Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula
Memiliki suatu bisnis merupakan impian banyak orang. Suatu bisnis pasti membuthkan modal usaha.

Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha – Modal usaha dalam bisnis merupakan komposisi bisnis yang sangat penting. Banyak bisnis yang gulung tikar bukan karena pemasarannya yang buruk. Namun karena tidak dapat mengelola modal bisnis dengan baik.

Mengelola modal bisnis tentu bukan hal tidak mudah. Kamu harus membutuhkan persiapan yang matang untuk dapat mengelola modal bisnis dengan baik.

Kamu tentunya menginginkan bisnis kamu  dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama bukan. Maka dari itu, kamu harus dapat memiliki perencanaan modal bisnis yang baik.

Gunakan modal bisnis tersebut untuk memaksimalkan bisnis kamu. Kamu dapat membeli berbagai kebutuhan bisnis kamu. Bisnis yang kamu jalankan juga dapat berkembang dengan baik jika kamu dapat mengelola modal bisnis dengan baik.

Baca juga :  5 Cara Terbaik Bisnis Warung Kelontong

Mengelola modal usaha membutuhkan strategi agar modal usaha tidak tercampur dengan uang untuk kepentingan pribadi. Terlebih lagi bagi Anda yang seorang pemula, untuk mengelola bisnis dibutuhkan strategi. Anda ingin tau tips mengelola modal usaha bagi pemula. Berikut ini tips cerdas mengelola modal usaha.

1. Membuat Rekening Secara Terpisah

Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Meskipun Anda kini hanya mengelola bisnis kecil-kecilan, namun Anda dapat membuat rekening secara terpisah. Buatlah rekening usaha Anda dan rekening untuk kebutuhan pribadi Anda.

Manfaat dari membuat rekening secara terpisah agar keuangan bisnis dan keuangan pribadi Anda tidak tercampur. Jika keuangan bisnis dan keuangan pribadi Anda tercampur, maka, resiko uang bisnis terpakai untuk kepentingan akan semakin besar.

Dengan membuat rekening yang terpisah juga akan membantu kamu mengetahui kondisi keuangan bisnis kamu. Apakah keuangan bisnis kamu sedang dalam keadaan baik-baik saja atau tidak.

Anda juga membuat catatan modal dan pengeluaran pada Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Dengan menggunakan aplikasir segala catatan transaksi dalam bisnis Anda dapat terekam secara detail.

2. Fokus Pada Satu Usaha

Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Jika Anda merupakan seorang pemula, maka Anda dapat fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Fokus pada satu bisnis akan membantu kesetabilan modal usaha Anda. Jika Anda seorang pemula dan masih belum memiliki banyak modal, maka usaha fokus pada satu usaha akan menjadi kebutuhan yang efektif.

Baca juga :  5 Tips Sukes Bisnis Caffee yang Menguntungkan

Anda juga dapat mengembangkan bisnis secara maksimal jika hanya fokus pada satu usaha. Sembari mengembangkan bisnis dan mengumpulkan modal untuk membuka cabang atau membuka bisnis lain. Jadi Anda dapat maksimal mengelola bisnis Anda agar tumbuh menjadi besar.

tergoda untuk membuka jenis usaha lainnya. Dengan kamu membuka usaha lainnya maka fokus kamu akan terpecah. Kamu tidak dapat menjalankan bisnis kamu dengan fokus jika kamu tergoda membuka bisnis lainnya.

3. Kurangi Meminjan Pinjaman

Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia bisnis. Hindari untuk meminjam pinjaman atau berhutang. Lebih baik fokus mengelola bisnis dengan modal seadanya. Anda dapat fokus untuk mengembangkan bisnis dengan modal seadanya.

Hindari untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Misalnya Anda meminjam uang untuk membeli AC, padahal Anda masih dapat menggunakan kipas angin.

Baca juga :  Lika Liku Permasalahan Olshop yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda tetap meminjam pinjaman untuk membeli AC, Anda akan membayar angsuran untuk setiap bulannya. Belum lagi biaya penggunaan listrik akan meningkat. Pengeluaran Anda juga akan semakin membangkak. Namun bisnis yang Anda kelola belum tentu akan berkembang dengan baik.

4. Memonitor Arus Keuangan

Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Memonitor arus keuangan dapat membantu kamu untuk melihat kondisi keuangan bisnis kamu. Agar keuangan Anda stabil, Anda harus memonitor arus keuangan dengan baik. Anda membutuhkan sofware yang dapat membantu Anda dalam mengelola laporan keuangan Anda.

Aplikasi dengan segudang fitur yang dapat membantu bisnis Anda ialah Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai usaha seperti toko, online shop, warung kelontong, UMKM dan lain sebagainya.

Baca juga : 4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi!

Agar bisnis Anda berjalan dengan baik, maka Anda membutuhkan stategi pemasaran. Pada saat ini strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh banyak pembisnis ialah dengan mamanfaat online marketing. Banyak orang yang memanfaatkan media sosial dan website untuk mempromosikan bisnis.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian hingga kepegawaian. Aplikasir dapat digunakan dihandphone, laptop maupun komputer. Kamu gak usah takut lagi bakalan kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir.

Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula – Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyempanan lagi. Salain itu Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Namun, penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dihandphone.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data. Mode offline Aplikasir hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone.

Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir tidak sedekar aplikasi kasir pintar. Namun Aplikasir juga dapat membantu owner  untuk mengawasi cabang toko, selain itu Anda juga tidak perlu merekap transaksi yang ada. Sebab dengan menggunakan Aplikasir sudah secara otomatis merekap semua data transaksi

Namun Anda saat ini dapat membuat website dalam hitungan detik hanya dengan satu Aplikasi. Anda dapat menggunakan Aplikasir untuk membuat website. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online.

Aplikasir dapat merekam segala transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Anda dapat manambahkan data modal bisnis, pengeluaran, stok barang, kebutuhan kasir dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Aplikasir, Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan. Untuk melihat keuangan Anda dapat dengan menu grafik statistik untuk melihat perkembangan bisnis Anda. Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu ya.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis!

Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis!

Keinginan dari sebuah bisnis yang berjalan adalah mendapatkan keuntungan atau laba. Mendapatkan keuntungan atau laba bahkan dapat menjadi motivasi Anda membangun sebuah bisnis. Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis! – Namun…
Intip Faktor Bisnis Tidak Berkembang Berikut Ini!

Intip Faktor Bisnis Tidak Berkembang Berikut Ini!

Dalam setiap bisnis tidak selamanya berjalan dengan mulus. Terkadang bisnis mengalami kendala. Bisnis yang sudah dijalani lama tidak ada perkembangannya. Bahkan terkadang bisnis yang kamu kelola macet bahkan tidak berkembang…
Mengenal Program Afiliasi dan Keuntungannya

Mengenal Program Afiliasi dan Keuntungannya

Di era perkembangan teknologi di gital saat ini ada banyak cara untuk mencari uang. Terlebih lagi bagi Anda yang belum ingin menambah penghasilan. Mengenal Program Afiliasi dan Keuntungannya – Salah…
Buka Bisnis Thrift Shop? Simak Selengkapnya

Buka Bisnis Thrift Shop? Simak Selengkapnya

Anda mungkin pernah mendengar istilah thrift shop. Thrift shop merupakan toko yang menjual barang bekas layak pakai. Buka Bisnis Thrift Shop? Simak Selengkapnya – Dapat di bilang thrift shop merupakan…