Mengelola Keuangan Mahasiswa, Yuuk Simak Tipsnya

Mengelola Keuangan Mahasiswa, Yuuk Simak Tipsnya

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku kuliah tentunya kamu kadang suka pusing sendiri memikirkan pengeluaranmu. Terkadang uang saku yang di berikan orang tua tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kuliahmu. Terkadang juga kamu masih bingung cara agar uang saku yang di berikan orang tua dapat cukup.

Mengelola Keuangan Mahasiswa, Yuuk Simak Tipsnya – Pernahkan kamu berfikir betapa sulitnya orang tua untuk membayar uang semesteranmu. Setidaknya kamu dapat belajar dengan rajin agar kamu cepat lulus. Selama kuliah ini jika kamu belum dapat mengelola keuangan sendiri, kamu dapat mulai belajar saat ini. Kamu bahkan dapat menabung untuk keperluanmu kuliahmu sendiri.  Nah berikut ini tips yang dapat kamu lakukan untuk mengelolah keuangan kamu.

Baca juga : 5 Usaha Sampingan Bagi Fresh Graduate

1. Manfaatkan Sumber Keuangan

Manfaatkan Sumber Keuangan

Bagi kamu mahasiswa yang masih mengandalkan uang saku pemberian orang tua, kamu dapat memanfaatkan uang saku tersebut dengan sebaik mungkin. Kamu harus dapat membuat pos pengeluaran dari sumber keuanganmu. Dari uang saku yang diberikan orang tua kamu juga bisa menyisihkan uang saku untuk menabung atau membuat dana cadangan. Kamu juga dapat menambah sumber keuanganmu dengan mencari pekerjaan freelance, part time dan lain. Dengan kamu memiliki pemasukan tambahan, maka kamu dapat menabung dan manambah dana cadangan. Dana cadangan berguna untuk menutupi kebutuhan mendesak. Sementara tabungan berguna untuk memenuhi kebutuhan yang telah ditetapkan.

2. Mengelola Keuangan dengan Atur Pengeluaran

Mengelola Keuangan dengan Atur Pengeluaran

Sebagai mahasiswa tentunya kamu selalu memiliki keingianan untuk membeli barang. Hal hal seperti ini yang menyebabkan kamu sulit mengatur pengeluaran sewaktu kuliah. Kamu harus dapat mencatat pengeluaran pokok terlebih dahulu. Jangan sampai kamu malah membeli barang keinginan dan mengesampingkan kebutuhan pokoknya. Alhasil uang saku kamu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu dan kamu akan meminta uang lagi kepada orang tua.

Baca juga : Mengatur Keuangan Pada Masa Pandemi? Simak Tipsnya Biar Gak Boros

3. Pengendalian Diri

Pengendalian Diri

Setelah kamu memanfaatkan sumber keuanganmu dan dapat mengatur pengeluaranmu saatnya kamu mengatur pengendalian dirimu. Sebisa mungkin dapat mengurang intensitas belanjamu. Kamu dapat  mulai mengurangi untuk melihat berbagai godaan di pusat perbelanjaan. Kamu dapat mengurangi aktifitas jalan-jalan di pusat perbelanjaan dengan mengganti kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan yang dapat kamu lakukan seperti olahraga, berkebun, belajar dan lain sebagainya.

4. Menabung

Menabung

Menabung adalah nasihat orang tua yang diberikan sewaktu kita kecil. Nasihat menabung yang terkesan sederhana, namun  ternyata dengan menabung membantu kita dalam segala hal. Sebaiknya kamu sisihkan uangmu untuk menabung walaupun hanya sedikit.

Baca juga : Usaha Warung Kelontong? Yukk Simak 6 Tipsnya

Kamu juga dapat menambah uang pemasukan kamu dengan cara berjualan online. Berjualan online cukup mudah dilakukan banyak kalangan termasuk mahasiswa. Kamu dapat memanfaatkan media sosialmu untuk berjualan online. Banyak yang dapat kamu lakukan dengan dengan media sosial. Kamu dapat memposting barang jualanmu di facebook, twitter, dan instagram.

Selain menggunakan media sosial, kamu juga dapat menggunakan toko online. Dengan menggunakan toko online kamu dapat menjangkau lebih banyak target pemasaran. Toko online kini sudah banyak sekali. Toko online yang akan membantu kamu dalam berjualan online adalah Aplikasir. Aplikasi Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko online. Dalam Aplikasir kamu dapat membuat website secara gratis tanpa kamu harus membayar orang lagi untuk membuat website Toko online. Aplikasir juga akan membantu kamu dalam mengetahui grafik penjualan. Kamu tidak lagi pusing mencatat jumlah pemasukan kamu tiap bulan. Aku dapat melihatnya di grafik Aplikasir. Masih banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Tunggu apa lagi buruan dwonload di playstore.

You May Also Like
Mengenal Valuasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Mengenal Valuasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Seringkali banyak orang yang mengira bahwa pengertian valuasi lebih mengarah kepada startup.  Pada faktanya valuasi penting bagi semua perusahaan baik perusahaan besar atau kecil. Mengenal Valuasi dan Faktor yang Mempengaruhinya…
Belanja Hemat Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Belanja Hemat Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Lebaran merupakan hari yang banyak di nanti oleh umat muslim ketika bulan Ramadhan. Momen lebaran sangat istimewa, terlebih lagi momen ini hanya datang sekali dalam setahun. Belanja Hemat Lebaran, Berikut…