Tips Sukses Bisnis Bersama Teman

Tips Sukses Bisnis Bersama Teman

Sukses bisnis bersama teman adalah hal yang menyenangkan. Kamu dapat membuat suatu bisnis bersama temanmu. Membangun bisnis dengan teman tentunya menyenangkan karena kamu sudah paham watak satu sama lainnya. Kamu tidak perlu lagi beradaptasi dengan rekan bisnismu. 

Tips Sukses Bisnis Bersama Teman – Berbisnis dengan teman yang sudah kamu kenal lama juga meminimalisir kejadian penipuan karena kalian sudah sejak lama saling mengenal. Tentunya menjalankan bisnis akan terasa sangat menyenangkan. Namun dalam menjalankan bisnis dengan teman kamu juga harus memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Baca juga : Mengatur Keuangan Pada Masa Pandemi? Simak Tipsnya Biar Gak Boros

1.  Visi Misi yang Sama

Visi Misi yang Sama

 

Dalam membangun bisnis bersama teman kamu harus dapat menyamakan visi misi usaha yang akan kalian kelola bersama. Meskipun kalian sudah kenal lama, namun dalam membangun bisnis kalian harus mendiskusikan visi misi untuk membangun bisnis bersama.

Jika kamu memiliki visi misi yang yang berbeda dengan teman bisnismu makan akan sering terjadi pengambilan keputusan yang tidak tepat. Meskipun kelihatannya sepele, namun visi misi ini sangat penting untuk usaha kalian kedepannya.

2. Bisnis Bersama Teman dengan Perjanjian Hitam di Atas Putih

Bisnis Bersama Teman dengan Perjanjian Hitam di Atas Putih

Dalam membangun bisnis bersama teman, kamu harus tetap menggunakan perjanjian yang jelas. Perjanjian ini dapat digunakan sebagai pengikat yang sah dan kuat di mata hukum. Dengan adanya perjanjian juga akan meminimalisir adanya penipuan. Dalam beberapa kasus terdapat  bisnis yang dijalankan dengan teman berujung dengan penipuan karena tidak adanya perjanjian hukum yang mengatur kesepakan antara mereka. Kamu harus dapat memisahkan urusan pertemanan dengan urusan bisnis. Jika kamu tidak ingin adanya kerugian atau penipuan yang akan mengancam bisnismu. Maka sebaiknya kamu harus ada perjanjian yang akan mengikat kalian secara hukum.

Baca juga : Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

3. Resiko Perselisihan

Resiko Perselisihan

 

Ketika kamu memutuskan untuk bisnis bersama teman. Kamu juga harus siap menghadapi resiko jika suatu saat nanti kamu akan berbeda pendapat dengan temanmu sendiri. Kamu harus siap jika kamu akan menghadapi masalah perbedaan pendapat. Resiko ini mau tidak mau harus kamu hadapi. Dalam berbisnis bersama tentunya akan ada saja pendapat yang berbeda. Kamu dan temanmu harus dapat membicarakannya secara baik-baik. Terlebih lagi kalian berdua sudah mengenali watak masing-masing. Tentunya kalian sudah dapat mengatasi resiko perselisihan yang terjadi.

Baca Juga : 5 Usaha Sampingan Bagi Fresh Graduate

4. Hilangkan Ego Masing-masing

Hilangkan Ego Masing-masing

Ketika kalian sudah memutuskan untuk membangun bisnis bersama teman. Tentunya kalian juga harus membuang ego masing-masing terlebih dahulu. Membangun bisnis bukan perkara untuk menentukan tempat jalan-jalan. Bisnis bersama teman adalah menyatukan ide menjadi satu tujuan untuk memajukan bisnis yang kalian kelola. Nah jadi kamu juga harus dapat menghilangkan ego kalian terlebih dahulu ya.

Dalam memasarkan produk bisnis yang kamu jual, kamu kini dapat menjualnya secara online. Kamu dapat menggunakan media sosialmu untuk menjual produk bisnismu. Selain menggunakan media sosial, kamu juga dapat menggunakan toko online. Dengan menggunakan toko online kamu dapat menjangkau lebih banyak target pemasaran. Toko online kini sudah banyak sekali. Toko online yang akan membantu kamu dalam berjualan online adalah Aplikasir. Aplikasi Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko online. Dalam Aplikasir kamu dapat membuat website secara gratis tanpa kamu harus membayar orang lagi untuk membuat website Toko online. Aplikasir juga akan membantu kamu dalam mengetahui grafik penjualan. Kamu tidak lagi pusing mencatat jumlah pemasukan kamu tiap bulan. Aku dapat melihatnya di grafik Aplikasir. Masih banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Tunggu apa lagi buruan dwonload di playstore.

You May Also Like
Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan

4 Tips Membangun Bisnis Kreatif

Dengan berkembangkan teknologi digital membuat banyak kalangan anak muda yang enggan untuk dapat bekerja di kantoran. Kebanyakan anak muda pada masa kini lebih memilih untuk membangun bisnis kreatif. 4 Tips…
Usaha Dimsum Frozen Ala Rumahan yang Menjanjikan!

Usaha Dimsum Frozen Ala Rumahan yang Menjanjikan!

Pada saat ini jajanan yang populer adalah dimsum. Makanan asal tirai bambu kini banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia. Pada awal kemunculannya makanan ini hanya dapat di nikmati di restoran…
Cara Melakukan Personalized Marketing dalam Bisnis

Brand Trust Sebagai Peran Penting Dalam Bisnis

Brand trust berasal dari dua kata bahasa inggris brand (merek) dan trust (kepercayaan). Secara singkat brand adalah loyalitas atau kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk. Brand Trust Sebagai Peran Penting Dalam Bisnis – Jadi brand trust merupakan…
Tips Kerja Marketing yang Harus Dipahami Pembisnis

Tips Kerja Marketing yang Harus Dipahami Pembisnis

Marketing merupakan kegiatan perusahan yang bertujuan untuk menarik konsumen atau pelanggan untuk menggunakan produk maupun jasa. Media yang di gunakan untuk marketing saat ini sangat beragam. Tips Kerja Marketing yang…