5 Kesalahan Dalam Perencanaan Bisnis

5 Kesalahan Dalam Perencanaan Bisnis
Dalam membuat bisnis hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis merupakan pondasi awal untuk berbisnis.

5 Kesalahan Dalam Perencanaan Bisnis – Dalam membuat perencaan bisnis banyak orang tidak memikirkannya secara matang. Mereka kebanyakan ingin cepat merealisasikan bisnis yang akan mereka jalankan.

Banyak orang yang melewatkan perencaan bisnis ini. Mereka menganggap perencaan bisnis merupakan hal yang tidak penting.

Bahkan banyak pelaku bisnis yang melewatkan perencaan bisnis. Pada saat mulai bisnis mulai berjalan, kemudian terjadi suatu masalah mereka mulai bingung dalam mengatasi masalah tersebut.

Hal ini dapat terjadi karena kamu tidak ada rencana dalam menjalankan bisnis. Kamu tidak mengetahui apa sebenarnya tujuan dari bisnis yang kamu jalankan ini.

Baca juga : Peluang Usaha Batik yang Menjanjikan

Memiliki sebuah bisnis yang dapat menghasilkan banyak keuntungan merupakan impian banyak orang. Semua pelaku bisnis pasti menginginkan bisnisnya bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat merencanakan bisnis pada saat  awal membuka bisnis. Kamu harus dapat merencakan bisnis sebaik mungkin agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Perencaan bisnis bagaikan pondasi yang harus dibangun dengan kuat. Jika pondasinya sudah kuat maka kamu dapat membangun bisnis setinggi mungkin.

Merencankan sebuah bisnis bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipikirkan. Kamu saat ini ingin merencakan bisnis?. Sebelum kamu merencakan sebuah bisnis ada baiknya kamu mengetahui kesalahan-kesalahan dalam merencakan bisnis. Berikut ini 5 kesalahan dalam perencanaan bisnis.

1. Target Pasar yang Tidak Jelas

1. Target Pasar yang Tidak Jelas

Ketika kamu berbisnis pasti kamu harus merencakan target pasar kamu. Target pasar harus di buat secara jelas. Pastikan kamu membuat targer pasar sesuai dengan kualitas kamu. Kamu harus dapat menentukan apakah bisnis kamu untuk dijual pada kalangan kelas menengah atas atau kalangan kelas menengah.

Bisnis yang dapat sukses adalah mereka yang mampu menjawab masalah yang ada dalam masyarakat. Masalah tersebut merupakan seseuatu yang dapat menjadi peluang bisnis.

Bagaimana kamu dapat melakukan promosi yang optimal jika kamu saja tidak mengetahui target pasar kamu. Promosi yang kamu lakukan akan kacau karena kamu tidak mengetahui target pasar kamu.

2. Riset yang Kurang Optimal

2. Riset yang Kurang Optimal

Dalam memulai sebuah bisnis pasti semua orang melakukan riset terlebih dahulu. Kamu dapat melihat bagaimana keaadan pasar?. Kebutuhan apa saja yang di butuhkan oleh masyarakat?. Bagaimana perkembangan trend yang ada?.

Baca juga :  4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Online

Namun kebanyakan pembisnis selalu ingin memulai bisnis mereka dengan cepat. Sehingga kebanyakan dari mereka mengabaikan untuk melakukan riset terlalu lama.

Banyak pelaku bisnis yang mengabaikan riset sebelum membuka bisnis. Banyak dari mereka yang menganggap melakukan riset hanya buang-buang saja.

Padahal sangat penting melakukan riset sebelum kamu berbisnis. Dengan kamu melakukan riset  yang dapat melakukan promosi yang tepat dan akan berdampak baik bagi bisnis kamu untuk kedepannya.

3. Tidak Memahami Kompetitor yang Ada

3. Tidak Memahami Kompetitor yang Ada

Dalam berbisnis tidak hanya memperhatikan faktor internal saja. Namun kamu juga harus memperhatikan faktor eksternal yaitu kompetitor yang ada. Jika kamu tidak memahami kompetitor yang ada, lantas bagaimana kamu akan dapat bersaing dengan mereka.

Untuk dapat lebih menyakinkan pembeli mengenai bisnis kamu. Kamu dapat membuat website, jika kamu pusing atau tidak tahu cara membuat website kamu dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Aplikasir dapat digunakan untuk toko online maupun offline. Buat online shop milikmu sendiri dalam hitungan detik.  Jual offline dan online dengan aplikasir. Website toko online dengan alamat namatokomu.com atau namatokomu.id. Jadi tunggu apa lagi, dapatkan segara Aplikasir di playstore kamu sekarang juga ya.

