5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui

5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui
Setelah berpuasa selama satu bulan penuh umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran. Hari kemenangan merupakan hari besar yang banyak dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia.

5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui – Maka dari itu ada banyak kebutuhan pada masa lebaran. Terlebih lagi ada banyak budaya pada saat hari lebaran mulai dari membeli baju baru, membuat kue kering, membeli parsel lebaran dan masih banyak lagi.

Akan banyak orang yang memiliki banyak pengeluaran pada saat lebaran namun, tidak terasa. Hal ini karena umat muslim senang menyambut hari raya idul fitri.

Namun, jika kamu tidak mengendalikan pengeluaran kamu, setelah lebaran kamu akan kebingungan karena saldo kamu tinggal nol rupiah.

Baca juga : 5 Kebutuhan Ramadhan yang Wajib Punya

Maka dari itu, kamu juga harus waspada dengan pengeluaran lebaran. Kamu harus memastikan setelah lebaran keuangan kamu tetap akan baik-baik saja.

Terlebih lagi pengeluaran lebaran sangat banyak dan mungkin membuat kamu kalap untuk belanja. Banyak toko yang juga menawarkan diskon harga dari berbagai kebutuhan lebaran.

Hal ini akan membuat kamu kalap belanja jika tidak memiliki daftar belanja terlebih dahulu. Bisa-bisa kamu malah membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Jadi sebelum kamu belanja ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu barang apa saja yang ingin kamu beli. Berikut ini 5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui.

1. Zakat

4 Manfaat Penggunaan Sofware Akuntansi

Hal yang harus kamu catat terlebih dahulu ialah membayar zakat atau amal. Zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim.

Alokasikan dana untuk zakat atau amal, zakat profesi, dan zakat fitrah. Lakukan hitungan setidaknya seminggu sebelum lebaran.

Dengan kamu melakukan hitungan zakat terlebih dahulu maka akan lebih baik. Sebab uang lainnya dapat dengan leluasa kamu gunakan untuk belanja.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika lupa untuk membayar zakat. Sebab hal yang paling penting untuk menyempurnakan ibadah puasa pada bulan ramadhan adalah dengan membayar zakat bagi seluruh umat muslim.

2. Mudik

5 Pengeluaran Lebaran  yang Perlu Diketahui

Mudik merupakan kegiatan yang sering dilakukan menjelang lebaran. Banyak orang yang ingin berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Merayakan lebaran tentunya akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. Memilih untuk melakukan perjalanan mudik berarti kamu juga harus siap untuk merencakan anggaran untuk mudik.

Baca juga :  5 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik Untuk Android

Banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk mudik. Mulai dari kondisi kendaraan yang prima jika menggunakan kendaraan pribadi, bekal selama perjalanan hingga bekal selama pulang kampung.

Kamu harus dapat merencanakan keuangan dengan dengan matang agar uang kamu cukup hingga kamu kembali lagi. Terlebih lagi jika kamu mudik menggunakan kendaraan umum. Akan terjadi peningkatan harga tiket pada saat mudik lebaran.

3. Baju Baru

5 Cara Menambah Followers Instagram

Lebaran di Indonesia identik dengan membeli baju baru. Membeli baju baru memang tidak wajib namun sudah menjadi kewajiban masyarakat Indonesia.

Setiap ramadhan banyak toko baju yang kebanjiran konsumen. Permintaan akan naik daripada hari biasanya.

Akan ada juga banyak model baju lebaran keluaran terbaru yang menjadi trend pada saat lebaran. Minat masyarakat untuk membeli baju pada saat lebaran juga tinggi.

Banyak pusat perbelanjaan yang akan mengeluarkan baju muslim model terbaru pada saat menjelang lebaran. Selain itu, banyak juga toko yang akan merekrut karyawan baru sementara agar mereka dapat melayani banyak konsumen yang datang.

4. Makanan Lebaran

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

Pada saat lebaran tentu sangat identik dengan berbagai makanan khas lebaran seperti ketupat opor, rendang, kue kering dan lain sebagainya. Tidak lupa kamu juga harus menyiapkan minum-minuman jika ada sanak keluarga yang datang bertamu ke rumah.

Kamu dapat membeli di swalayan atau toko makanan bahkan kamu juga dapat membuatnya sendiri. Misalnya sebelum lebaran kamu sudah membuat kue kering sendiri.

Baca juga :  5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

Membuat kue kering sendiri akan menghemat pengeluaran kamu. Hasilnya juga akan lebih banyak jika dibandingkan dengan kamu membeli.

Selain itu, membuat kue kering juga akan mengisi waktu luang kamu pada saat puasa. Jadi, kamu memiliki aktivitas produktif lainnya.

5. Dana Darurat

Solusi Memilih Niche Market Bisnis Online

Lebaran merupakan momen yang paling menyenangkan. Pada saat ini kamu akan merayakan hari kemenangan setelah satu bulan puasa.

Namun, tanpa kamu sadari pada saat lebaran ada banyak sekali pengeluaran. Maka dari itu kamu  harus mempersiapkan dana darurat lebaran.

Dana ini dapat kamu gunakan setelah lebaran atau pada saat dana lebaran telah habis. Jadi kamu tidak pusing lagi jika kamu kehabisan uang.

Kamu juga tidak akan berhutang setelah lebaran karena kamu kehabisan uang. Pastikan untuk menyiapkan dana darurat ini dengan matang.

Sebab kebutuhan lebaran sangat banyak bahkan ada banyak kebutuhan yang tidak terduga. Lebih baik kamu siapkan dana darurat agar tabungan kamu aman setelah lebaran.

Jangan sampai setelah usai lebaran kamu malah pusing karena saldo tabungan sudah tidak tersisa. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu malah jadi berhutang.

Tentunya kamu tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Maka dari itu, perhitungan dengan matang alokasi dana untuk lebaran.

Kamu juga harus displin untuk tidak membelanjakan barang pada saat lebaran untuk hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Hal ini akan membantu kamu untuk tidak keluar dari alokasi anggaran yang telah ditentukan.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui – Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Tips Sukses Pasang Iklan Youtube!

Tips Sukses Pasang Iklan Youtube!

Youtube merupakan salah satu platform untuk memasarkan produk kamu. Terlebih lagi keberadaan youtube saat ini sangat eksisi di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tips Sukses Pasang Iklan Youtube! – Setiap harinya ada banyak…
Karakter Orang Sukses Jadi Pengusaha

Karakter Orang Sukses Jadi Pengusaha

Karakter Orang Sukses Jadi Pengusaha – Setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Bahkan dalam setiap keluarga juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang memang terlahir dengan bakat…
Cara Membuka Toko Offline dengan Modal Minim

Cara Membuka Toko Offline dengan Modal Minim

Memiliki toko sendiri tentunya sangat menyenangkan. Kamu dapat dengan senang hati menjaul barang daganganmu. Meskipun kini toko online makin banyak. Namun masih banyak konsumen yang lebih puas dan percaya berbelanja di toko offline.…
4 Tips Memilih Pinjaman untuk Modal Usaha

Tips Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Salah satu cara agar bisnis kamu tetap berkembang ialah memiliki konsumen yang loyal. Namun, untuk mendapatkan konsumen yang loyal tidaklah mudah. Pelaku bisnis harus melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan…