Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon

Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon

Memiliki bisnis seperti warung kelontong tentunya memiliki resiko konsumen kasbon. Terlebih lagi konsumen kamu adalah tetangga atau orang di sekitar kamu. Tentunya kamu tidak enak hati jika tidak memberikan kasbon kepada konsumen kamu. 

Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon – Ada juga pemilik warung kelontong yang enggan memberikan kasbon kepada pelanggannya. Bahkan pada beberapa waktu lalu ada viral warung kelontong yang terang-terangan enggan memberikan hutang. Hal ini karena pemilik warung tidak mau ribet untuk menangih atau menghadapi konsumen yang enggan membayar.

Pada saat ini kita juga sering melihat pengumuman-pengumuman serupa di depan warung. Dari sisi konsumen yang kasbon juga ia mulai bingung untuk membayar kasbon. Belum lagi jika catatan kasbonnya hilang.

Baca juga : 4 Tips Membangun Kerja Sama dengan Supplier

Kasbon memang menjadi permasalahn dalam dunia bisnis. Terlebih lagi bagi pelaku usaha warung kelontong. Ada saja konsumen yang ingin kasbon terlebih dahulu. Ada yang membayarnya tepat waktu ada juga yang susah membayar atau enggan membayar.

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha warung. Lantas bagaimana cara menghadapi konsumen yang selalu kasbon dalam warung kelontong kamu. Tentunya kamu harus berani untuk menagihnya secara baik-baik terlebih dahulu.

Penasaran bagaimana menghadapi konsumen yang suka kasbon. Berikut ini Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon.

1. Mulai Memilih Konsumen

Tips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan

Memberikan layanan kasbon tentu saja akan membuat  konsumen kamu dapat menjadi pelanggan setia. Namun, jika pelanggan tersebut terus terusan kasbon dan enggan membayar tentu saja akan membuat kamu menjadi rugi. Hal ini tentu saja membuat bisnis kamu menjadi tidak sehat.

Oleh karena itu, kamu saat ini mulai dapat memilih-milih konsumen yang boleh kasbon. Pilihlah konsumen yang dapat membayar kasbonnya tepat waktu. Konsumen yang memiliki komitmen yang baik untuk membayar hutang mereka.

Maka dari itu, kamu juga harus pintar-pintar dalam memilih konsumen yang dapat membayar hutang tepat waktu, gampang dihubungi, gak ribet saat ditagih dan sering belanja ke warung kamu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam melakukan komunikasi.

2. Memberikan Batas Waktu

Tips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memberikan batas waktu. Kamu juga harus membuat komitmen dengan konsumen waktu untuk membayar kasbon mereka. Untuk dapat mendisiplinkan konsumen agar dapat membayar kasbon tepat waktu maka kamu dapat membuat sanksinya.

Baca juga : 4 Manfaat Laporan Penjualan bagi Pelaku Bisnis

Misalnya saja, ketika konsumen tidak dapat melunasi kasbon dalam jangka waktu tertentu maka konsumen tersebut tidak dapat mengambil kasbon kembali. Hal ini akan membuat konsumen yang kasbon menjadi lebih disiplin.

Modal bisnis kelontong kamu juga akan mudah berputar. Konsumen juga dapat kasbon terlebih dahulu jika kamu tidak memiliki uang. Hal ini akan menguntungkan antara pelaku bisnis dan konsumen.

3. Memberikan Batas Jumlah Kasbon

Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon

Langkah selanjutnya yang dapat kamu tempuh adalah memberikan batas jumlah kasbon. Kamu dapat membuat janji terlebih dahulu ketika konsumen kasbon. Misalnya, satu konsumen hanya diperbolehkan 5x kasbon atau membatasi dengan jumlah nominal.

Dengan cara ini tentunya akan membuat warung kelontong kamu tidak menumpuk dengan konsumen yang banyak kasbon. Konsumen juga tidak dapat kasbon jika sudah memebuhi jumlah kasbon.

Konsumen harus melunasi kasbon mereka terlebih dahulu. Kemudian, mereka dapat mengambil kasbon lagi. Konsumen juga akan lebih disiplin dan tidak seenaknya dalam membuat kasbon.

Selain itu, kamu juga dapat membatasi jumlah kasbon dalam sebulan. Misalnya saja, kamu hanya membatasi kasbon satu bulannya hanya 500 ribu saja. Dengan begitu akan lebih mudah untuk dapat memutar uang modal warung kamu.

4. Mencatat Kasbon dengan Rapi

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat

Ketika kamu sudah memutuskan  untuk memberikan layanan kasbon untuk konsumen maka mau tidak mau kamu harus dapat mencatat kasbon dengan rapi. Jangan sampai catatan kasbon hilang begitu saja. Pada saat ini sudah tidak zaman lagi menggunakan catatan dengan mencatat satu persatu pada buku tulis.

Maka dari itu, kamu kamu membutuhkan Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir POS. Tidak hanya memberikan layanan untuk membantu pekerjaan kasih menjadi semakin mudah. Aplikasir juga membantu kamu untuk dapat mencatat hutang atau kasbon.

Setiap pelanggan kasbon atau berhutang maka kamu dapat mencatatnya langsung di Aplikasir. Cara ini tentunya akan memudahkan kamu untuk menghindari data yang hilang atau tertukar. Dengan menggunakan Aplikasir semua data pelanggan yang melakukan kasbon akan tersimpan dengan rapi.

Baca juga : Panduan Mencatat Kasbon

Jika ada konsumen yang membayar hutang atau kasbonnya maka kamu dapat segera mengurangi langsung pada  Aplikasir. Selain itu, kamu juga dapat langsung mencetaknya pada struk pembayaran.

Jadi, konsumen juga memiliki bukti bahwa mereka sudah membayar hutang mereka. Dengan Aplikasir bisnis kamu akan lebih mudah. Semua data yang kamu simpan juga akan aman dan kamu juga terhindar dari kehilangan data karena catatan hilang. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Aplikasir.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
7 Tips Membuka Usaha Kosmetik Sukses

7 Tips Membuka Usaha Kosmetik Sukses

7 Tips Membuka Usaha Kosmetik Sukses  – Perempuan mana sih yang tidak ingin cantik.Seorang perempuan pasti ingin selalu tampil cantik. Banyak perempuan yang rela melakukan apa saja agar dapat terlihat…
5 Keuntungan Menjalani Kehidupan Sederhana

4 Alasan Penting Visual Marketing untuk Promosi

Apakah kamu pernah mendengar istilah visual marketing?. Atau saat ini kamu sedang menjalankan teknik visual marketing ini. 4 Alasan Penting Visual Marketing untuk Promosi – Cara ini digadang-gadang menjadi teknik…
6 Cara Jitu Membangun Usaha Warung Kelontong

Usaha Warung Kelontong? Yukk Simak 6 Tipsnya

Di sekitar rumah kamu pasti selalu ada saja orang yang membuka usaha warung kelontong. Setiap desa pasti ada yang membuka usaha warung kelontong. Usaha warung kelontong sudah ada sejak dulu…
4 Cara Negosiasi dengan Supplier

4 Cara Negosiasi dengan Supplier

Dalam berbisnis negosiasi tentunya hal yang paling penting. Baik untuk mendapatkan konsumen maupun suplier kamu harus dapat pandai dalam hal negosiasi.  Negosiasi sangat penting untuk dapat membangun kerja sama dengan…