5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan

5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan
Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Pada bulan ini umat muslim akan diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh.

5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan – Dengan berpuasa seharian penuh tentunya momen berbuka puasa adalah hal yang  paling ditunggu-tunggu. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari takjil untuk membatalkan puasa.

Menjadi penjual takjil menjadi merupakan salah satu bisnis yang dapat kamu lakukan pada bulan ramadhan. Akan banyak orang yang mencari takjil pada saat menjelang berbuka puasa.

Selain mendapatkan keuntungan juga dapat membawa keberkahan. Hal ini karena momen untuk jualan takjil hanya satu tahun sekali.

Baca juga : 5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui

Potensi keuntungan dari jualan takjil lumayan menguntungkan. Sebab, hampir semua masyarakat Indonesia pasti membeli takjil untuk menu berbuka puasa.

Tidak lengkap rasanya jika berbuka puasa tidak dengan membeli takjil. Takjil yang dijajakan juga beragam. Mulai dari makanan ringan, berat hingga minuman.

Pada bulan ramadhan akan banyak orang yang berjualan takjil dipinggir jalan. Kamu dapat dengan mudah menemukan penjual takjil.

Persaingan antar penjual takjil juga tidak dapat dihindari lagu. Namun, hal ini tidak menjadi alasan untuk menciutkan nyali kamu berjualan takjil.

Sebelum kamu berjualan takjil ada baiknya untuk mengetahui tips-tips jualan takjil. Berikut ini 5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan.

1. Menyiapkan Lokasi yang Strategis

Hal yang pertama harus kamu pikirkan adalah menyiapkan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis ini akan membantu kamu untuk dengan mudah menjangkau pelanggan.

Jika kamu memiliki rumah di pinggir jalan maka kamu dapat memanfaatkan halaman rumah untuk berjualan. Jika tidak, maka kamu dapat mendaftar di pasar ramadhan.

Namun, kamu harus dapat mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Sebab, biasanya kuotanya terbatas.

Jadi, ketika kamu sudah memiliki niatan untuk jualan takjil maka kamu harus mempersiapkan tempat jauh-jauh hari. Dengan begitu kamu memiliki lokasi yang strategis untuk jualan dan dapat dengan mudah dijangkau pelanggan.

Banyak orang yang membeli takjil sambil pulang dari kerja. Maka dari itu, usahakan tempat jualan kamu merupakan tempat yang statregis.

2. Membuat Menu Takjil Sendiri

Kenali 5 Persiapan Mudik Lebaran

Alangkah baiknya jika kamu berjualan takjil merupakan takjil dari buatan kamu sendiri. Meskipun merepotkan dan memakan waktu yang lebih banyak namun, dengan kamu membuat takjil sendiri kebersihan dari takjil kamu akan terjaga.

Selain itu, rasa dari takjil yang kamu buat sendiri akan berbeda jika kamu hanya menjual takjil dari orang lain. Selain itu, rasanya akan menjadi khas karena buatan kamu sendiri.

Baca juga : 5 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik Untuk Android

Rasa yang khas ini akan menjadi ciri khas tersendiri bagi pelanggan kamu. Bagi mereka yang menyukai takjil kamu, maka mereka akan kembali lagi karena menyukai rasa yang khas dari takjil buatan kamu.

Hal ini berbeda jika kamu menjual takjil dari buatan orang lain. Kamu tidak dapat menjamin kebersihan dan rasa dari takjil yang kamu jual.

3. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan

Ketika kamu sudah ada niatan untuk jualan takjil pada bulan ramadhan maka kamu harus mengadakan promosi jauh-jauh hari. Libatkan media sosial untuk dapat mempromosikan takjil yang kamu buat.

Dengan begitu, akan banyak orang yang tahu bahwa kamu berjualan takjil. Terlebih lagi pada saat ini media sosial memegang peranan penting untuk promosi jualan.

Kamu harus aktif mempromosikan jualan kamu di media sosial. Semakin kamu aktif promosi pada media sosial maka akan semakin banyak orang yang tahu.

Semakin banyak orang yang tahu maka akan banyak orang yang tertarik dan akan banyak orang yang berpeluang untuk membeli produk kamu. Jadi, jangan sepelekan media sosial untuk mempromosikan dagangan kamu.

4. Menjual Menu Takjil yang Paling Laris
5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan
5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan

Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kamu sudah paham dengan kebiasaan orang Indonesia. Begitu juga dengan kebiasaan buka puasa masyarakat Indonesia.

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa masyarakat Indonesia sendiri akan menyukai berbuka puasa dengan minuman yang segar, gorengan, kolak, kurma dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Kebutuhan Ramadhan yang Wajib Punya

Maka dari itu, kamu juga dapat berjualan menu takjil yang paling laris. Setiap ada pelanggan yang datang maka menu takjil yang jual juga ada.

Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak hanya menjual satu jenis takjil makanan. Dengan kamu menjual lebih dari satu jenis maka pelanggan juga akan memiliki jenis menu yang berbeda.

5. Mengajak Teman atau Keluarga

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

Jualan takjil akan terasa sepi dan melelahkan jika kamu hanya jualan seorang diri. Oleh karena itu, kamu dapat mengatasinya dengan mengajak teman atau keluarga untuk jualan bersama.

Dengan begitu akan ada orang yang membantu kamu ketika ada banyak pelanggan. Jualan kamu juga tidak terlalu melelahkan.

Jualan bersama teman atau keluarga akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Mereka dapat membantu kamu dalam melayani pelanggan.

Selain itu, mereka juga dapat membantu untuk mempromosikan jualan kamu. Semakin banyak orang yang membantu jualan takjil kamu maka akan lebih baik dan jualan takjil kamu akan cepat terkenal dan menggaet banyak pelanggan.

Selain dengan lima tips di atas, kamu juga harus memiliki niat yang kuat untuk jualan takjil. Tidak hanya untuk sekedar mengikut trend atau iseng-iseng saja.

Dengan niat yang kuat maka kamu akan melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati. Jadi, dari jualan takjil ini selain menghasilkan keuntung juga mendapatkan keberkahan.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui – Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Kiat Menghadapi Bisnis yang Bangkrut

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iPhone

Pada saat ini banyak orang yang mengabadikan momen dengan sebuah foto. Pada saat ini kamu dapat menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen terbaik dengan foto. 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android &…
5 Tips Bisnis Tas Bagi Pemula

5 Tips Bisnis Tas Bagi Pemula

Akhir-akhir ini banyak orang yang lebih suka berbisnis, mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan karyawan pun banyak yang lebih memilih untuk membuka bisnis. Bisnis yang dapat dikembangkan juga banyak…