5 Unsur Penting dalam Branding

Tips Mengatur Cicilan Agar Tenang Setiap Bulan
Branding berasal dari kata brand yang artinya identitas diri atau karakter. Branding ini memiliki fungsi sebagai pembeda antara produk kamu dengan produk yang lainnya.

5 Unsur Penting dalam Branding – Branding merupakan suatu cara agar masyarakat dapat dengan mudah mengenali suatu produk. Masyarakat dengan mudah mengenali suatu produk dengan branding yang sudah memiliki pengalaman.

Suatu merek yang dapat dikenali oleh masyarakat tidak hanya dengan logo yang menarik saja. Tetapi, dapat dilihat dari segi pelayanan, seragam pegawai, teknik marketing, bahkan lokasi dan lain sebagainya.

Baca juga : Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis

Saat ini branding merupakan cara yang terbaik bagi pelaku bisnis untuk dapat mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Baik perusahaan besar maupun pelaku UMKM, mereka bersaing untuk dapat membuat branding yang baik.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam membuat branding yang baik ada beberapa unsur yang perlu kamu ketahui. Ingin tau apa saja unsur penting dalam branding. Berikut ini 5 unsur pentimg dalam branding.

1. Nama Brand

5 Unsur Penting dalam Branding

Masyarakat akan mudah mengenali produk kamu dengan nama brand. Brand memiliki peran yang penting dalam kehidupan masyarakat.

Kita mungkin sering tidak sering menyadari pada saat membeli air mineral. Banyak orang yang mengatakan merek tertentu untuk membeli air mineral.

Hal ini, membuktikan pengaruh nama brand sangat penting. Nama brand yang pertama biasanya akan menjadi nama brand yang melekat dalam hati masyarakat.  Produk tersebut akan selalu dicari oleh masyarakat.

2. Logo

5 Unsur Penting dalam Branding

Logo merupakan identitas kasat mata yang mudah di ingat oleh banyak orang. Karakteristik logo yang unik dan menarik dapat memudahkan target pasar kamu dalam mengenali produk kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam membuat logo yang unik dan menarik berarti bukan logo yang memiliki design yang rumit. Nyatanya logo yang sederhana menjadi pilihan bagi banyak brand besar yang ada di Indonesia.

Baca juga :  Mengenal Manfaat Brand Trust untuk Usaha

Pemilihan logo yang sederhana membuat pelanggan mudah mengingatnya. Sehingga, mereka akan mudah mencari produk kamu pada saat ingin membeli kembali dengan produk yang sama.

Logo merupakan identitas yang mudah di ingat dalam memori manusia. Ketika kamu melihat logo suatu produk tertentu. Pasti kamu akan dengan mudah mengetahui nama brand hanya dengan melihat logonya saja.

3. Visi dan Misi yang Jelas

5 Unsur Penting dalam Branding

Membangun bisnis layaknya membangun sebuah bangunan. Kamu membutuhkan pondasi agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kukuh.

Bagitu pula dengan membangun bisnis atau usaha. Kamu membutuhkan visi dan misi yang jelas akan membuat kamu mengetahui kemana arah usaha akan dibawa.

Ketika kamu mengetahui tujuan apa yang akan kamu capai. Maka kamu akan fokus untuk mencapai tujuan tersebut.

Bayangkan saja jika kamu tidak memiliki visi dan misi yang jelas. Kamu hanya akan sekedar menjalankan bisnis tanpa akan mencapai target. Bisnis kamu juga dapat hanya berjalan di tempat karena tidak memiliki tujuan yang ingin dicapai.

 

 

4. Website

Website menjadi hal yang penting bagi pelaku bisnis. Kini internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Setiap harinya banyak orang yang membuka akses internet untuk berbagai kepentingan termasuk dengan dalam dunia usaha.

Akses internet yang saat ini sangat mudah membuat website berkembang pesat. Baik usaha besar hingga usaha skala UMKM kini telah memiliki website sendiri.

Dalam website, pengunjung dapat dengan mudah untuk dapat mengetahui profil perusahaan atau bisnis. Pengunjung juga dapat dengan mudah untuk melihat review produk.

Baca juga : Strategi Marketing Instagram untuk Usaha Anda

Review pengalaman konsumen dapat mempengaruhi calon konsumen kamu selanjutnya. Meskipun mereka tidak mengenal sebelumnya. Namun, hal ini sangat berpengaruh besar.

Jika dalam website kamu memiliki banyak review positif, maka calon konsumen kamu selanjutnya tidak akan ragu lagi untuk berbelanja di toko kamu.

Sebaliknya, jika banyak komentar negatif maka hal ini akan berdampak juga pada bisnis kamu. Akan ada banyak orang yang ragu untuk membelanjakan uangnya di toko kamu.

Maka dari itu, kamu perlu meningkatkan pelayanan terus menerus. Hal ini, agar banyak konsumen yang tertarik dan puas untuk pelayanan bisnis usaha kamu.

5. Tagline

Tagline memberika ciri khas tertentu bagi setiap brand. Pemilihan kata dalam tagline memberikan kesan tersendiri bagi setiap orang yang mendengarnya.

Tagline juga dapat memperkuat brand kamu. Konsumen dapat mudah mengingat brand kamu dengan penggunaan tagline.

Brand akan semakin kuat dengan keberadaan tagline ini. Dapat dikatakan tagline ini merupakan penguat ciri khas yang bagi brand kamu.

Misalnya, kita semua telah mengetahui tagline KFC  yaitu “jagonya ayam!”. Dengan membaca tagline ini, konsumen dapat dengan langsung mengetahui tagline tersebut adalah KFC.  Konsumen dapat dengan mudah mengetahui brand kamu.

Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online. Gak usah pusing-pusing untuk membuat website toko online.

Sebab Aplikasir dapat membantu kamu membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

5 Unsur Penting dalam Branding – Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir ini sangat cocok untuk berbagai kepentingan usaha  seperti UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi? buruan dwonload Aplikasir sekarang di playstore Anda dan nikamati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Trik Menulis Email Marketing Kepada Konsumen

Trik Menulis Email Marketing Kepada Konsumen

Konsumen kebanyakan mengabaikan email penawaran dalam suatu bisnis. Menulis email marketing memang bukan perkara yang mudah. Trik Menulis Email Marketing Kepada Konsumen – Banyak sekali konsumen yang tidak membaca email penawaran bahkan ketika mereka…
Mengenal 4 Macam Lead Magnet Efektif Bisnis

Mengenal 4 Macam Lead Magnet Efektif Bisnis

Mendapakan customer bukanlah perkara yang mudah. Terlebih lagi dalam masa sekarang ini. Banyak orang yang beralih menggunakan strategi digital marketing. Mengenal 4 Macam Lead Magnet Efektif Bisnis – Namun apakah kamu pernah…
Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Dalam bisnis segala upaya dilakukan untuk mendongkrak penjualan. Berbagai strategi pemasaran dan promosi terus di lakukan. Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan – Persaingan bisnis tidak dapat di hindari. Semakin hari…
Kenali Ciri-ciri Pinjol Ilegal Berikut Ini

Kenali Ciri-ciri Pinjol Ilegal Berikut Ini

Pinjaman online atau pinjol ilegal saat ini tengah menjadi masalah serius pada kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang menjadi korban dari pinjol ilegal ini. Kenali Ciri-ciri Pinjol Ilegal Berikut Ini – Bukannya membantu masalah keuangan keuangan…