Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!
Pengelolahan stok barang merupakan hal yang tidak dapat di pisahkan dari bisnis. Anda tahu tidak jika pengelolahan barang yang tidak tepat akan membuat bisnis Anda menjadi kacau?.

Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang! – Banyangkan saja jika Anda tidak pandai dalam mengelola stok barang maka akan berimbas pada pesanan konsumen. Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen karena Anda kekurangan stok barang.

Konsumen akan meresa kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan membuat citra bisnis Anda menurun. Jika hal ini terus terjadi secara terus menerus maka Anda harus mengevaluasi cara membuat stok barang yang tepat.

Pada saat bisnis kamu sedang ramai pelanggan, tentunya kamu harus memiliki stok yang memadai bukan. Pelanggan akan kecewa jika stok barang kamu habis.

Oleh karena itu, menjaga stok barang merupakan hal yang penting. Jangan sampai kamu menyepelekan stok barang pada bisnis kamu, sebab akan berakhir fatal.

Baca juga :  Mengenal Omnichannel Teknologi Mengelola Bisnis

Jika kamu kekurangan stok barang pada saat banyak pelanggan. Pelanggan kamu akan kecewa karena kehabisan produk atau brand kamu. Tidak menutup kemungkinan pelanggan kamu akan beralih ke kompetitor lain.

Jika hal ini tidak ingin terjadi pada bisnis kamu, maka kamu harus memperhatikan stok barang. Jangan sampai stok barang kamu habis pada saat banyak pelanggan yang membutuhkannya.

Namun sebelum Anda mengetahui cara mengelola barang yang tepat. Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kekurangan stok barang. Simak penyebab kekurangan stok barang di bawah ini!.

1. Data Stok Barang Tidak Akurat

Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab Anda kekurangan stok barang adalah data stok barang tidak akurat. Adanya ketidaksesuaian antara data stok barang dengan barang fisik.

Hal ini sering terjadi karena pencatatan data stok. Padahal efek dari keselahan pencatatan stok yang salah dapat menyebabkan kerugian.

Anda juga dapat mengecewakan pelanggan karena Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk menghindari adanya kesalahan data stok barang dengan barang fisik ada baiknya Anda melakukan pencatatan secara berulang.

Apalagi jika kamu telah memiliki bisnis yang besar. Akan banyak stok produk yang harus kamu periksa. Jika kamu menggunakan cara mencatat satu persatu barang maka akan memakan waktu yang sangat lama.

Terlebih lagi bagi Anda yang masih menggunakan catatan manual. Anda juga dapat menggunakan aplikasi kasir pintar. Pada umumnya aplikasi kasir pintar dapat membantu Anda dalam mencatat stok barang. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan.

 

2. Tidak Menambah Stok Pada Waktu yang Tepat

Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Telat membeli barang juga dapat menyebabkan Anda menjadi kekurangan stok barang. Misalnya ada barang yang sangat laris di pasaran sehingga pesanan menjadi membludak.

Saat barang habis Anda baru memikirkan untuk membeli stok barang. Sementara untuk membeli barang ke supplier,  pasti membutuhkan waktu untuk pengiriman.

Baca juga : 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Pintar

Namun  permintaan konsumen terus meningkat. Pada akhirnya Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan konsumen menjadi kecewa.

Untuk meminimalisir hal ini, maka Anda dapat berbelanja stok barang ketika barang menipis. Jangan tunggu hingga barang habis pada saat permintaan konsumen masih tinggi.

Kamu juga harus rutin untuk selalu mengecek persediaan barang. Perhatikan barang keluar dan masuk, sehingga kamu akan mengetahui waktu yang tepat untuk dapat

Sehingga pada saat ada banyak konsumen. Semua konsumen akan mendapatkan produk kamu. Tidak akan ada pelanggan yang kecewa dengan produk kamu.

3. Kurang Mengecek Barang Fisik

Penyebab lainnya yang menyebabkan Anda selalu kekurangan stok barang adalah Anda kurang mengecek barang fisik di gudang.  Terlebih lagi jika Anda hanya mengecek barang satu tahun sekali pasti barang dalam data Anda tidak sesuai.

Misalnya barang A dalam catatan berjumlah 10. Namun karena Anda hanya mencatat setahun sekali maka yang Anda ketahui stok barang A 10. Namun pada kenyataannya barang A hanya tinggal 5.

Baca juga :  5 Alasan Anda Membutuhkan Aplikasi Kasir Pintar untuk Bisnis Anda

Untuk menghindari kejadian seperti ini alangkah lebih baiknya untuk mengecek stok barang satu bulan empat kali. Dengan mengecek secara rutin Anda juga akan mengetahui barang mana yang laris di pasaran.

Kamu dapat rutin untuk berkunjung ke gudang untuk memeriksa keadaan stok barang kamu. Sehingga kamu dapat memutuskan sendiri apakah kamu perlu menamba stok atau tidak.

Kamu gak perlu khawatir lagi untuk dapat kehabisan ruang penyimpanan ketika menggunakan Aplikasir. Sebab, aplikasir merupakan aplikasir yang ringan, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat menjual barang dengan harga ecer maupun harga grosir.  Kamu bahkan dapat mengirim struk pembayaran langsung kepada konsumen melalui pesan whatsapps.

Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang! – Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Sebelum kamu mengirim struk ke pelanggan. Pastikan data pelanggan termasuk nomor whatsapp sudah ada difitur pelanggan.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Mulai dari usaha cafee, restoran, rumah makan, mini market, online shop, toko retail dan lain sebagainya. Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Tips Pasang Iklan di Facebook Ads

Tips Pasang Iklan di Facebook Ads

Melakukan promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan ke website. Salah satu fitur yang dapat kamu lakukan untuk promosi di facebook ialah facebook ads. Tips Pasang Iklan di Facebook Ads – Facebook ads…
Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Anak-anak pada umumnya lebih suka bermain. Mereka begitu asyik dengan dunia mereka. Masa anak-anak tidak adalah masa bermain yang sangat menyenangkan. Mereka juga suka jajan tanpa menyisihkan uang saku mereka. …
Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan

Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan

Di setiap kota pasti kamu akan banyak menemukan orang yang berjualan bubur ayam. Bubur ayam merupakan makanan yang mudah di temui. Peluang Usaha Bubur Ayam yang Menguntungkan – Kebanyakan orang…
Tips Jitu Meningkatkan Engagement Instagram

Tips Jitu Meningkatkan Engagement Instagram

Sudah bukan barang rahasia lagi jika instagram kini di jadikan sebagai media marketing. Baik pelaku bisnis kecil dan besar pada saat ini sudah memiliki akun bisnis instagram. Tips Jitu Meningkatkan Engagement…