Tips Mengelola Stok Barang di Gudang

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang
Mengelola stok barang tentu saja sangat penting bagi kamu pelaku bisnis. Terlebih lagi jika kamu memiliki banyak stok barang. Tentunya kamu harus dapat mengelola stok barang tersebut dengan baik.

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang – Stok barang yang banyak tentunya membutuhkan penanganan khusus. Jika tidak, kamu dapat mengalami kerugian seperti barang rusak, cacat dan lain sebagainya. Jika barang rusak maka akan menyebabkan kerugian bagi kamu.

Oleh karena itu, kamu harus dapat pintar-pintar dalam mengelola stok barang di gudang. Bagi pelaku bisnis yang sudah besar mereka akan memiliki tim khusus yang menanganin stok barang di gudang.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet

Pekerjaan mengelola stok barang di gudang tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu perhatian karena barang yang lama di simpan dalam gudang berpotensi akan rusak sebelum laku terjual. Maka dari itu kamu harus memiliki sistem yang baik dalam mengelola  stok barang dalam gudang.

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengelola keuangan. Mulai dari kemungkinan kerusakan barang, masa kadaluarsa, data barang dan lain sebagainya. Jika barang sudah banyak maka kamu membutuhkan cara mengelola stok dengan menggunakan aplikasi untuk membantu pekerjaan kamu.

Mau tau bagaimana cara mengelola stok barang yang baik. Berikut ini Tips Mengelola Stok Barang di Gudang.

1. Memiliki Gudang atau Tempat yang Cukup

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang

Ketika kamu memiliki stok barang yang banyak maka hal kamu juga harus memiliki tempat atau gudang khusus untuk menyimpan stok barang kamu. Pastikan gudang kamu dapat  menyimpan barang dagangan pada tempat yang telah kamu sediakan meskipun bisnis kamu masih tergolong bisnis kecil.

Jika kamu pelaku bisnis kecil maka kamu dapat memanfaatkan tempat seperti garasi rumah atau kamar kosong kamu untuk kamu jadikan penyimpanan. Meskipun bisnis kamu masih tergolong bisnis kecil namun, kamu menyediakan tempat untuk stok barang.

Jika memang belum memadai, kamu dapat menggunakan etalase, atau kotak penyimpanan untuk menyimpan stok barang kamu. Pada intinya kamu harus dapat menyiapkan ruangan khusus untuk menyimpan.

2. Membuat Catatan Stok Barang

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang

Ketika kamu memulai untuk mengelola stok barang di gudang maka kamu harus disiplin dalam membuat catatan stok barang. Jika bisnis kamu sudah termasuk bisnis yang besar maka kamu juga sudah memiliki banyak stok barang. Maka dari itu, minimal kamu memiliki satu orang karyawan khusus untuk mengurus barang stok barang kamu.

Jika bisnis kamu masih dalam skala kecil maka kamu sendiri dapat turun langsung untuk membuat catatan stok barang. Pada saat ini membuat catatan stok barang secara manual tentu saja merepotkan. Pada saat ini kamu membutuhkan aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mambantu mambuat catatan stok barang.

Baca juga :  Panduan Update Data Produk

Aplikasi yang dapat membantu kamu adalah Aplikasir. Aplikasir memiliki fitur data produk. Dalam fitur tersebut kamu dapat menambahkan produk stok barang yang ada dalam guna. Kamu jadi tidak perlu lagi untuk mencatatnya secara manual.

Dalam fitur ini juga dapat terdapat kategori barang yang memudahkan kamu dalam mencari data. Selain itu, ada juga rincian produk seperti kode, nama barang, stok, pokok, jual, grosir, minimal, stok, nilai stok, tampilan offline maupun offline.

3. Membuat Kode Setiap Produk

Persediaan barang di gudang yang banyak tentu saja membuat kamu menjadi bingung. Biar kamu gak bingung lagi maka kamu dapat membuat kode setiap produk yang terdapat di gudang. Caranya beragam, mulai dari menandai produk dengan warna, kode angka dan lain sebagainya.

Pastikan kamu memahami mengenai kode yang kamu buat. Kode ini akan membantu kamu dalam mengenali barang dan spesifikasi dalam waktu yang cepat. Maka dari itu usahakan gunakan kode yang tidak sederhana dan mudah dimengerti.

Selain itu, penggunaan kode barang juga akan memudahkan kamu dalam peletakkan barang di gudang. Jadi, ketika kamu ingin mengambil barang dalam secara cepat maka kamu dapat mengetahui letak barang yang kamu cari.

4. Memisahkan Stok Barang Lama dan Barang Baru

Dalam menyimpan stok barang kamu juga harus dapat memisahkan stok barang lama dan barang baru. Dengan kamu memisahkan stok barang lama dan baru akan membuat kamu menjadi tidak kebingungan dalam menghitung stok barang lama dan baru.

Jadi kamu dapat mengetahui stok barang lama yang belum terjual untuk meminimalisir kerugian. Selain itu, stok barang lama juga dapat kamu diskon agar cepat terjual. Jadi, stok barang kamu tidak akan ada yang menumpuk atau rusak karena tidak laku terjual.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Sovenir Pernikahan Low Bugdet

Maka dari itu, sangat penting dalam melakukan penyimpanan stok barang dengan baik. Jika tidak, maka barang kamu akan menumpuk dan menyebabkan kerugian. Ada baiknya baiknya barang yang belum laku terjual kamu dapat diskon atau sebagai give away agar barang kamu tidak menumpuk begitu saja.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

 

You May Also Like
4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

4 Tips Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut

Perjalanan dalam sebuah bisnis tidak selalu berjalan dengan baik. Adakalanya kamu mengalami kagagalan dalam bisnis. Kegagalan merupakan resiko yang mau tidak mau harus kamu hadapi. Tentunya hal ini dapat terjadi…
4 Tips Foto Produk Menarik dan Estetik

Pentingnya Aplikasi Kasir Online untuk UMKM

Pelaku usaha UMKM merupakan mereka yang membangan usaha dengan skala yang kecil atau terbatas. Modal pelaku bisnis UMKM juga kebanyakan terbatas. Selain itu, kondisi bisnis UMKM juga terbatas. Dengan segala…
Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui

Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui

Profesi kasir banyak di jumpai di berbagai sektor bisnis. Terlebih lagi saat kamu berbelanja di mini market, restoran, swalayan dan lain sebagainya. Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui – Profesi kasir sangat…