengan berdagang. Banyak orang yang saat ini memilih berdagang untuk mendapatkan penghasilan. Cara berdagangnya juga beragam mulai dari yang berdagang online hingga offline

5 Cara Mengatur Uang Hasil Dagang – Ketika kamu berdagang tentunya kamu akan mendapatkan uang penghasilan jualan atau keuntungan. Nah keuntungan ini dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu. Kamu juga dapat menggunakan keuntungan tersebut untuk kamu gunakan kebutuhan dagang kamu.

Baca juga : Pentingnya Aplikasi Kasir Online untuk UMKM

Maka dari itu, kamu harus dapat mengatur keuntungan dagang kamu. Jangan sampai keuntungan kamu malah kamu gunakan untuk foya-foya. Hal ini tentunya akan berdampak bagi keuangan kamu.

Keuangan kamu tentunya menjadi tidak sehat jika kamu terus menggunakan keuntungan kamu untuk foya-foya. Agar bisnis kamu dapat bertahan lama, kamu juga harus dapat mengatur keuangan dengan baik. Jangan sampai keuntungan kamu habis begitu saja.

Kamu juga harus menyiapkan tabungan untuk situasi darurat. Sebab kamu tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi pada bisnis kamu pada sama yang akan datang. Untuk menghadapi situasi yang tidak pasti maka kamu maka kamu juga perlu menyiapkan dana darurat.

Dana darurat dapat kamu ambil dari keuntungan yang kamu dapatkan. Kamu masih bingung cara mengatur uang hasil dagang. Berikut ini 5 Cara Mengatur Uang Hasil Dagang.

1. Membuat Rencana Anggaran dan Patuhi

5 Cara Mengatur Uang Hasil Dagang

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengatur keuntungan dagang kamu. Maka kamu harus dapat membuat rencana anggaran terlebih dahulu. Membuat anggaran tentunya sangat penting.

Pada kenyataan, pada setiap pertama kali membuat usaha kamu akan kesulitan untuk memperhitungkan kebutuhan usaha.  Rencana anggaran ini dapat menjadikan pedoman kamu pada saat kamu merencanakan bisnis. Dengan persiapan anggaran yang tepat tentunya dapat membantu kamu untuk memperkirakan kebutuhan dalam usaha kamu.

Selain itu, membuat rencana anggaran juga dapat membantu kamu untuk untuk menenrtukan prioritas uang kamu. Pada awal membuka bisnis kamu akan kebingungan mengenai prioritas uang kamu untuk membeli kebutuhan. Maka dari itu, dengan membuat anggaran akan membantu kamu untuk dapat membuat prioritas.

Setelah kamu dapat membuat rencana anggaran, jangan hanya membuatnya saja. Namun, kamu juga harus dapat mematuhinya. Dengan mendisiplinkan anggaran yang kamu buat maka keuangan usaha kamu akan aman.

2. Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Bisnis

5 Cara Mengatur Uang Hasil Dagang

Langkah selanjutnya adalah kamu harus dapat memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Kamu wajib memisahkan uang pribadi dan uang bisnis, terlebih lagi jika kamu sudah memiliki anggaran. Hal kecil yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat dua rekaning yang berbeda yaitu rekening pribadi dan rekening bisnis.

Dengan membuat rekening yang berbeda akan memudahkan kamu untuk melihat pemasukan dari usaha kamu. Banyangkan saja, jika kamu tidak membuat rekening pribadi. Maka kamu akan pusing untuk memikirkan berapa saja keuntungan yang kamu dapatkan.

Baca juga : 4 Tips Gunakan Telegram untuk Jualan Online

Kamu juga dapat memakai uang usaha kamu untuk kepentingan pribadi kamu. Hal ini dapat membuat keuangan bisnis kamu menjadi tidak sehat. Uang yang seharusnya kamu gunakan untuk modal malah kamu gunakan untuk berfoya-foya.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Dengan memiliki rekening yang berbeda akan memudahkan kamu dalam mengendalikan keuangan usaha. Kamu juga tidak dapat menggunakan uang usaha untuk kepentingan pribadi.

3. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Ketika kamu memiliki bisnis, tentunya kamu memiliki tagihan. Biasakan diri kamu untuk dapat membayar tagihan tepat waktu. Jangan pernah untuk menunda-nunda untuk membayar tagihan. Kamu harus mengetahui tenggat pembayaran tagihan yang kamu miliki. Jika kamu telat membayarkan maka kamu  juga dapat dikenakan denda.

Maka dari itu, kamu harus disiplin untuk membayar dalam membayar tagihan. Jangan sampai kamu menunda-nunda tagihan. Usahakan untuk segera mungkin untuk melunasi tagihan yang kamu miliki.

Ketika kamu memiliki tagihan, maka kamu juga berkewajiban untuk mengangsurnya setiap bulannya. Padahal kamu tidak tahu apa yang akan terjadi pada bisnis kamu yang akan mendatang. Untuk mengurangi resiko bisnia maka kamu harus meminimalisir tagihan.

4. Memiliki Uang Cadangan

Pentingnya Investasi Demi Keuangan Sehat

Hal yang selanjutnya dapat kamu lakukan adalah kamu harus memiliki uang cadangan. Sebab, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi pada bisnis kamu pada masa yang akan mendatang. Misalnya saja, pada awal tahun 2020 tahun lalu terjadi pandemi yang membuat banyak pelaku usaha menjadi pusing. Banyak yang guling tikar karena tidak dapat mempertahankan bisnis mereka.

Daya beli konsumen juga rendah, maka dari itu banyak pelaku usaha yang kebingungan. Bagi pelaku usaha yang memiliki dana cadangan maka mereka dapat bertahan. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki dana cadangan hal ini tentunya bisa bertahan dalam situasi seperti ini.

Maka dari itu, dana cadangan sangat penting bagi bisnis. Kamu dapat menabung setiap bulannya untuk menyimpan dana cadangan. Dana ini dapat kamu kaluarkan ketika bisnis kamu sedang dalam keadaan darurat.

Salah satu cara untuk mencapai kepuasan pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang memuaskan. Salah satu cara untuk memberikan pelayanan yang memuaskan adalah dengan cara menggunakan aplikasi kasir pintar.

Aplikasir merupakan pilihan aplikasi kasir pintar yang dapat membantu kamu mempercepat pelayanan konsumen. Dengan menggunakan aplikasir pekerjaan kasir akan terasa lebih cepat dan tepat.

Aplikasir juga dapat digunakan berbagai perangkat seperti handphone, komputer, laptop maupun tablet. Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian, pembayaran bahkan kepegawaian.

Pentingnya Aplikasi Kasir Online untuk UMKM – Kamu dapat dengan mudah untuk menjual barang dengan harga grosir maupun dengan harga ecer. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk pembayaran bahkan kamu juga dapat mengirim langsung struk ke pelanggan melalui pesan whatsapps.

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Cara Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula

Cara Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula

Di sekitar rumah kita sudah banyak sekali orang yang membuka bisnis laundry pakaian. Jika kamu ingin membuka bisnis laundry yang berbeda kamu dapat membuka bisnis ini. Cara Bisnis Laundry Sepatu…
Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Dalam bisnis segala upaya dilakukan untuk mendongkrak penjualan. Berbagai strategi pemasaran dan promosi terus di lakukan. Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan – Persaingan bisnis tidak dapat di hindari. Semakin hari…
Tips Usaha Kuliner yang Laris Di Instagram

Tips Usaha Kuliner yang Laris Di Instagram

Pada saat ini banyak orang yang telah mengenal media sosial. Salah satu media sosial yang memiliki perkembangan yang pesat adalah instagram. Tips Usaha Kuliner yang Laris Di Instagram – Semakin…
5 Manfaat Digital Marketing Bagi Pembisnis

5 Manfaat Digital Marketing Bagi Pembisnis

Pada saat ini banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan digital marketing untuk kepentingan usaha mereka. Terlebih lagi pada saat ini kita hidup pada masa perkembangan digital yang sangat pesat.  5 Manfaat…