4. Analisa Keuangan yang Tidak Realistis

4. Analisa Keuangan yang Tidak Realistis

Tidak dapat dipungkiri bahwa keuangan merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Oleh karena itu buatlah perencanaan keuangan yang tepat dan sesuai dengan realita pasar yang ada.

Perencanaan keuangan yang tidak sesuai dengan realita pasar akan membuat keuangan kamu akan membengkak. Kamu dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasar. Dengan begitu kamu akan dapat membuat perencanaan bisnis sesuai dengan realita pasar yang ada.

Baca juga : 4 Ide Usaha Trend Hidup Sehat 

Jangan membuat rencana keuangan yang sebenarnya harganya tidak sesuai dengan realita. Pada saat kamu belanja dipasaran kemudian harganya tidak sesuai, keuangan kamu malah akan semakin membengkak.

5. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

5. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Dalam membuat bisnis kamu haru dapat menentukan tujuan yang jelas kemana bisnis ini akan kamu bawa. Rencana bisnis tidak hanya untuk mencapai kesuksesan saja. Tapi bagaimana cara kamu untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Dalam membuat sebuah bisnis, kamu juga harus dapat membuat strategi apa yang dapat mengembangkan bisnis kamu. Maka dari itu kamu membutuhkan sebuah tujuan bisnis yang jelas.

Untuk itu kamu harus membuat tujuan kamu membangun bisnis ini. Kamu juga dapat menentukan waktu kamu dalam rentan waktu tertentu.

Misalnya kamu memiliki tujuan bahwa dalam jangka tiga bulan kamu sudah dapat menghasilan omset tertentu. Nah dengan tujuan ini kamu akan berusaha untuk dapat mencapai target tersebut dengan berbagai cara.

Kamu akan berusaha untuk dapat mencapai target tersebut. Kamu akan meningkatkan penjualan ataupun melakukan strategi promosi untuk dapat mencapai target yang telah kamu buat.

Setelah mencapai target tersebut kamu dapat membuat target yang lebih tinggi lagi. Jika kamu tidak dapat mencapai target tersebut, maka kamu dapat melakukannya sebagai bahan evaluasi.

5 Kesalahan Dalam Perencanaan Bisnis – Untuk segala kebutuhan bisnis kamu, percayakan bisnis kamu dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir POS dan toko online. Aplikasir membantu kamu untuk dapat memaksimalkan kinerja kasir kamu. Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk dapat membantu pekerjaan kasir menjadi lebih mudah.

Kamu dapat mengirim stuk pembayaran secara langsung ke konsumen kamu melalui pesan WhatsApps. Dengan syarat pelanggan tersebut sudah terdaftar atau terekam informasinya dalam Aplikasir.

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir sangat cocok di gunakan untuk berbagai jenis bisnis. Misalnya seperti restoran, cafee, rumah makan, mini market, online shop dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi keunggulan yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan Aplikasir. Apapun jenis usaha kamu jangan lupa untuk menggunakan Aplikasir agar dapat memaksimalkan usaha kamu. Tunggu apa lagi dwonload sekarang juga Aplikasir di playstore kamu sekarang juga, dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Cara Membuat Usaha Pengiriman Barang, Berikut Ini!

Cara Membuat Usaha Pengiriman Barang, Berikut Ini!

Dari dahulu hingga saat ini, jasa pengiriman barang selalu di butuhkan oleh banyak orang. Terlebih lagi pada saat ini terdapat banyak e-commerce. Seiring dengan banyaknya e-commerce, tentunya jasa pengiriman barang semakin banyak di…
4 Kesalahan Besar dalam Affiliate Marketing

4 Kesalahan Besar dalam Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan sistem pemasaran melalui teknologi digital. Dengan sistem affiliate marketing, Anda dapat mendapatkan keuntungan dengan memasarkan produk atau layanan. 4 Kesalahan Besar dalam Affiliate Marketing – Pada umumnya…
Alasan Mengapa Banyak Pengguna Tiktok yang Lupa Waktu

Alasan Mengapa Banyak Pengguna Tiktok yang Lupa Waktu

Selain instagram, aplikasi yang saat ini yang banyak digemari oleh anak muda ialah Tiktok. Tentu saja saat ini hampir semua anak muda dalam handphone mereka pasti ada aplikasi Tiktok. Alasan Mengapa Banyak Pengguna Tiktok…