4 Cara Negosiasi dengan Supplier

4 Cara Negosiasi dengan Supplier

Dalam berbisnis negosiasi tentunya hal yang paling penting. Baik untuk mendapatkan konsumen maupun suplier kamu harus dapat pandai dalam hal negosiasi.  Negosiasi sangat penting untuk dapat membangun kerja sama dengan supplier. 

4 Cara Negosiasi dengan Supplier – Keterampilan negosiasi harus dapat kamu miliki untuk dapat melakukan kerja sama dengan supplier. Selain untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang baik kamu juga berkempatan mendapatkan barang dengan harga yang miring.

Terlebih lagi, supplier memiliki peran yang penting  bagi kelangsungan bisnis kamu. Apalagi bagi kamu yang memiliki bisnis pada bidang retail. Supplier memiliki peranan yang penting, maka dari itu kemampuan negosiasi sangat penting bagi usaha kamu.

Baca juga : 4 Tips Membangun Kerja Sama dengan Supplier

Bagi usaha yang sudah besar, juga masih membutuhkan banyak supplier. Maka dari itu, keterampilan negosiasi dengan supplier menjadi hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis. Dengan kamu pandai bernegosiasi dengan pihak supplier maka bisnis kamu akan menjadi lebih lancar.

Bagi kamu pelaku bisnis pemula, maka kamu harus dapat mulai belajar negosiasi dengan supplier. Kamu masih bingung bagaimana cara negosiasi yang baik dengan supplier. Berikut ini 4 Cara Negosiasi dengan Supplier yang dapat kamu ketahui.

1. Menjaga Komunikasi dengan Supplier

4 Alasan Mengapa Bisnis Harus Memiliki Opsi Pembayaran

Jika kamu ingin bisa  bernegosiasi dengan baik dengan pihak supplier maka kamu harus dapat menjaga komunikasi dengan baik dengan supplier. Dengan memberikan perhatian dan membangun hubungan baik dengan pihak supplier tentunya akan berdampak baik dengan usaha kamu. Kerja sama kamu dengan supplier akan terjalin dengan baik.

Kamu akan mudah untuk mendapatkan barang dari pihak supplier. Selain itu, kamu juga akan dengan mudah untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah namun kualitas barang berkualitas. Oleh karena itu, komunikasi merupakan hal yang sangat penting.

Komunikasi dengan supplier tidak hanya terbatas pada komunikasi kerja sama bisnis. Namun, kamu dapat berkomunikasi dengan supplier seperti mengobrol dengan kerabat atau teman. Dengan cara ini supplier akan nyaman bekerja sama dengan usaha kamu sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan di masa depan.

2. Meminta Rekomendasi Pelanggan dengan Supplier

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat

Perlu kamu ketahui bahwa supplier merupakan partner terbaik bisnis. Maka dari itu sangat penting untuk dapat membuat supplier merasa senang ketika menjalin kerja sama dengan usaha kamu. Ketika supplier sudah senang bekerja sama dengan usaha kamu, maka urusan kamu akan dipermudah.

Sebelum kamu melakukan negosiasi ada baiknya untuk dapat meminta rekomendasi pelanggan dengan supplier terlebih dahulu. Supplier sangat mengetahui berbagai tipe konsumen yang dapat menguntungkan bisnis kamu. Maka dari itu, jangan ragu-ragu untuk meminta rekomendasi pelanggan dengan supplier.

Baca juga : Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon

Kamu dapat dengan mudah mengatahui apa saja yang saat ini diinginkan oleh konsumen. Hal apa yang membuat konsumen merasa lebih senang. Terlebih lagi pelanggan akan suka menceritakan mengenai produk yang ia suka dan ada beberapa pelangan yang memberitahu harga yang mereka dapatkan.

Jadi, hal ini tentu sangat menguntungkan usaha kamu. Usaha kamu akan dengan mudah berkembang karena kamu sudah mengetahui konsumen yang tepat. Kamu akan mendapatkan keuntungan lebih dari strategi transaksi pada setiap produk.

3. Berpikir Seperti Supplier

4 Tips Usaha ATK Rumahan bikin Untung

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah berpikir seperti supplier. Supplier tentu saja ingin dapat menjual produknya yang banyak dengan cepat. Maka dari itu, kamu juga harus dapat memiliki prinsip yang sama dengan pihak supplier. Setidaknya, kamu harus dapat memberikan kesan bahwa kamu merupakan pekerja keras dalam bisnis.

Kamu juga harus membuktikan diri bahwa kamu dapat menjadi supplier yang dapat mencapai target. Kamu harus dapat menyakinkan supplier dengan kerja sama yang kamu bangun maka akan menghasilkan keuntungan yang banyak atau menghasilkan banyak uang. Membangun kepercayaan dan kredetibilitas merupakan hal yang penting dalam membangun kerja sama dengan supplier.

Dengan hasil kerja sama yang saling menguntungkan tentunya akan membuat hubungan kamu dengan supplier akan terjalin dengan baik. Kamu juga akan lebih mudah untuk bernegosiasi dengan supplier. Jadi, usahakan pola pikir kamu dengan supplier juga harus sama.

4. Buat Kesepatakan yang Menguntungkan

4 Cara Negosiasi dengan Supplier

Antara kamu dan  supplier ada baiknya untuk membuat kesepakatan yang saling menguntungkan. Dengan begitu pihak suppalier akan dapat memberikan banyak kemudahan bagi kamu. Misalnya saja, jika supplier tidak memberikan harga barang dengan harga yang murah, maka kamu dapat fokus ke sepakatan lainnya seperti uang muka yang rendah, waktu garansi yang lebih lana, diskon dalam pembelian banyak dan lain sebagainya.

Baca juga : 4 Manfaat Laporan Penjualan bagi Pelaku Bisnis

Kamu dapat negosiasi apapun dengan pihak supplier agar sama-sama menguntungkan. Dengan kamu membicarakan hal ini tentunya akan membuat usaha kamu menjadi sama-sama lebih berkembang. Supplier juga akan untung dengan bekerja sama dengan bisnis.

Maka dari itu, sangat penting perkembangan bisnis bagi usaha kamu. Kemampuan negosiasi ini juga dapat kamu asah jika kamu merupakan pelaku bisnis baru. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih untung.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

4 Cara Negosiasi dengan Supplier – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

 

You May Also Like
5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Bisnis

Bisnis Stagnan? Berikut Ini Cara Menanganinya

Setiap bisnis pasti ada tantangan yang harus dihadapi. Tantangan bisnis tidak hanya berlaku untuk bisnis baru saja. Bisnis Stagnan? Berikut Ini Cara Menanganinya – Namun, untuk bisnis yang sudah berjalan…
4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi!

4 Masalah Besar UMKM Yang Sering Terjadi!

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Pada setiap tahun jumlah UMKM di Indonesia semakin banyak. Pertumbuhan UMKM yang meningkat membawa kabar baik bagi perekonomian di…
4 Cara Membagi Waktu Pekerjaan Utama dan Sampingan

4 Cara Membagi Waktu Pekerjaan Utama dan Sampingan

Memiliki pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan tentu saja memiliki tantangan sendiri. Kamu harus dapat membagi waktu dalam melakukan dua pekerjaan sekaligus. 4 Cara Membagi Waktu Pekerjaan Utama dan Sampingan –…