Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Tingkat keberhasilan suatu bisnis tergantung dari seberapa banyak pelanggan yang ia miliki. Semakin banyak customer loyalty maka akan semakin banyak keuntungan yang ia dapatkan dari suatu bisnis.

Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya? – Sebab customer loyalty merupakan pelanggan setia yang akan membeli produk Anda lebih banyak di bandingkan dengan orang lain. Namun, terkadang bisnis tidak dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Hal yang paling di takuti oleh banyak pelaku bisnis adalah kehilangan pelanggan atau di sebut customer chunCustomer chun merupakan kehilangan pelanggan dalam suatu bisnis. Chun dapat di lihat dari seberapa banyak oang yang meninggalkan bisnis Anda dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga :  4 Manfaat Aplikasi Kasir bagi Toko Kelontong

Anda harus segera mengetahui apabila terjadi customer chun, sebab kondisi ini mempengaruhi keadaan bisnis Anda. Bila customer chun ini terus terjadi maka bisnis Anda lama kelamaan akan mengalami gulung tikar.

Kondisi customer chun harus segera di hentikan karena bisnis akan mengalami kerugian jika kehilangan pelanggan lama. Anda harus bekerja keras lagi untuk menemukan pelanggan baru. Nah berikut ini kita akan mengenal customer chun dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Cara Penyebab Customer Chun

Ada banyak faktor yang menyebabkan pelanggan meninggalkan bisnis Anda. Antara lain merasa tidak di perhatikan oleh bisnis Anda, pelayanan yang kurang makasimal atau produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Anda harus dapat mengetahui alasan mereka meninggalkan bisnis Anda terlebih dahulu sebelum memperbaiki. Untuk mengetahui penyebab pelanggan meninggalkan bisnis Anda.

Anda dapat menanyakan langsung pada mereka untuk memberikan feedback. Baik melalui media sosial, email, chat, telepon, channel dan lain sebagainya.

Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Kamu dapat memanfaatkan internet untuk dapat membantu mengembangkan bisnis. Misalnya saja melalui media sosial, toko online, website dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Customer Engagement

Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Dalam berbisnis, Anda harus dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal ini sangat penting di lakukan membangun hubungan emosional dengan pelanggan. Selain itu dengan adanya hubungan yang kuat, Anda juga akan mengatahui kebutuhan pelanggan.

Hubungan yang baik dengan pelanggan akan membuat pelanggan merasa lebih di hargai dan puas. Jika pelanggan sudah merasa puas maka keuntungan yang Anda dapatkan secara tidak langsung pelanggan akan memberi informasi pengalaman positif mereka ketika membeli produkmu.

Baca juga : 4 Tips Memilih Pinjaman untuk Modal Usaha

Jika anda telah memiliki pelanggan lama, maka anda dapat meminta feedback  yang positif untuk bisnis Anda. Feedback ini akan berdampak baik bagi bisnis kamu.

Bahkan dengan feedback positif dapat mengundang pelanggan baru untuk melirik bisnis kamu. Hal ini sangat penting bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis online.

Konsumen dapat mengetahui baik tidaknya bisnis kamu tergantung dari review yang diberikan oleh konsumen sebelumnya. Semakin baik ulasan dari konsumen sebelumnya, maka akan berdampak baik bagi konsumen selanjutnya.

3. Memberikan Reward Pelanggan

Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Memiliki program reward merupakan solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi customer chun. Sebab pelanggan akan termotivasi untuk terus berlangganan untuk mendapatkan reward tersebut. Namun reward yang di berikan harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda menerapkan sistem kartu member.

Setiap pelanggan yang berbelanja di toko Anda akan  mendapatkan koin jika sudah memiliki kartu member. Koin yang di dapatkan dapat di tukar untuk membayar produk belanjaan. Hal ini tentunya akan menarik bagi pelanggan. Sehingga mereka akan terus berlangganan di toko Anda dan berharap akan mendapatkan reward tersebut.

Memberikan reward pada konsumen juga dapat membuat konsumen untuk tidak mudah berpaling dari bisnis kamu. Strategi ini juga sudah banyak dilakukan oleh banyak minimarket maupun pusat perbelanjaan.

4. Menjadi Lebih Proaktif

Untuk mengatasi customer chun lebih maksimal, Anda dapat menjadi lebih proaktif dengan pelanggan. Anda dapat meminta bantuan dari mereka untuk memberikan feedback baik berupa kritik atau saran untuk bisnis Anda.

Selain itu ada juga dapat menanyakan mengenai kebutuhan apa yang di butuhkan oleh pelanggan. Sehingga dari hasil ini dapat Anda jadikan sebagai bahan evaluasi produk Anda ke depannya agar menjadi baik lagi.

Baca juga : Kiat Meningkatkan Customer Loyalt Raup Banyak Cuan!

Jangan malu untuk menghubungi custumer dan meminta ulasan. Jika ada komplain, maka dengerkan terlebih dahulu. Kemudian kamu dapat memberikan solusi bagi customer tersebut.

Apapun jenis bisnis kamu, usahakan untuk mengelolanya dengan baik. Usaha yang baik akan menghasilkan produk yang baik kamu. Termasuk dengan memilih Aplikasi Kasir Pintar. Aplikasi Kasir Pintar yang dapat menjadi mitra bisnis kamu adalah Aplikasir.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasir ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis seperti UMKM, Toko Retail, Toko Online, Minimarket, Online Shop, Restoran atau Rumah Makan dan lain sebagainya.

Selain itu Aplikasi Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk ke pelanggan melalui pesan whatsapp. Aplikasir dapat digunakan di handphone, tablet maupun komputer sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya? – Untuk mengurangi customer chun, Anda juga harus memperhatikan perangkat kerja di toko Anda. Gunakan sofware yang dapat mendukung kecepatan dan ketepatan Anda dalam bekerja. Aplikasi adalah sofware yang tepat untuk mendukung bisnis Anda. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online.

Aplikasir tidak sedekar aplikasi kasir pintar. Namun Aplikasir juga dapat membantu owner  untuk mengawasi cabang toko, selain itu Anda juga tidak perlu merekap transaksi yang ada. Aplikasir memudahkan penggunanya untuk membantu mengelola bisnis. Sebab dengan menggunakan Aplikasir sudah secara otomatis merekap semua data transaksi.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Kenali 4 Manfaat Chat Marketing Bagi Bisnis

Kenali 4 Manfaat Chat Marketing Bagi Bisnis

Chat markering merupakan strategi media pesan singkat yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Dengan menghubungkan antara penjual dan pembeli melalui obrolan pesan di harapkan dapat mendorong penjualan dan pembelian. Kenali 4…
Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi

Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini

Dalam bisnis tentu selalu ada saja persaingan. Baik bisnis besar maupun bisnis sekelas UMKM pasti selalu ada saja persaingan. Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini – Belum lagi…
Jualan Makanan yang Laris Manis Pada Musim Hujan

Jualan Makanan yang Laris Manis Pada Musim Hujan

Ingin punya usaha yang laris manis?. Tentunya semua orang pasti ingin banget donk. Nah kamu dapat membaca situasi dan kondisi terlebih dahulu. Pada bulan Oktober umumnya di Indonesia mengalami musim…
4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

Pentingnya Promosi Bagi Bisnis Anda

Promosi merupakan elemen yang penting dalam strategi pemasaran bisnis. Maka dari itu setiap pelaku bisnis harus memahami cara promosi yang efektif dan efisien. Pentingnya Promosi Bagi Bisnis Anda – Oleh…