5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil

5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mengelola bisnis bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Ketika kamu sudah memutuskan untuk mengelola bisnis, maka kamu harus dapat fokus. 

5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil – Bisnis merupakan salah satu jalan agar kamu mendapatkan banyak keuntungan. Dengan keuntungan ini kamu dapat memutar modal. Pada saat ini, banyak pelaku bisnis yang gulung tikar bukan karena barang dagangannya tidak laku namun, banyak pelaku bisnis yang gulung tikar karena tidak dapat mengatur keuangan.

Maka dari itu, kamu juga harus memahami akuntansi dengan baik. Dengan ilmu akuntansi, kamu dapat mengelola keuangan bisnis kamu dengan baik. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah mengetahui keadaan bisnis kamu saat ini. Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang tidak menyadari pentingnya ilmu akuntansi.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kerugian Bisnis pada Bisnis Pemula

Mereka kebanyakan sibuk memikirkan bagaimana strategi marketing. Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk melakukan strategi marketing yang terbaik. Dengan strategi marketing yang baik, maka akan banyak konsumen yang tertarik dengan usaha kamu.

Banyak pelaku bisnis yang lupa bahwa akuntansi juga memiliki peran yang penting dalam bisnis. Tanpa adanya ilmu akuntansi kamu tidak akan mengetahui bagaimana kondisi keuangan kamu saat ini. Masih bingung bagaimana cara mengelola akuntansi bisnis kecil. Berikut ini 5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil.

1. Membuat Sistem yang Jelas

5 Cara Mengatasi Kerugian Bisnis pada Bisnis Pemula

Membuat sistem yang jelas dalam bisnis tidak hanya berlaku untuk bisnis dalam skala besar. Baik bisnis dalam skala besar maupun skala kecil kamu harus dapat membuat sistem yang jelas. Mulai dari sistem gaji karyawan,  sistem manajeman, alur kerja, pengelolaan modal dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak membuat sistem yang jelas, maka bisnis kamu juga akan berjalan kacau. Hal ini karena kamu tidak memiliki pedoman yang jelas pada saat menjalankan bisnis. Sayangnya masih banyak pelaku bisnis kecil yang tidak menyadari hal ini.

Kebanyakan pelaku bisnis kecil tidak memikirkan sistem dalam mengembangkan usaha mereka. Padahal dengan mereka membuat sistem manajemen dalam usaha tentunya akan berdampak bagi bisnis kamu. Dari yang tadinya bisnis kecil dapat berkembang menjadi bisnis yang besar.

2. Melakukan Pembukuan

5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Bisnis kamu masih dalam skala kecil dan kamu merasa tidak membutuhkan pembukuan. Hal ini tentunya salah, meskipun bisnis kamu masih dalam skala kecil namun, kamu juga membutuhkan pembukuan. Misalnya saja, ada barang yang hilang, kerugian yang tidak terduga, karyawan yang melakukan kecurangan dan lain sebagainya.

Baca juga : Pentingnya Aplikasi Kasir Online untuk UMKM

Kamu dapat mencoba untuk melakukan pembukuan secara rutin yang mencatat pemasukan dan pengeluaran yang jelas. Dengan begitu, kamu akan mengetahui kondisi keuangan dari pembukuan yang kamu lakukan. Kamu juga dapat mengendalikan keuangan bisnis kamu dari pembukuan tersebut.

Kerugian dan keuntungan dapat ketahui langsung dengan melakukan pembukuan. Pisahkan juga pembukuan pribadi dan bisnis agar tidak tercampur. Lakukan pembukuan ini secara rutin setiap harinya.

3. Mengatur Keuntungan

Tips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan

Ketika kamu mendapatkan keuntungan dari bisnis kamu, maka kamu jangan tergiur terlebih dahulu. Jangan gunakan semua keuntungan kamu untuk berfoya-foya. Kamu harus dapat menyisihkan keuntungan yang kamu peroleh untuk kamu gunakan kembali sebagai modal. Pastinya kamu menginginkan bisnis kamu dapat berkembang lebih besar nantinya.

Maka dari itu, dengan menyisihkan keuntungan kemudian dapat kamu gunakan kembali sebagai modal agar bisnis kamu menjadi lebih besar. Menyisihkan keuntungan ini harus kamu lakukan dengan displin setiap kamu mendapatkan keuntungan. Meskipun hal ini tidak mudah namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Pada awalnya mungkin kamu akan kesulitan namun, seiring dengan berjalannya waktu maka kamu akan terbiasa. Menyisihkan keuntungan sebagai modal tambahan juga merupakan salah satu ilmu akuntansi agar bisnis kamu semakin besar. Selain itu, kamu juga dapat menyisihkan keuntungan kamu sebagai dana darurat.

Kamu tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi pada bisnis kamu pada masa yang akan mendatang. Maka dari itu, kamu juga harus mempersiapkan bisnis kamu agar siap dalam kondisi apapun.

4. Pembayaran yang Jelas

Pentingnya Investasi Demi Keuangan Sehat

Pada saat ini sudah banyak sistem pembayaran online yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk memudahkan konsumen. Namun, jika kamu masih melakukan pembukuan secara tertulis maka kamu harus menyertakan bukti. Bukti tersebut dapat kamu sertakan pada saat melakukan pembukuan.

Dengan cara ini, kamu tidak akan kebingungan pada saat mencatat pembukuan. Jadi, semua laporan keuangan yang tidak berbentuk fisik akan dapat tercatat dengan baik. Jika kamu menggunakan pembayaran melalui transferan bank usahakan untuk menggunakan rekening khusu untuk bisnis.

Baca juga : 4 Tips Gunakan Telegram untuk Jualan Online

Jangan pernah mencampurkan rekening pribadi dengan rekening usaha. Hal ini tentunya akan membuat keuangan bisnis kamu menjadi kacau. Kamu bisa saja mengambil uang bisnis untuk kepentingan pribadi jika kamu tidak memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis.

Pada saat kamu menjalankan bisnis kamu sudah memiliki pendoman yang tepat. Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Cara Komunikasi Bisnis Efektif dalam Bisnis

Cara Komunikasi Bisnis Efektif dalam Bisnis

Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam segala hal. Termasuk dalam hal bisnis. Komunikasi juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis. Cara Komunikasi Bisnis Efektif dalam Bisnis –…
4 Jenis Usaha Grosir Modal Sedikit Untung Banyak

4 Jenis Usaha Grosir Modal Sedikit Untung Banyak

Usaha grosiran merupakan usaha yang sangat banyak peminatnya. Usaha grosiran sering kita jumpai di banyak tempat. Sebab usaha ini tergolong usaha yang mudah di jalankan. 4 Jenis Usaha Grosir Modal…
4 Tips Membangun Manajeman Keuangan UMKM

4 Tips Membangun Manajeman Keuangan UMKM

Setiap bisnis pasti membutuhkan stuktur yang jelas untuk dapat mengelola bisnisnya dengan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan besar. Bagi kamu pelaku UMKM pasti juga membutuhkan sistem struktur yang…
4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

Brand equity merupakan nilai kelebihan produk Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya. Brand equity merupakan sesuatu yang harus harus di usahakan. 4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil – Tanpa adanya…