Cara Mengelola Modal Agar Tidak Gulung Tikar

Cara Mengelola Modal Agar Tidak Gulung Tikar

Dalam bisnis pasti membutuhkan modal. Modal merupakan langkah awal untuk membangun bisnis. Tentunya pengelolahan modal sangat berpengaruh untuk bisnis kamu.

Cara Mengelola Modal Agar Tidak Gulung Tikar – Banyak pelaku bisnis yang tidak dapat menggunakan modal dengan baik. Hal tersebut membuat bisnis yang baru saja di rintis menjadi gulung tikar.

Cara Mengelola Modal Agar Tidak Gulung Tikar

Baca juga : Cara Mengelola Kasbon Agar Usaha Tetap Berjalan

Dalam berbisnis tentu kamu tidak ingin bisnis kamu gulung. Oleh karena itu kamu harus pandai dalam mengelolah modal awal bisnis. Kamu juga harus dapat memisahkan antara kebutuhan pribadi dengan kebutuhan bisnis. Nah kamu masih bingung gimana caranya mengelola modal usaha?. Berikut ini cara mengelola modal agar tidak gulung tikar.

1. Sumber Modal

1. Sumber Modal

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memikirkan sumber modal. Sumber modal bisnis sangat mempengaruhi bisnis kamu ke depannya. Jika kamu lebih memilih sumber modal kamu berasal dari pinjaman bank. Kamu harus memperhatikan bunga pinjaman.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Untuk Usaha Kecil 

Hal ini karena kamu setiap bulannya harus membayar pinjaman tersebut. Namun sebaiknya kamu hindari untuk meminjam pinjaman dari bank. Untuk modal awal, kamu dapat menabung terlebih dahulu. Meskipun modal awal dari tabungan kamu tidak sebanyak modal yang kamu pinjam dari bank. Namun kamu tidak perlu menyetor pinjaman dan keuntungan yang kamu dapatkan bisa fokus untuk mengambangkan bisnis.

2. Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Bisnis

2. Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Bisnis

Memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis merupakan hal yang penting. Namun banyak orang yang mengabaikan hal ini. Hasilnya banyak pelaku bisnis yang memakai uang bisnis untuk kepentingan pribadi.

Baca juga : Ide Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Jika hal ini terus menerus terjadi, bukan tidak mungkin usaha kamu akan mengalami gulung tikar. Tentunya kamu pasti tidak ingin usaha yang telah kamu bangun dengan jerih payah kamu sendiri, gulung tikar hanya karena kamu tidak bisa mengelola keuangan bisnis. Maka dari itu pemisahan rekening ini sangat penting bagi pelaku bisnis.

3. Membuat KAS Bulanan

3. Membuat KAS Bulanan

Langkah ketiga yang dapat kamu lakukan adalah membuat KAS bulanan. Kita tidak mengetahui bahwa untuk ke depannya bagaimana perkembangan situasi. Kamu dapat membuat kas bulanan untuk bisnis kamu. Kas bulanan ini berfungsi untuk mengantisipasi apabila bisnis kamu mengalami situasi yang tidak terduga.

Baca juga : Manajeman Keuangan Warung Kelontong, Simak Selangkapnya! 

Misalnya pada saat musim hujan yang di sertai angin membuat atap tempat bisnis kamu menjadi rusak. Tentunya kamu harus memperbaiki atap tempat bisnis kamu. Hal tersebut pasti membutuhkan biaya. Sedangkan usaha kamu masih sepi. Nah jika kamu memiliki kas bulanan. Maka kamu dapat menggunakan kas bulanan tersebut untuk memperbaki atap tempat usaha kamu.

5. Disiplin Mencatat Keuangan

5. Disiplin Mencatat Keuangan

Hal selanjutnya yang sangat penting adalah disiplin mencatat keuangan. Dalam buku catatan keuangan tidak hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran tetapi juga pencatatan barang. Sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan yang kamu dapatkan. Kamu harus selalu disiplin untuk mencatat di buku keuangan.

Baca juga : 5 Masalah Warung Kelontong dan Solusinya 

Untuk dapat lebih menyakinkan pembeli mengenai bisnis kamu. Kamu dapat membuat website, jika kamu pusing atau tidak tahu cara membuat website kamu dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Aplikasir dapat digunakan untuk toko online maupun offline. Buat online shop milikmu sendiri dalam hitungan detik.  Jual offline dan online dengan aplikasir. Website toko online dengan alamat namatokomu.com atau namatokomu.id. Jadi tunggu apa lagi, dapatkan segara Aplikasir di playstore kamu sekarang juga ya.

You May Also Like
7 Cara Jitu Sukses Bisnis untuk Pemula

7 Cara Jitu Sukses Membangun Bisnis untuk Pemula

7 Tips Jitu Sukses Bisnis untuk Pemula – Sukses merupakan impian banyak orang. Banyak orang yang melakukan segala cara untuk dapat menggapai kesuksesan. Ketika kamu ingin meraih sebuah kesuksesan, banyak…
Tips Mengatur Keuangan Liburan Akhir Tahun

Tips Mengatur Keuangan Liburan Akhir Tahun

Libur akhir tahun merupakan momen yang paling ditunggu oleh banyak orang. Banyak orang yang sudah mulai merencanakan libur akhir tahun. Tips Mengatur Keuangan Liburan Akhir Tahun –Untuk dapat membuat diri…
Bisnis Kekinian Dessert Box Penghasil Cuan

Bisnis Kekinian Dessert Box Penghasil Cuan

Bisnis kuliner merupakn bisnis yang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali yang berbagai macam kuliner yang dapat kamu jadikan bisnis. Bisnis Kekinian Dessert Box Penghasil Cuan – Salah satunya yang…
Bisnis Online Bulan Ramadhan, Berikut Ini Tipsnya

Bisnis Online Bulan Ramadhan, Berikut Ini Tipsnya

Bisnis online bulan ramadhan berbeda dengan bisnis pada bulan lainnya. Bulan ramadhan merupakan bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bisnis Online Bulan Ramadhan, Berikut Ini Tipsnya…