Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Bisa Nabung

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Bisa Nabung

Mengatur Keuangan Rumah Tangga bagi kamu yang sudah menikah tentunya tidak mudah. Tidak seperti halnya sebelum menikah, kamu dapat bebas mengatur sendiri pengeluaranmu. Kini kamu hidup bersama dengan pasanganmu.

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Bisa Nabung – Sebelum menikah tentunya kamu harus dapat membicarakan persoalan ekonomi dengan pasanganmu. Jangan sungkan untuk menanyakan setelah kamu menikah nanti apakah pasangan wanita boleh tetap bekerja, atau hanya suami yang bekerja samentara istri fokus mengurus rumah tangga dan lain sebagainya. Pembicaraan seperti ini sangat penting untuk didiskusikan pasangan sebelum menikah.  Yuk simak tips untuk mengolah keuangan rumah tangga biar kamu juga bisa nabung.

Baca Juga : Mengatur Keuangan Pada Masa Pandemi? Simak Tipsnya Biar Gak Boros

1. Catat Belanja Bulanan

Catat Belanja Bulanan

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat belanja bulanan kamu dengan cermat dan teliti. Catat terlebih dahulu barang keperluan rumah tangga yang penting. Kamu harus dapat membedakan barang kebutuhan rumah tangga dan barang keinginan. Dengan kamu mencatat barang belanjaanmu, kamu akan fokus membeli barang keperluan rumah tangga.

2. Kurangi Pengeluaran

Kurangi Pengeluaran

Ketika kamu sudah berumah tangga, maka kini kamu tidak hanya memikirkan diri kamu sendiri tetapi kamu juga memikirkan pasanganmu. Batasi pengeluaran seperti makan di luar, jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Kamu dapat mengganti makan di luar dengan kamu memasak sendiri makanan di rumah agar lebih hemat. Kamu masih boleh kok untuk makan atau jajan diluar, namun batasi ya jangan terlalu sering. Jalan-jalan di pusat perbelanjan dapat kamu ganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti olahraga atau menghabiskan waktu di rumah dengan keluarga.

3. Bijak Mengelola Kebutuhan 

Bijak Mengelola Kebutuhan 

Yang dimaksud bijak mengelola kebutuhan bukan berarti kamu pelit. Kamu dapat menggunakan kebutuhann rumah tangga seperti air, listik, gas, internet dan lain sebagainya dengan cukup tidak boros. Pengeluaran kebutuhan rumah tangga biasanya akan dibayarkan perbulan. Jika kamu dapat menggunakan kebutuhan dengan baik, maka uang yang dibayarkan akan lebih hemat.

Baca Juga : Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

4. Menabung Sedikit Demi Sedikit

Menabung Sedikit Demi Sedikit

Kamu dapat menyisikan uang untuk ditabung setiap harinya. Kamu cukup menabung seribu atau dua ribu setiap harinya. Meski uang receh tapi juga dikumpulkan tiap hari dan akan banyak. Gunakan uang ini untuk kepentingan yang mendesak. Dengan menabung kamu juga dapat menutupi kebutuhan yang mendesak. Terlebih lagi jika kamu sudah memiliki anak, maka pengeluaranmu juga akan bertambah.

5. Alokasikan Dana Darurat

Alokasikan Dana Darurat

 

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah menyiapkan dana darurat. Sama halnya dengan menabung, dana darurat juga bermanfaat untuk kebutuhan yang tidak terduga. Kamu cukup menyisihkan yang sedikit tapi disiplin agar uang untuk dana darurat dapat terkumpul. Dengan kamu mengalokasikan dana darurat, akan membantu kamu pada suatu hari nanti.

Baca Juga : Usaha Warung Kelontong? Yukk Simak 6 Tipsnya

6. Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan

Bagi kamu ibu rumah tangga yang tidak bisa meninggalkan rumah, kamu masih dapat mencari tambahan penghasilan dengan berjualan online. Kamu dapat berjualan produk fashion, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya di media sosial kamu.

Selain menggunakan media sosial, kamu juga dapat menggunakan toko online. Dengan menggunakan toko online kamu dapat menjangkau lebih banyak target pemasaran. Toko online kini sudah banyak sekali. Toko online yang akan membantu kamu dalam berjualan online adalah Aplikasir. Aplikasi Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko online yang akan memberikan kamu kemudahan dalam berjualan online.

You May Also Like
Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Kamu sudah melakukan berbagai cara digital marketing untuk meningkatkan penjualan?. Namun, penjualan kamu masih belum meningkat. Bahkan dapat dikatakan malah jalan ditempat. Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan – Mungkin kamu…
5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Pintar

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Pintar

Menjalankan sebuah bisnis menuntuk Anda untuk bekerja dengan cepat dan tepat. Terlebih lagi jika bisnis Anda sudah dalam skala yang besar. 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Pintar – Oleh karena…
Bisnis Jasa Trending pada Tahun Ini dan Berikutnya

Bisnis Jasa Trending pada Tahun Ini dan Berikutnya

Banyak orang yang enggan berbisnis karena masalah modal. Padahal pada saat ini tidak berbisnis hanya mengandalkan penjualan saja. Bisnis Jasa Trending pada Tahun Ini dan Berikutnya – Modal bisnis tidak hanya…
4 Keunggulan Aplikasi Kasir Online dalam E-Commerce

5 Keunggulan Affiliate Marketing

Pada saat ini banyak orang yang tertarik untuk mengikuti affiliate marketing. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara kerja affliate untuk mendapatkan keuntungan.  Ketertarikan ini wajar, sebab banyak orang…