Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce

Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce
Person adding clothes to cart closeup for online shopping campaign
Siapa yang tidak kenal dengan e-commerce. Setiap harinya e-commerce di kunjungin oleh ribuan bahkan jutaan orang.

Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce – Nah e-commerce merupakan singkatan dari  electronic commerce. Artinya segala jenis jual beli dan transaksi di lakukan secara online atau di lakukan melalui perangkat elektronik.

Termasuk cara berdagang mulai dari proses pendistribusian barang, transaksi jual beli hingga pemasaran semuanya di lakukan secara onlineE- commerce juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara online. Hampir semua cara pembayaran dapat di lakukan dengan metode transfer atau uang digital.

Meski saat ini e-commerce juga melayani pembayaran dengan sistem bayar bayar di tempat. Namun, pada akhirnya uang tersebut akan dapat di terima oleh penjual dengan cara transfer.

Harga yang dijual pada saat membeli online juga lebih murah jika dibandingkan dengan membeli secara offline. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang menyukai belanja online.

Baca juga : Cara Membangun Brand yang Unik Toko Online Agar Banyak diingat Pembeli

Dengan biaya operasional yang minim ini penjual akan tertarik membeli produk kamu. Sehingga tidak heran banyak orang yang lebih menyukai belanja online saat ini.

Dari segi pembeli, pembeli dapat belanja dimana dan kapan saja tanpa adanya batasan waktu dan jangkauan. Bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan, tentunya belanja online sangat cocok bukan.

Dengan segudang kemudahan yang di berikan oleh e-commerce tentu ada saja kekurangan yang dimiliki e-commerce. Lalu apa saja kekurangan yang di miliki oleh e-commerce. Yuuk lebih mengenal kekurangan e-commerce.

1. Ketidaksesuaian Produk

Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce

Hal ini sering sekali kita rasakan saat belanja online. Hal ini dapat terjadi karena pembeli tidak dapat melihat secara langsung produk yang akan di beli seperti belanja di toko offline. Kesalahpahaman ini dapat ketika tidak ada komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli.

Baca juga : Cara Menjalankan Trend Bisnis Kecantikan

Produk yang sangat rentan terjadinya ketidaksesuaian produk adalah produk baju. Misalnya Anda memesan baju ukuran M. Namun setelah barang sampai ukurannya tidak sesuai dengan dengan ukuran baju baju.

Oleh sebab itu sebelum membeli pastikan terlebih dahulu untuk membaca keterangan yang di tulis oleh pihak panjual. Jika Anda kurang jelas maka Anda dapat bertanya sedetail mungkin sebelum membeli.

Dalam bisnis online, pembeli dan penjual tidak dapat bertemu secara langsung. Jadi wajar saja jika ada kesalahpahaman yang terjadi pada saat pendistribusian barang.

2. Kerugian yang Tidak Dapat diduga

Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce

Jika Anda memiliki toko A dalam satu e-commerce. Kemudian terjadi gangguan yang tidak terduga maka otomatis semua toko yang berada di e-commerce juga akan mengalami gangguan. Belum lagi jika Anda kompetitor lainnya yang melakukan penipuan di e-commerce yang sama.

Baca juga :  Mengenal Katalog dan Manfaat Bagi Bisnis Online

Otomatis akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap toko Anda juga. Hal-hal semacam ini yang disebut dengan kerugian yang tidak terduga. Anda tidak dapat mengetahui dan memprediksi hal-hal semacam ini akan terjadi.

Bisnis online sangat tergantung pada kecanggihan teknologi. Jika teknologi yang kamu gunakan terhambat, maka bisnis kamu juga terhambat.

Hal-hal seperti ini juga dapat menyebabkan kerugian dalam bisnis kamu. Sebab bisnis kamu tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya.

 

3. Masalah Keamanan

Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce

Masalah ini merupakan masalah terbesar yang di hadapi oleh e-commerce. Penipuan dan transaksi palsu merupakan hal yang sering terjadi pada pengguna e-commerce. Masalah keamanan ini cukup beragam.

Misalnya saja penipuan toko online. Pada saat belanja di e-commerce Anda tentu sering melihat produk dengan harga yang sangat murah. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut.

Masalah-masalah keamanan seperti ini memang rentan terjadi. Oleh karena itu, kamu harus gunakan aplikasi e-commerce dengan keamanan yang terpercaya. Sehingga tidak akan ada kejadian pencurian uang atau data.

Baca juga :  Mengenal Katalog dan Manfaat Bagi Bisnis Online

Namun jangan senang dulu, bisa saja barang yang di tawarkan tidak sesuai. Sebelum memutuskan untuk membeli pastikan Anda untuk membaca review produk terlebih dahulu. Jika kebanyakan review negatif dan harga barang yang di tawarkan sangat murah maka sebaiknya Anda mencari toko lain saja.

Baik bisnis offline maupun online Anda membutuhkan Aplikasi yang dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah lagi. Salah satunya adalah penggunaan Aplikasi kasir pintar. Jawabannya adalah Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online.

Nah kini sudah tidak perlu bingung lagi. Kini Anda dapat menggunakan AplikasirAplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online. Ada banyak fitur yang terdapat dalam aplikasir antara lain fitur membuat toko online dalam hitungan detik, rekap transaksi, barcode dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer.

Kamu gak perlu khawatir lagi untuk dapat kehabisan ruang penyimpanan ketika menggunakan Aplikasir. Sebab, aplikasir merupakan aplikasir yang ringan, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat menjual barang dengan harga ecer maupun harga grosir.  Kamu bahkan dapat mengirim struk pembayaran langsung kepada konsumen melalui pesan whatsapps.

Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce – Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Sebelum kamu mengirim struk ke pelanggan. Pastikan data pelanggan termasuk nomor whatsapp sudah ada difitur pelanggan.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis kamu. Mulai dari bisnis mini market, online shop, toko retail, toko pakaian, rumah makan atau restoran dan masih banyak lagi.

Dengan satu aplikasi, Anda dapat melakukan banyak pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan dan pengelolaan toko. Gak usah ragu lagi untuk menggunakan aplikasir dalam

Aplikasir sangat cocok di gunakan oleh toko apapu. Dwonload Aplikasir di playstore, dan nikmati 30 hari pemakaian secara gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online

Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online

Seiring dengan menjamurnya e-commerce dan toko online membuat banyak pembeli yang juga gemar belanja online. Terlebih lagi belanja online saat ini sangat praktis. Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online – Dengan menggunakan ponsel saja kamu sudah…
Langkah Cerdas Berkreasi Menjadi Food Vlogger

Langkah Cerdas Berkreasi Menjadi Food Vlogger

Pada beberapa tahun ke belakang ini istilah vlogger kian familiar. Vlogger merupakan orang yang mengkreasikan membuat berbagai macam video di YouTube. Langkah Cerdas Berkreasi Menjadi Food Vlogger – Salah satu konten…
Tips Mengelola Stok Barang di Gudang

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang

Mengelola stok barang tentu saja sangat penting bagi kamu pelaku bisnis. Terlebih lagi jika kamu memiliki banyak stok barang. Tentunya kamu harus dapat mengelola stok barang tersebut dengan baik. Tips…